CARA MEMBUAT WEBSITE GRATIS BLOG GRATIS UNTUK PRIBADI

Ndak usah salam yo,. Xixixixi.. Bosen kali tiap buka page salam mulu. Sip deh pokoknya katrok aja,. *koplak tenan yo*

Setelah tulisan-goresan pena saya berkutat pada global enginering dengan segala macam teknis njlimet misalnya plumbing lah, hydrant,sprinkler, pahat, dak bocor, tembok bocor bin rembes, pasang kran, kitchen equipment dan lain-lain lah mbuh ra ngerti lah, sekarang saatnya rileks sementara waktu duduk pada depan monitor sambil ngemil, ngopi wal udud *ndak di sarankan ya*.

Kembali ke topik rileks pada depan monitor. Dalam postingan yg ke ... *mbuh berapa kalinya* ini, CARA FLEXI mau menulis *bukan menulis tapi mencatat* mengenai cara menciptakan website gratis atau blog perdeo buat pribadi.

Untuk membuat website gratis atau blog perdeo buat pribadi yang perlu kita siapkan adalah:
  • Komputer/laptop/Lepi/netbook/notebook/Smart phone *podo ae sama saja sami sareng*
  • Akses internet
  • Kopi/Teh/Cemilan (optional)


Kali ini buat membuat website gratis atau blog perdeo buat kepentingan pribadi, aku akan menggunakan fasilitas yang pada sediakan oleh google secara free bin gratis alias ga bayar. *emang terdapat website bayar?* lhoowww.. Piye to?! Nanti kita bahas yo. Kenapa saya perjelas "memakai fasilitas milik google" sebab sekarang ini banyak layanan inet yg menyediakan blog gratis buat para membernya misal wordpress,webly dan sebagainya. Menurut aku layanan menurut google mempunyai fitur yang relatif lengkap buat sebuah blog perdeo.

Wokeh balik lagi tentang cara menciptakan website gratis, seperti yang saya bilang barusan, di sini saya menggunakan layanan free untuk membuat blog gratis alias blogspot. Introne kesuwen jesh!

Yo wis lanjut, silakan ketik "blogger.com" (tanpa indikasi petik) pada address bar. Jangan pada google ya tapi di address bar. Mumpung inget, aku ulas sementara waktu. Soalnya senang salah kaprah antara address bar menggunakan google search bar. Address bar adanya di layar paling atas, ketika layar di scroll ke bawah address bar nggak ikut gerak, cirinya lagi di sana niscaya terdapat 'nama' yg pada akhiri (.com) atau (.co.id) atau (.blogspot.com) dsb. Sedangkan 'google search' bar merupakan tempat kosong di atas atau di samping tulisan 'google'. Bagi yang perangkatnya sudah terintegrasi google, umumnya pribadi tampil di tengah layar, google search bar terdapat di bawah goresan pena 'google' guuede misalnya gambar di bawah ini.


Sesudah mengetikkan "blogger.com" tekan enter atau 'go' Nanti akan muncul halaman blablabla... cari aja tulisan 'Create Blog' Klik. 



Setelah di klik, akan muncul halaman baru yang meminta user memasukkan email. Sedikit saya bahas, email di sini harus email milik google yaitu email yang berakhiran @gmail. com milik user. Maksudnya gini, anda tentu sudah pernah memiliki email yang berakhiran @gmail. com kan (misal kucrut356@gmail. com) nah itulah yang di maksud. Masukkan email itu klik berikutnya dan masukkan sandi atau password nya. Lihat gambar di bawah ini biar tau urutan cara menciptakan website gratis, step ini sudah saya masukkan nama email saya dan tinggal memasukkan password.


Seh gundah? Poodo, aku yo resah!
Ndak membingungkan sebenarnya, cuma lantaran kita baru, jadi ya sedikit tegang. Takut keliru serta blablabla.. Santai saja! Ndak-ndak nek mbledos! Lanjutt... Kalau urutan cara membuat blog gratis dari atas hingga gambar di atas benar, maka kita akan di hadapkan pada laman misalnya tampak di bawah ini. Di sana terdapat beberapa bar isian berupa:

