CARA MEMPERBAIKI SETTING ANDROID YANG TIDAK BISA KONEK KE JARINGAN WIFI

BEtapa kesalnya anda ketika android anda tidak sanggup terkoneksi dengan jaringan wifi pada sekitar anda, padahal sahabat sebelah anda si ita serta si ani androidnya menggunakan gampang bisa terkoneksi menggunakan jaringan wifi yg sama. Apabila anda mengalami kasus seperti ini anda nir usah gundah apalagi sampai berniat "Lem Biru" Smartphone android anda, Salah kasus yang tak jarang menyebabkan Android Yang Tidak Bisa Konek Ke Jaringan Wifi merupakan setting alamat IP dalam android anda nir cocok menggunakan setting alamat IP jaringan wifi di kurang lebih anda, sebagai akibatnya anda wajib melakukan setting manual, merubah IP android anda ke Static IP, agar alamat IP nya sanggup berjodoh menggunakan jaringan wifi pada lebih kurang kamu. O ia apaan sih alamat IP itu ? Alamat IP (Internet Protocol Address atau tak jarang disingkat IP) merupakan formasi nomor biner antara 32 bit sampai 128 bit yang digunakan menjadi alamat identifikasi buat tiap personal komputer host dalam jaringan Internet. Panjang menurut nomor ini merupakan 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), serta 128 bit (buat IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari personal komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP, Gak usah pusing terlalu jauh deh, sebaiknya kita eksklusif saja CARA FLEXI memperbaiki Setting Android Anda Yang Tidak Bisa Konek Ke Jaringan Wifi.
Fitur setting Android bisa anda temukan secara online, Untuk dapatkan Informasi buku panduanya, silahkan anda lihat pada  -->    SINI

Atau Bisa Anda Cek di --->  SINI

Sebelum Praktek Merubah setting IP android anda Silahkan Tonton dulu Tutorial Cara Setting Static IP Address dalam Android Anda.







Langkah pertama buat mengetahui kasus dalam WiFi tidak terkoneksi merupakan menggunakan cek setting-an pada WiFi pada smartphone. Pastikan WiFi dalam smartphone anda pada keadaan Hidup supaya bisa terkoneksi.
SELANJUTNYA MARI KITA SIMAK CARA MENGATASINYA :
Pertama - tama bukalah pengaturan (setting) android anda, aktifkan wifinya, sehabis itu masuk ke jaringan wifi, cari nama wifi mana yg mau pada hubungkan. Tekan jaringan wifi tersebut sedikit usang sehingga muncul sebuah pengaturan lanjutan. Lihat gambar
                                                                        Gambar1
Pada gambar diatas ada dua jaringan wifi yg telah tersimpan di android saya, aku pilih keliru satu  contohnya sharing. Caranya menggunakan menekan lama jaringan tersebut sebagai akibatnya ada pengaturan lanjutan. Lihat gambar dibawah
Gambar2
Lihat digambar diatas, selesainya menekan lama akan ada seperti gambar diatas, pilih Ubah Konfig Jaringan atau Advanced atau pengaturan lanjutan, pokoknya kurang lebih kalimat itulah, lantaran setiap smarphone android kan  beda-beda bahasa settinganya, setelah dipilih maka akan timbul pengaturan lanjutan misalnya gambar dibawah ini
pada gambar diatas terdapat 2 kotak ceklis, yg satu tampilkan sandi, yg satu lagi tampilkan opsi lanjutan, silahkan centrong (ceklis) aja tampilkan opsi Lanjutan maka akan muncul settingan berikutnya. Lihat gambar
Nah udah deket nih, sesudah itu, pilihlah pengaturan IP, kita akan mengganti DHCP ke Statis (static). Pada gambar ke 2, pilih Statis maka akan terdapat pengaturan IP yang harus kita isi. Lihat gambar dibawah ini
Lihat gambar diatas, disana terdapat kolom alamat IP yang kosong, kita harus mengisi kolom Alamat IP yg kosong menggunakan No IP : 192.168.1.46 (atau sanggup contek aja IP punya si ita atau si ani) . Ingat ya, hanya kolom alamat IP saja yg harus diisi, kolom yang lain jangan diisi lantaran jika kolom IP diisi maka kolom yg lain akan terisi otomatis seperti pada gambar dibawah ini
Lihat gambar diatas, selesainya kita mengisi kolom Alamat IP nya, maka semuanya juga akan terisi dengan otomatis. Okelah selesainya semua telah terisi, maka silahkan pilih SIMPAN.
Nah sekarang coba  deh anda hubungkan android anda  ke jaringan wifi, maka sekarang akan pribadi tersambung. Apabila telah mampu tersambung silahkan bikin segelas Kopi Susu buat merayakannya.

