CARA MEMPERBAIKI TIVI DIGITEC DM 173031 B MATI TOTAL

Selamat sore siang malam pagi serta seterusnya mitra. Kali ini aku mungkin akan sekedar curhat tentang cara memperbaiki tivi Digitec DM 173031 tewas total ala CARA FLEXI 

Langsung cerita saja mas Gan serta mbak Gan wati.. Sebenarnya aku bukan tuser professional pada bidang per tivi an. Hanya sekedar hobi saja wat ngoprek eltro. Berawal dari rusaknya tivi sharp Cleopatra 21” matot (mati total) milik saya beberapa hari sebelumnya, para tetangga jadi pada tau. Di kira saya professional di bidang per-tivi-an. Datang engkong-engkong bilang suruh benerin tivinya yg tewas. 

Saya bilang “saya nggak mampu servis tivi Kong, ga ngerti ususnya tivi” 
Kata engkong "Ndak papa mas coba aja dulu" - "srius kong aku ga mampu! Tar kalo malah jebol mesinnya gimana?" - "Ndak apa-apa mas, untuk praktek. Mledug pula ndak papa wong tivinya sudah mangkat " si engkong pergi  deh critanya.
Lagi asyik ngopi + udud, eh si engkong dating lagi sama cucunya bawa dua tivi KO. Yang satu brand Digitec  DM173031B 14” yang satunya merk Sanken 21”. Wadohhh.. Moo..dar aku ! Yo’opo iki? Mau ndak mau saya coba bongkar tu tivi. Kasian jauh-jauh nganterin. Yang digitec DM173031B dulu ni critanyee...

Begitu baut copot berhamburan, wua ileeeee… debunyaa.. Mangtef. Bersih-bersihin,  mlototin sebentar eksklusif ketemu biang kerok Digitec DM 173031B ni mati total. Tak lain tidak bukan problem terdapat pada kaki TR Horizontal. Gosyong bro! Pe PCB nya juga ikutan bolong.
Lega deh tuh penyakit dah ketahuan. Tinggal hukuman. Data tivi Digitec DM173031B ni pake IC horizontal menggunakan kode D5072 IC vertical pake TDA 3653C lanjut pake memory EEPROM 93C46N *Jangan tanya IC croma, aku ndak tau yang mana*

Setelah TR Horizontal aku cek dan ternyata masih oke punya, pasang lagi di loka semula dengan tambahan bikin jalur sendiri pake kabel LAN pada lilit n pada solder ke main board. Sipp.. Tinggal tes, steker pada colok, On-Off pada pencet serta ,… Pyuukkkkk.. Ada raster alias semuttt.. Semut mini , engkau mau apa *maalah nyanyi* Hmmm… lumayannn.. *menurut pada gue manyun*
Lanjut pasang antenna. Berhubung bukan tuser tivi, butuh saat lama wat nyolokin entuh antenna. *kenapa begitu?* ya kan wajib bongkar  boster tivi milik sendiri dulu, nyambung kabel Coaxial dan seterusnya.

Setelah beres. Itu colokan antenna aku sambung ke Tuner Jlebb.. Serta…. Kruek kruek kruek… shossss… tat tit thut tat tit tut… gambar kayak pemain bola. Lari sana lari sini.. Gambar meyot meyot kepala di mana badan kemana. Warna nya juga kadang ada kadang hitam putih. (liat tuh gb pada atas) Matih gueh! *Jedotin jidat ke meja dugggg..* Lapo dadi koyok ngene rek? Opo ne iki? *Mikirr* Salah berpretensi saya teh. Penyakitnya ada lagih *mewek*

Sampai di sini penyebab tivi Digitec DM173031B mati total telah ketemu dan terselesaikan. Tapi kok ada penyakit lain kayak gitu *Trus piye jal?*
Inget pas benerin Tivi sharp saya dulu. Jurus ke 2. Solder ulang seluruh kaki komponen. Tes lagi dannnnn…. Tetep saja bro! Kecele’ aku .

Namanya ga ngerti urutan servis tivi. Ngawur ae lah! Cek tegangan B+*istilah tuser tipi*  supply ke vertical, IF, IRF (bener po ga iki?), control sampek ngubeg ubeg datasheet IC wat cari VCC nya. Ndak lupa capasitor regulator pada ubeg2 jua, akan tetapi kayaknya normal *menurut aku hee..*. Cak cek cok slese, hidupin tivi, maaasih sama. Coba saya set lagi channelnya dengan auto search. Hasilnya gambar nongol akan tetapi bablas thok. Pencet sana sini hasilnya terdapat bunyi gambar hilang, gambar ada bunyi ilang. *poseng gw*

Soale ini tivi pula bekas pada servis dulunya. Tombol panel depan poly ga fungsi, tombol volume berdasarkan sononya udah pada ganti  pake potensio. Udah gitu remote nya ga onok pisan wisss... *lengkap penderitaan*
Otak koplox mulai jalan, penyakit kayaknya ada pada bagian modulasi n synchronizing. Bingung lagi dah, apa yang mau di cek, tahanan? Elco? Tr? Trus sing endiii… *mabok-mabok dah.
Udud maning….

Logika wong koplak bergerilya "Kalo channelnya berubah/jalan terus pas pada search. Pastinya ada komponen buat ngunci." wat dukung perkiraan, mbah gugel tak ubeg biar ngasi data kerusakan tivi Digitec DM 173031B. Ternyata mbah gugel tidak membantu, ga terdapat satu data pun mengenai tivi DIGITEC DM 173031 B. Nguuuurut lagi dari awal *kayak belajar anak Taman Kanak-kanak*

Wis mentog, nemu IC 93C46N *lha kok sama?!" ha yo mbuhhh... Bekas apa aku lupa. Cari data lagi bla bla bla.. Akhirnya IC tsb aku ganti gitu aja. Dan alhamdulillah layarnya cuma kayak gini.
Cuma kepyur garis-garis horizontal, warna tengah hijau pinggirnya hitam. *Wis seneb kapalaku*. Di search tetap saja channel liwat thok.

Sampai pada sini dulu bro,. Sirahku ngelu. Berhasil atau ndak, nanti saya up date lagi.

Comments