CARA MEMPERBAIKI TOUCHSCREEN HANDPHONE YANG RUSAK

Cara memperbaiki touchscreen handphone bisa dikatakan sedikit sulit berdasarkan perbaikan handphone lainnya. Layar sentuh atau touchscreen merupakan sebuah tampilan visula yang dapat mendeteksi sebuah keberadaan dari sentuhan pada layar, baik sentuhan menggunakan memakai benda ataupun sentuhan menggunakan menggunakan jari telanjang. Berbagai macam handphone touchscreen memakai poly jenis layar contohnya TFT, OLED, atau CSTN.

Dengan teknologi touchscreen yang dapat dibilang teknologi yg menakjubkan ini banyak pengguna handphone yang berminat buat menggunakan handphone layar sentuh. Akan tetapi hampir semua pengguna touchscreen tidak mengetahui cara kerja sistem touchscreen pada handphone dan tidak mengetahui kerusakan yang sering terjadi pada touchscreen. Lantaran hampir 95% seluruh pilihan menu dan tombol handphone touchscreen pada pada layar maka saat layar touchscreen tidak dapat digunakan otomatis handphone tidak dapat dipakai sebagaimana mestinya. Kecuali tombol buat Call, End Call serta Menu.

Beberapa pengguna layar touchscreen beranggapan waktu layar touchscreen tidak dapat digunakan, walapun telah disentuh beberapa kali permanen tidak mampu dianggap handphone sudah nir bisa dipakai. Akan namun pendapat tersebut keliru, lantaran touchscreen yang rusak sering tejadinya hanya dalam layar touchscreen bagian atas, nir secara holistik layar touchscreen handphone. Hal ini ditimbulkan karena layar touchscreen terdapat 2 lapisan, yaitu layar bagian luar serta layar bagian dalam.

cara memperbaiki touchscreen handphone yang rusak dalam layar bagian atas dapat dilakukan sendiri dengan cara sebagai berikut.

- Ketika terindikasi layar telah nir sensitif atau bahkan nir berfungsi, maka segera diperbaiki dengan cara matikan handphone, bubut baterai handphone, kartu memori, dan seluruh perangkat tambahan pada handphone.
- Buka penutup handphone serta lepas seluruh casing handphone. Kemudian tanggal bagian tersebut menurut mesin handphone.
- Pada waktu melepas mesin menurut casing maka akan terlihat layar touchscreen yang terdi menurut dua bagian yg lumayan tebal dalam handphone tersebut yaitu layar bagian atas dan layar bagian dalam. 
- Lapisan touchscreen permukaan merupakan bagian dari touchscreen yang berfungsi buat bidang sentuh dalam handphone, inilah bagian yg seringnya terjadi kerusakan. Segera ganti layar touchscreen tersebut menggunakan touchscreen yang baru.
- Pada saat penggantian layar touchscreen tidak boleh eksklusif dicabut dan diganti. Jika hal tesebut dilakukan maka layar akan rusak total, hal ini dikarenakan dalam layar tersebut tersambung kabel fleksi atau fleksibel LCD serta pada kabel fleksi tersebut disambung secara tetap.
- Sebelum dilepas buka sambungan fleksi dengan menggunakan solder kemudian baru mampu diganti layar touchscreen tersebut. Namun jangan lupa harus tetap hati-hati lantaran kabel tadi sangat tipis.
- Setelah layar touchscreen berhasil dilepas ganti dengan memakai layar touchscreen yang baru, umumnya kisaran harga layar touchscreen antara 150 ribu hingga 300 ribu.
- Pasang layar touchscreen yg baru secara hati-hati. Jangan lupa untuk menyambungkan balik kabel fleksi yang sudah dilepas tersebut dengan menggunakan solder.
- Selesi dipasang lakukan pengetesan dengan memasang baterai handphone buat mengetahui apakah layar telah bekerja menggunakan baik.
- Jika layar touchscreen telah dapat berfungsi pulang maka pasang balik semua perangkat handphone dan casing seperti sediakala.

Cara memperbaiki touchscreen handphone yang rusak umumnya relatif membutuhkan ketelitian pada pemasangan layar touchscreen akan namun apabila sudah terbiasa, pemasangan tidak membutuhkan saat yang lama .

Comments