Tapi Jika belum tersambung, ulangi lagi dari awal, serta coba lagi coba lagi yangg krusial jangan sampe anda menyerah...
Untuk yang beda ponsel atau yg lainnya silahkan menyelaraskan kalimat pada settingan smartphone anda, lantaran setiap ponsel itu beda-beda pengaturannya.

Catatan : Jika telah terhubung wifinya tetapi internetnya tidak bisa jalan, ganti alamat IP-nya menggunakan IP yg sudah terhubung. Caranya minta saja ke orang yg ponselnya telah terhubung di jaringan wifi yg sama. Cara memasukan alamat IP-nya sama saja seperti diatas ya.
Okay selamat mencoba....
Cara mengatasi authentication persoalan setting wifi di android

Jaeringan Hotspot wi-fi yg memakai mediaudara mengakibatkan banyak kelemahan di jaringan wireless hotspot jikadibandingkan penggunaan jaringan kabel contohnya keamanan data yg dilewatkandiudara maupun masalah interferensi. Masalah keamanan data ini ada karenamedia udara merupakan media publik dimana siapapun orang sanggup masuk ke dalamnyasecara bebas.lantaran jaringan wireless adalah jaringan yang mempunyai topologiterbuka,maka harus lebih diperhatikan kasus keamanannya. Secara minimal,sekuritas pada WLAN memakai sistem SSID (Service Set Identifier),sedangkan buat lebih aman, digunakan metode enkripsi supaya kemudian lintas datatidak bisa dibaca sang pihak luar.maka menurut itu, diharapkan juga suatu metodeauthentikasi keamanan di jaringan hotspot tadi supaya tidak semua orang bisabebas masuk ke pada jaringan hotspot tadi.



Metode authentikasi adalah suatu cara untukmendukung keamanan pada suatu jaringan, hal ini dilakukan buat mencegah ancamanyang tiba dari seorang yang mempunyai keinginanmemperoleh akses ilegal kedalam suatu jaringan hotspot. Oleh karenanya, wajib ditentukan siapa saja yangdiperbolehkan memiliki akses legal ke dalam sistem.
Jenis authentikasi ada bermacam-macamyaitu Open System, Shared Key, WPA,WPA2– PSK, serta 802.1X / EAP.



Keamanan dalam jaringan wireless hotspot inidimulai dengan standar yg dikeluarkan ieee yaitu baku 802.11 lalu semakindiperbaiki kelemahan nya dengan mengeluarkan standar – standar berikutnya.standar– standar tersebut memilki metode – metode authentikasi yg berbeda, seiringdengan berkembangnya teknologi wireless.



Pada open system authentication ini, bisadikatakan tidak terdapat ”authentication”yang terjadi karenaclient sanggup eksklusif terkoneksi dengan AP (Access point).setelah client melaluiproses open system authenticationdan Association,client telah diperbolehkan mengirim data melalui AP namun data yg dikirimtidak akan dilanjutkan sang AP kedalam jaringannya.



