CARA MEMPERBAIKI MICROSD YANG RUSAK DAN PENYEBABNYA

Panduan tips kali ini menurut saya tentang cara memperbaiki microsd yg rusak dengan beberapa cara. Kerusakan microsd pada umumnya sporadis diketahui penyebabnya sang si pemilik. Terkadang mereka tidak menyadari, lantaran microsd adalah media penyimpanan tambahan untuk smartphone atau media lainnya yg biasanya menjadi nomor dua. Biasanya penyimpanan primer dalam gadget/smarthone itu sendiri, akan tetapi bila telah disetting, penyimpanan data melalui microsd mampu menjadi yang utama.
Rusaknya microsd atau kartu memory secara fisik pada umumnya hampir sedikit yg mengalami, bahkan bisa dikatakan nihil. Kerusakan fisik yg dimaksud contohnya microsd patah, terkena gambaran sinar surya, atau terkena tekanan. Selain lantaran bentuk yg micro/mini serta umumnya sporadis pada pindah-pindah (baca:dicabut menurut smartphone), maka kemungkinan terjadi kerusakan misalnya yang dijelaskan diatas sangat minim terjadi. Oleh karena itu, hampir semua pembuat microsd sanggup menaruh garansi lifetime.
Kartu memory yg rusak itu umumnya terjadi pada sistem penyimpanannya, baik itu file lagu, video, foto dan gambar-gambar yg tersimpan tidak dapat terbaca, tidak terdeteksi, atau bahkan error (baca: Memperbaiki flashdisk yg tidak terbaca). Untuk memperbaiki microsd yang rusak seperti itu, kemungkinan kita yang paling utama yakni menyelamatkan data-datanya terlebih dahulu sanggup 100% atau hanya sebagian saja. Tapi sebelum membahas cara memperbaikinya. Mari kita ulas apa sih penyebab microsd rusak seperti itu.

Penyebab MicroSD yang Rusak, Tidak Terbaca, atau Error

MicroSD Rusak Lantaran Sering Dicopot-Pasang Untuk Memindahkan Data
Pemilik microsd yang terlalu seringkali mencopot serta memasang atau memindah-mindah microsd buat memindah data bisa menyebabkan kerusakan pada kartu memory. Cara mengatasinya, apabila anda ingin memindahkan data berdasarkan hp ke komputer atau kebalikannya, pakai kabel data saja. Karena hal ini bisa mengurangi resiko kerusakan pada microsd anda. Mungkin proses pemindahan data lebih lama , akan tetapi hal ini relatif aman.
MicroSD Rusak Karena Dicabut Langsung menurut HP/Komputer
Mencabut kartu memory pribadi dari HP/Card Reader dapat Mengganggu data file yg terdapat dan microsdnya. Hal ini biasanya yang paling banyak terjadi, mungkin karena terburu-buru atau kelupaan. Cara mengatasinya, matikan HP anda dahulu, tunggu lima-10 dtk baru cabut microsd menurut tempatnya, bila card reader tertancap di personal komputer , pastikan eject terlebih dahulu sebelum dicabut.
MicroSD Rusak Karena Terkena Cairan (Minyak/Kotoran)
Terkena kotoran/cairan mampu menghambat HP/card reader buat mendeteksi/membaca kartu memory. Hal ini terjadi lantaran kuningan/lempengan dalam microsd tertutupi kotoran/minyak. Usahakan memegang kartu memory menggunakan syarat tangan yg bersih serta kemarau.
Dari banyak sekali penyebab diatas, anda harus pintar merawat microsd yg anda punyai. Kebanyakan pemilik microsd mengindahkan hal-hal sepele diatas, jadi aku sarankan anda buat lebih hati-hati pada mencabut atau membersihkan kartu memory. Namun, apabila memang sudah telat dan microsd rusak, anda bisa mencoba cara-cara dibawah ini buat memperbaiki microsd anda.

