CARA MEMBUAT TAPE KETAN YANG TIDAK ASAM

TErnyata buat memperoleh kwalitas tape ketan yg rupawan menggunakan rasa yg cantik dan aroma yg wangi relatif sulit, seringkali kali yang kita temui pada pasar merupakan tape ketan yg asam dan terkadang nir matang, kemudian bagaimana caranya Tape ketan yang cita rasanya anggun, lembut dan saat pada makan akan terasa hangat, anda tidak perlu cemas lantaran melalui artikel ini di jamin anda bisa mempraktekan bagaimana menciptakan tape ketan yg berkwalitas. Sebelum anda mencobanya silahkan saksikan galat satu video tutorial yang berisi misteri cara membuat tape ketan yang manis dan lembut, selamat menyimak

Harga serta Kwalitas Bahan - Bahannya silahkan anda Klik di  -->  SINI
Atau Bisa Anda Cek di --->  SINI

Bahan - Bahan Yang Di Butuhkan :

1/dua kilo berasdulu yah buat percobaan awal
  
Daun pisang untukpembungkus secukupnya (ini misteri pertamanya)
  
2 gelas air bersih

Gunakan dua butirragi buat menciptakan tape ketan ( mampu pada beli di tukang beras )
Cara Membuat :


Beras ketan hitamdicuci dulu sampai higienis

Rendam ketan hitampada malam sebelumnya agar empuk, karenajenis beras ketan hitam ini lebih keras.

Jika selesaidirendam dalam keesokan harinya, ambil dan iriskan.

Setelah selesaiditiriskan sampai kesat, kukus beras ketan hitam sampai menjadi setengahmatang. Jika menginginkan lebih cepat serta mudah, bisa di masak terlebih dahuludengan sedikit air, baru sehabis relatif matang beras ketan hitam kemudiandiangkat dan dikukus.

Sementara berasketan dikukus, persiapkanlah air panas sebesar dua gelas.

P
ada saat berasketan yang dikukus tersebut telah mengepulkan uap panasnya, siram siram atasnyadengan air panas yg dua gelas tadi (posisi kukusan masih berada diatas kompor),sembari diaduk-aduk rata sampai seluruh beras ketan terkena air panas secara merata.teruskan mengukus hingga ketan menjadi matang.

Jika telah matang,angkat beras ketan, taruh kedalam nampan atau tampah yang besar , laludiratakan. Biarkan beras ketan yang telah diratakan dalam nampan tadi sudahbenar-sahih sebagai dingin. Sambil menunggu beras dingin, haluskan raginya. ( Hati - hati raginya jangan hingga tersentuh menggunakan kulit tangan anda, di sinilah misteri utamanya, mengapa tape ketan yg kita buat asam ? Itu lantaran raginya terkena keringat telapak tangan anda !) - Gunakan plastik atau sarung tangan karet ketika menghaluskan raginya.

Ambil wadah berukuransedang, beri alas daun pisang yang rapi/menutupi semua permukaan wadah.setelah diber alas daun pisang, masukkan lapisan pertama beras ketan, ratakandengan baik, kemudian taburi pada atasnya menggunakan ragi yang telah dihaluskan tersebut hinggarata. Kocok - mixer dengan sendok kayu (jangan sekali - kali pakai sendok berdasarkan besi atau Stainless karena bahan tersebut akan menurunkan kwalitas tape ketan yang anda buat ) ini Rahasia ke duanya - poly yang belum memahami. 
Tambahkan lagilapisan yang kedua beras ketan, taburi ragi lagi.lakukan proses ini seterusnya hingga ketiga, keempat, atau sampai bahan habis.- sebaiknya Gunakan Toples berdasarkan kaca jangan dari plastik buat mendapatkan output yang lebih baik. - ini misteri ke tiga - yang poly orang belum memahami.

Lapisi menggunakan daunpisang buat menutupi bagian atas bakal tape protesis Anda tersebut dengan baik danbenar-sahih rapat ( mampu memakai 2 lapis daun pisang atau ditambah dengankain serbet yang higienis ). Tutup kembali wadah menggunakan tutupnya hingga rapat,lalu hanya didiamkan selama tiga hari 2 malam. Taruh wadah bakal tape tersebutdi tempat yang hangat. - ini misteri ke 4 yg poly orang belum memahami. (daun pisang itulah inti rahasia alaminya buat proses fregmentasi ragi menggunakan ketan sebagai paripurna ! )
Jika telah tiga harihari 2 malam, tapi ketan baru boleh dibuka. Walaupun hanya sekedar menengok,jangan pernah dibuka sebelum jatuh tempo, lantaran proses fermentasinya bisaterganggu. Kalau hanya mencium baunya berdasarkan luar sih nir apa-apa, serta walaupunbelum genap 3 hari, jika baunya telah kuat, tape ketan sudah boleh dibuka dandi hidangkan. - di ajurkan buat mendapatkan alkohol yang lebih rupawan dalam tape ketan yg anda buat, kwalitas yang paling baik adalah di hari ke 4 serta ke 5.
Dengan membuat tape ketan yang lezat sendiri di tempat tinggal , maka anda sanggup menerima tape dengan kwalitas yang baik, yang cantik, lezat , dan legit yg tentunya lebih terjamin serta terjaga kebersihannya, Tape ketan hitam sangat cocok dinikmati ketika kalem di rumah ataupun waktu kumpul bersama menggunakan famili serta kerabat tercinta.
Aneka Makanan Dengan Olahan Tape Ketan

