CARA MEMBUAT SEL EXCEL JADI BERWARNA SEL YANG MENGANDUNG RUMUS

Pertanyaan : Bagaimana cara menciptakan sel eksklusif misalkan sel output menurut rumus penambahan/pengurangan memiliki warna latar belakang sesuai menggunakan yg kita inginkan?

Solusi : Seperti yg kita semua tahu, Excel secara default tidak memiliki formula atau fitur buat menghitung hal misalnya itu. Jadi, dalam posting ini aku akan menyebarkan beberapa metode yang akan membantu Anda buat mewujudkan hal ini (sel tertentu berwarna).

Salah satu fungsi excel yang sanggup dipakai buat menentukan nilai tertentu dengan rona secara otomatis, sinkron dengan criteria yg kita tetapkan. Dengan memilih criteria nilai tertentu yang menampilkan warna teks ataupun fill yang tidak selaras di setiap data yg ada sehingga data yg tersaji akan lebih hidup serta mempermudah seorang pada mengecek standarisasi data yang ditetapkan.


Cara menciptakan sel excel jadi berwarna (sel yg mengandung rumus)

Untuk membuat tugas lebih kentara ayo kita lihat gambar pada bawah ini. Kita buat sebuah tabel misalnya yg ditunjukkan pada gambar di bawah.


Selanjutnya, kita akan menambahkan satu lagi kolom buat tabel ini di mana kita akan secara manual menambahkan rumus warna latar belakang sel yg berdekatan seperti yg ditunjukkan pada gambar di bawah.



Sekarang, kita mencoba buat memakai Formula SUMIF buat menambahkan SUM sel dengan latar belakang kuning  rumus: = SUMIF (B2: B13, "Yellow", A2: A13)


demikian pula, untuk menambahkan SUM sel berdasarkan Orange serta hijau kita gunakan rumus = SUMIF (B2: B13, "Orange", A2: A13) dan = SUMIF (B2: B13, "Green", A2: A13).


Selesai, Tapi, seperti yang kita dapat melihat bahwa metode ini relatif rumit, terutama apabila kita perlu memakai ini dalam daftar menggunakan ratusan elemen. Adakah cara yg lebih gampang? Tunggu postingan aku berikutnya.

Comments