CARA MEMPERBAIKI TOA AMPLIFIER MASJID TIDAK BERBUNYI MATI

Cara Memperbaiki TOA Amplifier Masjid Tidak Berbunyi (MATI). Amplifier brand TOA telah sangat umum sekali pada pasaran, khususnya di masjid-masjid poly yg pengeras suaranya manfaatkan amplifier tipe ini.  Pada artikel kali ini aku dapat share tutorial melakukan pemugaran ampli TOA bersama menggunakan kerusakan mangkat tidak mampu mengeluarkan bunyi tetapi lampu indikator power menyala.

Dibawah ini merupakan foto ampli TOA  ZA 2060 yang dapat kami perbaiki :


Berikut beberapa langkah buat melakukan pemugaran ampli TOA ZA-2060 yang mangkat :

1. Siapkan Peralatan

Langkah pertama merupakan siapkan semua alat-alat servis yg diperlukan seperti AVO Meter, Solder, Timah, Attractor (penyedot timah), serta obeng.

2. Memastikan Kerusakan Amplifier

Sebelum melaksanakan bongkar-bongkar, sebaiknya pastikan dulu kerusakannya secara fisik luar serta melaksanakan tes mudah apakah benar ampli berikut meninggal atau cuma semata-mata ada kabel / konektor yg aus. Jika nir ada perkara secara fisik, melaksanakan pengukuran terhadap keluaran output audio ampli toa manfaatkan AVO Meter skala AC 250/1000V. Caranya gunakan probe positif dan negatif terhadap keluaran output dan berikan triger terhadap input aux manfaatkan obeng jika jarum berkiprah kekanan bermakna terdapat output yang muncul kerusakan bisa jadi terhadap kabel yang menyambung pada ampli bersama dengan speaker horn atau speaker hornnya yang rusak, jika tidak berkecimpung kekanan mengikuti langkah selanjutnya.

3. Membongkar Amplifier 


Selanjutnya terlepas seluruh baut tutup box atasnya, serta angkat tutupnya. Berikut isi dalaman ampli

4. Memeriksa Komponen Sekring/Fuse


Setelah terbongkar, yg kudu dicek pertama adalah komponen sekring/fuse. Terhadap tipe TOA ZA-2060 ini ada 2 sekring yang terpasang kamu bisa menyaksikan pada gambar yang saya beri frekuwensi panah di bawah ini :
Pada perkara kali ini, ditemukan 1 sekring yg putus supaya kudu diganti.

5. Memeriksa Transistor Final (Penguat Akhir)


Pada tipe ampli TOA ZA-2060m terdapat dua butir transistor penguat akhir yaitu tipe C5198, buat menyelidiki transistor permanen indah atau tidak Anda kudu melepas ke-2 transistor ini.

Untuk mengecek transistor tetap mengagumkan atau nir engkau mampu manfaatkan AVO meter. Dari output inspeksi ke-dua transistor ditemukan 1 butir transistor yang rusak agar kudu diganti. Berikut penampakan transistor yg rusak.



6. Pengujian
Setelah sekring serta transistor yang rusak diganti, langkah terakhir merupakan melaksanakan pengujian. Pengujian bisa dilaksanakan bersama menggunakan manfaatkan AVO mtr. Misalnya yang telah dijelaskan terhadap step 1 di atas.

Sekian tips dan tutorial Cara Memperbaiki TOA Amplifier Masjid Tidak Berbunyi (MATI),semoga bermanfaat :)

Comments