CARA MEMPERBAIKI TV LG MATI TOTAL DISERTAI TR HORIZONTAL SHORT

Kali ini sya mendapat servis tv LG mati total disertai transistor horisontal jebol /meninggal dan jua kadang tv hanya standby tetapi tidak mampu start bila pada nyalakan led indikator berkedip-kedip. Pada kebanyakan perkara yang pernah aku tangani memang hampir seperti itu. Tetapi penyebabnya tentu tidak sama-berada.

Ternyata yg mengalami servis tv lg mangkat total disertai tr horizontal mangkat bukan hanya saya saja. Setelah saya shering dengan mitra sesama teknisi elektro hampir kebanyakan perkara tv lg terutama yg contoh tabung slim ukuran  21" rawan sekali horisontal short.

Penyebabnya pun beraneka ragam, tetapi masih seputaran blog sistim horizontal.dan yg paling acapkali saya temui bahwa penyebab tr hrizontal cepat mati merupakan keringnya capasitor resonant letaknya pada jalur colector tr horizontal. Yang pada paralel menggunakan dioda. Yang sporadis sekali terjadi adalah shortnya penyimpangan yoke, itu malah sporadis terjadi.

Gejala yang disebabkan yaitu, mangkat total disertai bunyi ngik"dari area power suplay. Semua tegangan hasil menurut power suplay menjadi drop. Pernah pula ketika itu tv LG pearl black waktu dinyalakan pribadi terdapat lonjakan barah berdasarkan dari belakang tabung lalu tewas total.

Celakanya dalam waktu membarui transistor horizontal tidak mengecek terlebih dahulu penyebabnya. Ini menjadikan pada tr horisontal akan meninggal Lagi. Tetapi hal ini saya telah tau ternyata ketika menangani tv dengan perkara seperti ini seringkali kehilangan satu transistor c6090 bahkan berulang kali. Padahal telah tahu. Mungkin faktor malas cek capasitor. Lantaran pengen cepat selesai. Dengan istilah lain terburu". Ketika sayatahu bahwa tr korslet pribadi main ganti saja,hehe. Main laba 'an.
Kini aku telah menemukan sedikit cara servis TV mengenai TV lg meninggal total disertai tr horizontal short.

Pertama ,Jangan dulu mengubah menggunakan TR baru. Cek capasitor serta dioda yang terletak pada kolektor tr horizontal.

Kedua, coba lepas beban b+ atau cut dalam kaki b+ flyback. Kemudian ukur dalam keadaan on bukan standby tegangan b+ apabila tegangan lebih berdasarkan 120vdc normalkan dulu tegangan. Selain  capasitor resonant, tegangan b+ jua bisa mengakibatkan tr cpat panas serta akhirnya cepat mangkat .
Ke empat,  kini pasang kaki b+ flyback .ukur bila tegangan drop kemungkinan flyback short. Dengan catatan tr horisontal jangan pada pasang terlebih dahulu.

Itu termin yg seringkali saya lakukan saat menemui servis TV lg mati total disertai horizontal jebol.

Tambahan berita bagi pemula!

Capasitor resonant terletak dalam Colector TR Hor terhubung ke ground yg diparalel dengan Dioda. Untuk LG slim 21" inch umumnya memakai 183j 2kv (18n 2kv) buat yg pearl black 29" menggunakan 103j2kv (10n 2kv).

Comments