Bila keamanan WEP diaktifkan,maka data-data yang dikirim oleh Client haruslah dienkripsi menggunakan WEP Key.bila ternyata setting WEP Key di client tidak sama menggunakan setting WEP Key pada AP(Access Point)  maka AP tidak  akan menggenal data yang dikirim olehclient yang menyebabkan data tersebut akan di buang (hilang).
Jadi walaupun client diijinkan buat mengirim data, tetapi data tersebuttetap nir akan mampu melalui jaringan AP bila WEP Key antara Client serta APternyata nir sama
Setting Open System Authentication



Secara default, authentikasi pada Access Pointtidak diaktifkan (disable). Ini mengakibatkan siapa saja yang mempunyai koneksiwi-fi dapat mengakses jaringan AP.jaringan “linksys” tersebut “unsecured”,artinya bahwa tidak terdapat metode authentikasi ataupun enkripsi padanya, sehinggasetiap user yang mengetahui SSID-nya dapat terkoneksi ke jaringan tersebut.



Lainhalnya open system authentication, Shared Key Authenticationmengharuskan client buat mengetahui lebih dahulu kode rahasia (passphare key)sebelum mengijinkan terkoneksi menggunakan AP. Jadi jika client tidak mengetahui”Key” tersebut maka client nir akan bisa terkoneksi menggunakan Access Point. PadaShared Key Authentication, dipakai jua metode keamanan WEP. Pada prosesAuthenticationnya, Shared Key akan ”meminjamkan” WEP Key yg digunakan olehlevel keamanan WEP, client juga wajib mengaktifkan WEP buat menggunakan SharedKey Authentication.



WEPmenggunakan algoritma enkripsi RC4 yg juga dipakai sang protokol https.algoritma ini terkenal sederhana serta gampang diimplementasikan lantaran tidakmembutuhkan perhitungan yang berat sebagai akibatnya nir membutuhkan hardware yangterlalu canggih. Pengecekan WEP Key pada proses shared key authenticationdilakukan menggunakan metode Challenge and response sebagai akibatnya nir ada prosestransfer password WEP Key. Metode yang dinamakan Challenge anda Response inimenggantikan pengiriman password menggunakan pertanyaan yang wajib dijawabberdasarkan password yang diketahui.



Prosesnya menjadi berikut:

  1. Client meminta ijin pada server buat melakukan koneksi.
  2. Server akan mengirim sebuah string yg dibuat secara acak serta mengirimkanya pada client.
  3. Client akan melakukan enkripsi antara string/ nilai yang diberikan oleh server dengan password yg diketahuinya. Hasil enkripsi ini lalu dikirimkan pulang ke server.
  4. Server akan melakukan proses dekripsi serta membandingkan hasilnya. Jika output dekripsi dari client membentuk string/nilai yang sama menggunakan string/nilai yg dikirimkan oleh server, berarti client mengetahui password yang benar.

Setting Authentication pada  Access Point



Pada Access Point, carasetting Authentication jua hampir sama menggunakan sistemoperasi windows xp, cumapenamaan kata nya saja yg berbeda.



Pada AP merek Linksys, buat memilih tipe authentikasinyaterdapat 2 pilihan yaitu Auto serta Shared Key. Pilihanini terdapat dalam bagian ”Advanced Wireless setting”.

Untuk pilihan Auto, berartisetingan di AP menyesuaikan dengan setingan pada personal komputer client jadi jika clientmenggunakan Open System Authenticationmaka otomatis APjuga  memakai Open System Authentication.

Sedangkan buat pilihan Shared,  berartiAccess Point menggunakan “Shared Key Authentication” serta dikomputerclient juga harus memakai setting ini.

Secara Default, Access Point Linksys memakai pilihan Auto, pada bebeapa AP merek lain, pilihan menu “typeauthentication” ini nir tersedia lantaran AP akan secara otomatis mendeteksisetting menurut client.

--> SELANJUTNYA

Comments