CARA MEMPERBAIKI TV LG YANG GAMBARNYA HILANG


Beberapa hari yg lalu saya kedatangan dua TV LG sekaligus yaitu LG 14" dan LG 21" Slim. Kedua TV ini punya keluhan yg sama yaitu TV gambarnya hilang. Mengenai kerusakan gambar hilang ini, terdapat aneka macam macam penyebabnya, mampu jadi karena hal yang sepele. Tapi biarpun itu sepele/ringan permanen saja yang namanya kerusakan niscaya akan menggangu kinerja TV.


TV LG yang pertama aku bongkar merupakan LG 21" Slim.

Awalnya sih aku pede banget bisa dengan cepat menemukan serta merampungkan kerusakan TV LG Slim ini. Lantaran saya telah tak jarang menemukan kerusakan seperti ini. Paling-paling cuma lantaran terdapat beberapa solderan dalam kaki komponen yang retak. Lalu aku coba hidupkan TV sebentar, ternyata benar TV LG Slim ini gambarnya memang hilang tapi suaranya tetap terdapat. Saat aku start tadi, layar TV masih sempat terdapat kilatan cahaya putih pada pojokan layar. Setelah itu eksklusif saya matikan TV nya serta mulai termin inspeksi. Setelah aku bongkar TV nya serta aku cek kondisi solderannya ternyata kondisinya masih mengagumkan seluruh. Benar saja, TV LG 21" Slim ini kan masih merupakan TV model baru, ya nggak mungkinlah solderannya retak. Apalagi TV ini sporadis di gunakan istilah pemiliknya, otomatis tidak acapkali kena panas lantaran pemakaian.

Pemeriksaan berlanjut pada cek kondisi komponen dan secara fisik komponen masih terlihat rupawan serta normal. Kemudian aku periksa seluruh tegangan pada kaki flybacknya. Lagi-lagi aku nir menemukan adanya masalah dan semuanya normal. Hmmm...! Kira-kira apa penyebabnya ya...?

Karena tadi saya tidak menemukan adanya kerusakan atau tegangan yg drop pada mesin TV LG tersebut, saya lanjutkan dalam pemeriksaan pada soket CRTnya. Harap-harap cemas jika memang di sini nanti letak kerusakannya, sanggup-mampu nyampek ke tabung nih.

Kemudian saya coba hidupkan TV kedua kalinya karena tersebut lupa nggak melihat filamen heater nyala. Setelah saya hidupkan TVnya, ternyata fileman heater masih nyala. Bahkan aku cek tegangan 180v buat RGB masih normal. Katoda RGB juga normal semua dan terakhir cek tegangan Screen atau G2 ternyata 0 volt, hmm.. Ini mungkin penyebabnya.


Lalu aku matikan tv serta coba tanggal modul Matrix RGB. Saya nyalakan lagi, cek tegangan G2 keluar 150 volt. Saya matikan lagi dan eksklusif saja saya ukur pin G2 dengan G1 pakai Ohmmeter dengan posisi selektor x1k, waah ternyata jarum meter berkiprah, ini merupakan pin G2 CRT telah short ke pin G1. Pasti ini penyebabnya...

Sebenarnya gangguan pada pin G2 menggunakan G1 short dalam CRT Slim 21" misalnya ini seringkali terjadi, Nah...tegangan dalam grid Sreen yg drop akan menyebabkan layar menjadi gelap dan hanya suara saja yg muncul.

Langsung ketahap bagaimana cara memperbaiki TV LG yg gambarnya hilang karena G2 dengan G1 short.