Resep Kue Tape Ketan Hitam Kukus


Bahan-bahan
  • 250 gr tepung ketan hitam
  • 4 butir telur, pisah putih serta kuningnya
  • 150 gr mentega, cairkan
  • ½ sendok teh garam
  • 100 Gram Tape Ketan Hitam
  • 100 mililiter santan
  • 200 gr gula pasir halus (kastor)
  • Margarin secukupnya buat olesan
Cara membuat
  1. Kocok ½ bagian gula dan kuning telur sampai mengembang dan mengental
  2. Masukkan Tape ketan Hitam, garam, serta santan, mixer hingga rata. Tuangkan mentega cair, aduk rata perlahan dengan spatula hingga tercampur homogen. Sisihkan
  3. Kocok putih telur menggunakan ½ bagian gula sampai mekar kaku. Masukkan sedikit-sedikit ke pada adonan tepung sambil diaduk sampai tercampur rata
  4. Tuang campuran ke dalam loyang ukuran 20 x 20 cm yg telah diolesi margarin
  5. Kukus selama 35 mnt sampai matang. Angkat serta keluarkan menurut loyang
  6. Setelah relatif dingin, pangkas-pangkas, hidangkan



Es Teler Tape Ketan Hitam



Tape ketan jua mampu dibentuk sebagai minuman yg dingin dan lezat ,  pilihan menu berikut inilah yang sebagai daya tarik tersendiri dari olahan tape ketan. Salah satu olahannya merupakan  Es Teler Tape Ketan HItam  Es campur  atau es teler, yang dipadu dengan tape ketan hitam, membuahkan es ini terasa lebih seger dan nikmat.
Mari, kita ikuti langkah-langkah pembuatan es campur tape ketan hitam.

Bahan:

300 Gram tape ketan hitam - Kwalitas Super.
1 liter santan
1 sdt garam
2 lbr daun pandan

Pelengkap:

2 butir kelapa muda, kerok
2 mata nangka, iris dadu 1 cm
300 cc sagu mutiara siap pakai
300 cc sirup vanili, warna putih
Es serut secukupnya

Cara Membuat:

1. Didihkan santan menggunakan daun pandan dan garam, aduk hingga homogen, angkat, dinginkan.
2. Penyajian: siapkan gelas, tata kelapa belia, nangka, sagu mutiara siap gunakan, dan tape ketan hitam.
3. Tuangkan santan serta tambahkan dengan sirup rasa vanila.

--> SELANJUTNYA

Bahan :

  1. 1/dua kilo beras dulu, jangan banyak-banyak Bu
  2. Daun pisang buat pembungkus secukupnya
  3. 2 gelas air bersih
  4. Gunakan 2 buah ragi untuk menciptakan tape misalnya biasanya
  5. Bisa menggunakan gula pasir jika menghendaki rasa yang lebih cantik, yaitu gula halus menggunakan takaran dua sdm saja.

Cara Membuat :

  1. Beras ketan hitam dicuci dulu sampai higienis betul.
  2. Rendam ketan hitam pada malam sebelumnya agar empuk, lantaran  jenis beras ketan hitam ini lebih keras.
  3. Jika terselesaikan direndam pada keesokan harinya, ambil serta iriskan.
  4. Setelah terselesaikan ditiriskan sampai kesat, kukus beras ketan hitam sampai menjadi 1/2 matang. Apabila menginginkan lebih cepat serta mudah, mampu di masak terlebih dahulu dengan sedikit air, baru setelah agak matang beras ketan hitam lalu diangkat serta dikukus.
  5. Sementara beras ketan dikukus, persiapkanlah air panas sebanyak dua gelas.
  6. Pada ketika beras ketan yang dikukus tadi telah mengepulkan uap panasnya, siram siram atasnya dengan air panas yg dua gelas tadi (posisi kukusan masih berada diatas kompor), sembari diaduk-aduk sampai seluruh beras ketan terkena air panas secara merata. Teruskan mengukus sampai ketan sebagai matang.
  7. Jika sudah matang, angkat beras ketan, taruh kedalam nampan atau tampah yang akbar, lalu diratakan. Biarkan beras ketan yang sudah diratakan dalam nampan tersebut sudah sahih-sahih sebagai dingin. Sambil menunggu beras dingin, haluskan raginya.
  8. Ambil wadah berukuran sedang, beri alas daun pisang yang rapi/menutupi semua bagian atas wadah. Setelah diber alas daun pisang, masukkan lapisan pertama beras ketan, ratakan dengan baik, lalu taburi atasnya dengan ragi yg sudah dihaluskan tersebut hingga rata. Bisa pula dibubuhi gula halus/kastor secukupnya(opsional/nir jua nir apa-apa).
  9. Tambahkan lagi lapisan yg ke 2 beras ketan, taburi ragi lagi diatasnya dan gula halus. Lakukan proses ini seterusnya hingga ketiga, keempat, atau hingga bahan habis.
  10. Tambahkan daun pisang buat menutupi bagian atas bakal tape protesis Anda tersebut menggunakan baik serta benar-benar kedap(mampu memakai 2 lapis daun pisang atau ditambah menggunakan kain serbet yg higienis). Tutup balik wadah dengan tutupnya sampai kedap, lalu hanya didiamkan selama 3 hari dua malam. Taruh wadah bakal tape tadi pada loka yang hangat.
  11. Jika sudah 3 hari hari dua malam, tapi ketan baru boleh dibuka. Walaupun hanya sekedar menengok, jangan pernah dibuka sebelum jatuh tempo
    lantaran proses fermentasinya bisa terganggu. Kalau hanya mencium baunya menurut luar sih tidak apa-apa, dan walaupun belum genap tiga hari, apabila baunya telah bertenaga, tape ketan telah boleh dibuka dan pada hidangkan.
- See more at: //resepcaramemasak.org/cara-menciptakan-tape-ketan-hitam-yang-manis#sthash.ev6r7QNs.dp

Comments