CARA MEMBUAT SHORTCUT KEY PADA PROGRAM / APLIKASI

Cara membuat shortcut key dalam program - Anda seluruh pasti tahu fungsi shortcut key adalah buat memudahkan kita atau bisa dikatakan jalan pintas buat membuka suatu program yang berjalan di operating sistem. Secara default di operating sistem windows sebenarnya ada beberapa tombol shortcut, akan tetapi hanya terbatas dibebarapa acara bawaan OS windows saja, sedangkan program atau aplikasi dari pihak ketiga nir. 

Untuk itu pada artikel kali ini aku akan share bagaimana cara menciptakan shortcut key pada program yg kita instal, merupakan kita akan membuat shortcut key acara dari pihak ketiga. Dengan membuat shortcut  dalam setiap program kita berharap nantinya bisa membantu, mempermudah dan mempercepat kita dalam mengerjakan pekerjaan dengan menggunakan program aplikasi personal komputer .

Untuk menciptakan shortcut key dalam acara caranya cukup gampang, anda tinggal ikuti langkah langkah di bawah ini, bahkan bukan buat satu acara / aplikasi saja, akan tetapi seluruh acara bisa anda buatkan shortcut key-nya. Contoh dibawah ini saya ingin membuat shortcut key buat google chrome.

Cara membuat shortcut key dalam program

Langkah pertama : klik kanan pada program / pelaksanaan google chrome, lalu pilih properties, akan ada dialog "google chrome properties", pilih tab "shortcut".





langkah kedua : didalam tab shortcut, cari kolom "shortcut key". Dalam kolom tadi terdapat goresan pena "none" yg adalah program / pelaksanaan google chrome belum dibuatkan shortcut key, jadi untuk membuatnya anda tinggal klik tulisan none tadi dan isikan nomor atau alfabet yg nantinya akan sebagai tombol shortcut buat membuka pelaksanaan google chrome, misalkan saya isikan alfabet C, maka secara otomatis akan ada kombinasi ctrl+alt+c. Ctrl+alt adalah settingan default tombol shortcut, C adalah key-nya, jadi apabila saya ingin membuka aplikasi google chrome tombol shortcut key-nya merupakan ctrl+alt+c. Ingat anda hanya isikan angka atau alfabet saja, sedangkan kombinasi ctrl+alt akan timbul otomatis.

langkah ketiga : selesainya anda isikan nomor / huruf buat key shortcutnya, klik apply atau langsung klik ok. Selesai, kini silahkan anda coba tekan tombol kombinasi ctrl+alt+c maka aplikas google chrome langsung akan terbuka.

artikel yg berhubungan dengan shortcut :
- daftar shortcut google chrome  - daftar shortcut ms word  -  daftar shortcut youtube

Seperti yang sudah saya katakan diatas, bukan satu pelaksanaan saja yang mampu anda buatkan shortcut key-nya, seluruh acara atau aplikasi mampu anda buatkan shortcut key-nya. Itulah tips cara membuat shortcut key dalam acara, selamat mencoba serta semoga jadi ilmu yg bermanfaat.

Comments