Caranya menggunakan menembak pin G2 dengan menggunakan tegangan yg relatif akbar yakni 150/180 volt atau bahkan lebih. Agarsupaya lebih konfiden lagi, cek ulang hubungan antar pin CRT mulai dari kiri ke kanan atau searah menggunakan jarum jam N.C / G1 / Kilo Gram / G2 /KR / H1 / H2 / KB / N.C. Pada masalah ini, permanen saja mendapati kenyataan bahwa G2 memang telah short ke G1 (ground). Menembak G2 yg short memang memiliki resiko yg tinggi yaitu apabila kurang hati-hati maka akan merusak CRT (tabung  TV). Maka berdasarkan itu, dibutuhkan persiapan sebagai berikut:

1. Lepaskan kabel screen, kapasitor screen serta kabel penekanan disoket CRT.
2. Ambilah seutas kabel serta saklar on/off mekanik.
3. Solderkan ujung kabel tersebut ke titik Screen kaki soket CRT dan ujung kabel yang lainnya pada solderkan pula pada kaki saklar on/off mekanik
4. Sedangkan kabel penekanan yg tersebut telah pada lepas dari soket CRT, solderkan pada kaki saklar on/ off yg satunya lagi .

Tujuan menggunaka saklar on/off mekanik merupakan sebagai putus-sambung secara singkat aliran tegangan penekanan. Tegangan fokus yg nantinya akan pada tembakkan ke titik Screen agar grid G2 sanggup terlepas menurut grid G1.

Tahap penembakan atau penyuntikan G2

Pertama, gunakan tegangan penekanan terlebih dulu, sebab tegangan fokus yg di hasilkan saat FBT/flyback bekerja sanggup mencapai 500 volt lebih. Tujuannya untuk merontokan kotoran debu halus yang mungkin menempel ada pada grid G2 ataupun grid G1. Inilah tersebut yang saya bilang resiko tinggi (tabung/CRT mampu rusak).

Kemudian tancapkan kembali soket RGB yang telah terakit dalam saklar on/off di CRT, cek ulang sekali lagi agar nir ada yg galat serta terlewatkan.  lalu tarik nafas yang pada.... Tangan kiri standing di saklar TV sedangkan tangan kanan standing di saklar fokus.

Nyalakan TV sekali lagi, tunggu mesin sampai start

star menggunakan sendirinya dan selang kurang berdasarkan dua dtk, lalu aktifkan saklar fokus sesaat serta langsung matikan saklar tersebut. Dan eksklusif segera matikan TV.

Keterangan:
Jangan sampai terlalu usang grid G2 pada aliri tegangan tinggi. Jika tabung memang telah rusak sih nggak apa, tapi jikalau masih berfungi kan sayang dampak pengerjaan tadi.

Jika tahap tadi sudah pada lakukan dngan benar, maka telah pada pastikan gambar akan kembali muncul dengan normal (bila tabung/CRT memang tidak rusak). Sebaliknya bila gambar nir ada pula berarti tabung telah rusak, mau nggak mau ya wajib diganti.

TV LG 21" Slim telah selesai diperbaiki tingal TV LG yang 14" seperti yg aku bilang diatas.

Untuk TV LG 14" ini keluhannya memang sama misalnya dalam TV LG 21" Slim di atas yaitu gambarnya hilang atau layar cuma gelap saja. Tapi disini saya menemukan kerusakan yg lain karena G2 masih normal. Setelah saya sana-sini ternyata filamen layarnya tegangannya ternyata 0 volt. Saya perhatikan di filamen layar memang sama sekali tidak menyala.

Langsung saja saya periksa  jalurnya, ternyata memang sahih terdapat resistor yang putus dekat flybacknya, Lantaran nilai resistornya sudah tidak bisa dibaca lagi maka aku ganti dengan nilai resistor 2,2 ohm 2 watt. Kemudian saya hidupkan lagi TVnya, serta byaaarr....gambarnya pun telah nyala dengan normal.


Mungkin ini hanya sebagian mini saja penyebab berdasarkan TV LG Yang Gambarnya Hilang. Dan mampu jadi selain ini masih banyak penyebab lain yang perlu di pelajari.

Itulah sedikit tips menurut aku tentang Cara Memperbaiki TV LG Yang Gambarnya Hilang, semoga bermanfaat buat kalian seluruh.

Comments