  • Judul, isi dengan nama blog atau website yang di inginkan. Contoh pada blog CARA FLEXI, Judul ada pada goresan pena pada pojok kiri atas "Blog CARA FLEXI" itulah judulnya.
  • Alamat, isi menggunakan alamat blog kamu. Bingung? Emm... Gini ni *gw jua resah jelasinnya* Emm.. Itu tu, alamat itu nanti akan keluar di address bar berupa blablabla.(dot)blogspot.(dot) com. Pada gambar pada bawah, aku kasih model dionmloto. Blogspot. Com. "dionmloto" inilah alamat blog nya. Nanti kalau mau online serta pengen lihat blog kita, tinggal nulis alamat ini di address bar, Jangan ketik judulnya akan tetapi ketik alamatnya. Terkadang alamat yg kita pilih sudah terdapat yang punya selain kita, terpaksa kita harus mengubahnya hingga terdapat tulisan di sebelah kanan bar berbunyi "alamat ini tersedia" ialah kita dapat memakai alamat tersebut sebagai alamat blog atau website yg sedang kita bikin. Mudeng apa Mumet? Nek mumet tanya eksklusif saja via FB aku Deion
  • Template, Tamplate ini jikalau buat gadgeter atau hape-er pada sebut pula menggunakan wallpaper. Wis kentara to? Silakan pilih template website sinkron kesukaan. Gratis ndak di pungut biaya . Nanti juga bisa di ganti kok
Setelah beres, silakan scroll ke bawah, temukan tulisan "Buat Blog" di kanan bawah menurut kotak template blog.


Urutan cara membuat website atau blog perdeo buat pribadi berikutnya kita akan pada bawa ke page misalnya tampak pada gambar di bawah ini. Kalau page kita seperti gambar ialah kita sudah sukses dan telah berhasil menciptakan website blog pribadi gratis tanpa ada pungli kecuali kuota internet, kopi plus udud. Di situ telah aku kasih warta. Sementara itu saja dulu, point-point lain nanti akan menyusul.


Apalagi ya?


Ouh iya... Tersebut kan aku jua bikin blog baru. *Lhoh kok?* iya lah! Bikin tutorial kayak gini bila ndak sekaligus bikin blog atau website ya ndak mampu ngasih contoh nu?! Ini penampakan website perdeo yg jadi model tulisan ini *emangnya plotrografi?!* 

Terlihat di sana nir terdapat entri lantaran sinkron gambar pada atas, saya nir meng-klik "Entri Baru" alias aku belum menciptakan artikel atau goresan pena sama sekali. Silakan pada zoom izin keterangannya 'relatif' kentara, soale lagi males nulis akan tetapi ndak mampu tidur. Jadi yo mohon mangap!

Trus kelanjutannya gimana? Yo uwis tinggal nulis apa yang ingin pada tulis. Kalau sekarang lagi malas nulis ya nanti kapan-kapan pada buka lagi. Makanya akun blogger (email serta password) jangan sampai lupa. Catet pada ponsel atau kitab asal jangan di jidat, pada ketawain ayam nanti. Saat punya wangsit nulis, langsung aja ketik di address bar (informasi telah pada atas) "blogger.com" tanpa pertanda kutip. Cari goresan pena "SIGN IN' pada kanan atas. Masukkan email dan password nanti akan eksklusif terbuka seperti gambar di atas tanpa terdapat urutan-urutan njlimet seperti ini.



Wis ya?! Apalagi yg ketinggalan?

Owh iya. CATATAN 

  • Pada bagian alamat (sehabis judul tersebut), semua memakai huruf mini . Apabila alamat terdiri dari 2 kata, misal 'cara flexi', harus di gabung tanpa spasi. Jadinya 'dionmloto.blogspot. Com' atau website model pada atas merupakan 'switchingdion.blogspot. Com' BUKAN 'switching_dion.blogspot. Com' (terdapat spasi merupakan keliru)
  • Ada yang bingung soal dot com dot co dot id? Heee.. Com atau co. Id itu nanti sudah otomatis pada ganti sang mesinnya mbah google. Ndak usah khawatir, tulis aja dot com gitu. Ambil yg mudah aja ngapain sulit-sulit. Sedikit menyinggung aja dari muasal akhiran dot CO dot ID. Di tulis dot COM kok jadi dot CO dot ID ceritanya lantaran kita tinggal pada Indonesia. Udah itu aja, jika misal kita tinggal pada Inggris ya jadi dot CO dot UK, Singapura jadinya ya dot COM dot Sg. Domisili di Rusia ya dot COM dot Ru dan sebagainya. Hanya bukti diri negara.
Wis cara menciptakan website gratis atau blog gratis untuk kepentingan pribadi relatif sekian saja. Penak to?! Sip! Terimakasih sudah mampir. 10 menit lagi sudah berganti hari,. Wis ngantuk jhes.

Comments