Cara Memperbaiki MicroSD yg Rusak, Error atau Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki MicroSD ke-1 : Bersihkan Lempengan Tembaga

  • Matikan HP terlebih dahulu, tunggu lima-10 dtk bubut microsd menurut slotnya
  • Siapkan penghapus pensil (rona putih), gosok secara searah lempengan tembaga kuningan pada microsd menggunakan pelan-pelan hingga higienis. Setelah digosok, jangan hingga tersentuh jari. Kemudian bersihkan jua slot micro sd dalam hp/card reader
  • Setelah selesai, masukkan microsd ke slot memory di hp/card reader. Cek apakah sudah terbaca/terdeteksi di hp/personal komputer .
  • Jika masih belum terbaca, maka coba cara berikutnya

Cara Memperbaiki MicroSD ke-2 : Repair/Format Ulang MicroSD melalui HP

  • Posisi HP android menyala, pilih pengaturan/setting - pilih sistem - penyimpanan/storage - erase/format SD Card. Berbeda menggunakan HP blackberry silahkan pilih option - device - storage - Media card storage - klik bbm - pilih repair/format. Apabila anda melakukan repair, maka data yang ada dalam memory microsd masih ada, namun bila melakukan format maka data di microsd akan terhapus.
  • Setelah terselesaikan silahkan cek data di media, apakah sudah terbaca atau belum. Kalau pada format umumnya akan muncul kapasitas microsd anda. Jika masih belum, coba cara berikutnya

Cara Memperbaiki MicroSD ke-tiga : Cek error Microsd melalui komputer

  • Siapkan HP+Kabel Data USB, kemudian nyalakan komputer/Laptop
  • Colokkan kabel data USB dari HP ke Komputer/Laptop, lalu pilih opsi mass storage mode. Tunggu sampai PC/laptop mendeteksi microsd kita
  • Setelah terdeteksi, masuk Windows Explore - Pilih Drive yg mendeteksi microsd - Klik kanan - pilih properties - Tools - error checking - centang semua - start - tunggu sampai selesai.
  • Eject drive hp dan microsd, jangan dicabut langsung kabel data USBnya.
  • kemudian cek melalui hp apa sudah mampu terbaca atau belum

Cara Memperbaiki MicroSD ke-4 : Format microsd melalui komputer

  • Seperti dalam cara ke-tiga, siapkan kabel data usb+HP serta personal komputer /laptop
  • Kemudian colokkan kabel usb ke laptop/pc, apabila microsd rusak maka akan terdapat pesan usb not recognized atau tidak terdeteksi. Apabila nir terdeteksi, kemungkinan microsd tidak bisa terbaca personal komputer , jadi gak bisa diformat. Tapi, apabila microsd terbaca personal komputer , maka akan muncul pop up open file.
  • Jika sudah ada, masuk windows explore - pilih drive microsd - sebelum diformat, pastikan anda sudah mencopy arsip yg ada didalamnya - lalu pilih drive - klik kanan - format - pilih FAT16 - klik start - tunggu sampai proses selesai
  • Setelah selesai, kembalikan seluruh arsip yang dikopi ke dalam drive microsd tadi
  • Eject drive - dan cek pada hp apakah sudah mampu terbaca atau belum.
Cara diatas merupakan cara manual termudah yang bisa dilakukan dini bila microsd anda rusak, corrupt atau error nir terbaca. Jika anda tidak mempunyai kabel usb, anda bisa pakai card reader atau modem yang mempunyai slot microsd. Cara lainnya bisa memakai perangkat lunak yang biasa dipakai buat mengformat flashdisk atau hardisk, tapi yang terpenting drive microsd tadi bisa terbaca komputer/laptop. Lakukan perbaikan secara mandiri, bila memang masih belum sanggup, anda pakai jasa service hp pada konter terdekat.
Demikianlah panduan personal komputer mengenai cara memperbaiki microsd yg rusak secara manual tanpa software. Apabila anda memiliki saran atau pandangan baru buat memperbaiki kartu memory yg lebih mudah, sanggup kirimkan ke komentar agar kami edit pada pedoman kali ini. Terima kasih semoga sanggup berguna buat kita seluruh, salam IT

Comments