CARA MEMBUAT JALA IKAN

Cara Membuat Jala Ikan - Salah satu alat tangkap tradsional yang masih di pakai sang nelayan baik nelayan air bahari juga air tawar merupakan jala. Jala Sampai waktu ini masih sangat efektif penggunaannya buat wilayah perairan seperti sungai dan laut. Lantaran penggunaan alat tangkap jala hanya membutuhkan satu orang.

Membuat Jala Ikan nir semua orang mampu. Cara pembuatanya begitu mudah yang paling susah merupakan kesabaran pada menjurai benang sebagai lembaran jaring serta menjadi indera tangkap jala ikan.

Banyak sekali orang yg nir mengetahui akan cara mengolahnya. Membuat jala sangat rumit serta membutuhkan kesabaran buat menyiapkan satu jala. Apalagi kerumitan tersebut lantaran mata jaring dari jala ikan sangat mini dan benangnya sangat tipis.

Cara Membuat Jala Ikan

Adapun tahapan dalam menciptakan sebuah indera tangkap jala ikan maka kita memerlukan bahan dan indera dalam pembuatannya.


Bahan serta Alat


- coban - Untuk menjurai serta mengumpulkan benang
- Selaran - Untuk Membentuk Mata Jaring ( Biasanya Nelayan yang sudah biasa nir memerlukannya )
- Benang atau senar
- Pemberat menurut Timah
- Pisau
- Tali Gantung

Pembuatan jala ikan

- Pertama tama benang atau senar pada rol ke Coban  secukupnya ,Karena bila terlalu poly maka pada menjurai mata jaring satu ke mata jaring lainnya akan susah. Dan apabila sedikit maka jalaikan akan banyak sambungan benang

- ikatkan  tali menjadi pusat jala lalu mulailah merajut menggunakan menggunakan Selaran  menjadi cetakannya sinkron lebar ukuran yg akan dibentuk.

- Langkah selanjutnya jurai  benang secara berurutan ke bawah serta ingat ikat menggunakan ikatan tali mati supaya jalinan nir mudah bergeser serta nir berubah bentuk serta ukuran . 

Cara Membuat Jala Ikan

baca pula ;




Comments