CARA MEMBUAT ES CREAM PUTAR TRADISIONAL TANPA MESIN PENDINGIN

SIapa yg tak kenal kelezatan Es cream putar tradisional yang kelezatan tidak kalah menggunakan es cream buatan pabrik dengan merek terkenal, serta siapa yang sangka bila membuat es cream putar tradisional ini ternyata gampang banget, tidak perlu mesin pendingin yg mahal, relatif dengan ember plastik, wadah alumunium, serta es batu dengan taburan sedikit garam maka anda telah sanggup membentuk mesin produsen es cream trandisional seperti yang anda lihat pada gambar, kemudian bagaimana cara mengolahnya ? Dan bagaimana cara meracik bahan - bahan dasar untuk menciptakan es creamnya ? Dan bagaimana proses pembuatannya, yuk kita pelajari beserta di kesempatan yg manis ini, sebelum anda mencoba mempelajarinya silahkan simak video tutorial pembuatan es cream putar tradisional berikut adalah :

Jika Setelah anda menyaksikan tutorial video pada atas serta anda merasa cara membuat ice cream dengan metode tradisional ini menurut anda sangat ribet, hmmm jangan risi, dengan perkembangan tehnologi semua yang ribet sanggup jadi simpel, apabila memang itu yg anda inginkan tak lupa kami jua merekomendasikan berbagaimacam indera - indera produsen ice cream lainnya dan semuanya sanggup anda dapatkan informasinya baik harga maupun cara menggunakan alat - indera penghasil ice cream  tersebut silahkan anda Klik pada -->    SINI
Atau Bisa Anda Cek di --->  SINI

Jika anda tetap bertekad ingin mencoba Membuat Es Cream Putar Tradisional Tanpa Mesin Pendingin nah ayo kita lanjutkan pembahasan kita pada bawah ini :
--> SELANJUTNYA
Es Cream putar adalah salah satu es krim legendaris yang paling popular di Indonesia. Es krim yang satu ini jua biasa dianggap es dung-dung lantaran umumnya penjual yg menjajakannya membunyikan bunyi dung-dung dengan gong mini . Seiring perkembangan jaman, sekarang berbagai rasa dan aroma Es krim putar yang berbahan dasar santan kelapa ini terus berkembang, umumnya disajikan dalam berbagai macam warna sang penjualnya sebagai akibatnya mempercantik tampilan es krim yang lezat ini. Namun ternyata poly pedagang es puter “nakal” yg menjajakan jualannya menggunakan bahan - bahan berbahaya yang nir layak untuk di konsumsi, Mereka menambahkan pewarna sintetis kedalam bahan penghasil es puter sebagai akibatnya sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Tapi damai, buat anda penggemar es puter usahakan anda pelajari cara membuatnya sendiri pada rumah, selain lebih bersih, bahan - bahan dan citra cita rasanya pun sanggup anda atur sendiri, nah berikut adalah yuk kita pelajari beserta cara membuatnya :

Cara Membuat Es Puter Tradisional Yang Lezat


Es puter memang sangat pada gemari poly orang baik berdasarkan anak-anak juga remaja. Es puter jua banyak mengandung vitamin tetapi kali ini merupakan resep es puter tradisional. Es puter ini pula bisa anda temukan di berbagai loka yang ramai, umumnya di pinggiran mall atau jua bisa pada kafe resto.
Nah anda jua perlu sekali waktu membuat resep yang satu ini karena es ini jua sangat enak serta segar kala kita sedang haus serta sanggup jua menjadi bahan pengganti air mineral. Es ini rata-rata terbuat berdasarkan butir orisinil yg pada jadikan sajian es yg special. Berikut adalahResep Cara Membuat Es Puter Tradisional Yang Lezat:


Resep Es Puter Tradisional Yang Lezat

Bahan-bahan pokok :
  • Essence/aneka butir kemudian diblender.
  • 200 gr atau 24 sdm maizena.
  • Pewarna makanan sesuai kesukaan (secukupnya).
  • Garam secukupnya.
  • ±4 kg gula pasir.
  • 3-4 bungkus supaya-agar.
  • 11-12 kuning telur.
  • 8 liter air matang.
  • 4 butir kelapa atau 4 kaleng susu kental manis putih.
Bahan pada memutar es puter:
  • 3 kg garam kasar/krosok.
  • ¾ balok es.
Cara pembuatannya :
  1. Langkah awal kupas kelapa hingga bersih kemudian parut, serta lalu peras menggunakan 8 liter air. Lalu apabila Anda senang menggunakan susu cairkanlah 4 buah kaleng susu kental anggun beserta 8 liter airnya.
  2. Selanjutnya panaskan santan bersama supaya-agar bubuk,kemudian gula pasir dan jua garam.
  3. Dan sebelum mendidih (15 mnt sebelumnya) anda tambahkan juga kuning telur yg telah dikocok serta juga tepung maizena yg telah di aduk rata dengan airnya.
  4. Nah selesainya dirasa matang,kemudian matikan api dan kemudian lagi masukkan ekstrak butir atau bisa menggunakan essence secukupnya.
  5. Teknik Kerja memutar es puter :
  6. Oke kini tuangkan campuran yang telah disaring kedalam tabung dan adonan terlebih dahulu pada keadaan dingin menggunakan kedinginan minimal suhu kamar atau ruangan, atau lebih baiknya lagi bila disimpan di pada lemari es/freeser.
  7. Dan letakkan tabung kedalam sebuah wadah besar (minimal 2x lebih besar tabung es krim).
  8. Selanjutnya diantara tabung serta wadah,anda bisa tambahkan es batu menggunakan ukuran kecil-mini , lalu usahakan jangan sampai terdapat rongga udara.
  9. Dan lalu taburkan garam kasar/krosok kedalam es batunya.
  10. Langkah selanjutnya pemutaran es bisa dilakukan, dan usahakan tabung serta wadah dalam keadaan tertutup supaya uap dingin tidak terlalu poly yg keluar.
  11. Dan terakhir apabila es batu didalamnya sudah poly yang mencair, oke keluarkan sedikit demi sedikit, Lalu kemudian masukkan es batu serta garam balik .

Cara alternatif Membuat Es Cream Putar dung dung yang Lebih Praktis apabila Punya Lemari Es atau alat ice-cream maker.
Bahan-bahan Membuat Es Cream Putar dung dung yang lembut serta lezat alami :
  • 1 liter santan kental
  • ½ sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan (potong-pangkas)
  • 150 gr gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena (larutkan menggunakan 3 sdm air)
  • 200 gr kelapa belia/kopyor (cincang halus)
Pelengkap :
  • Potongan roti tawar
  • Tape Ketan
  • Potongan buah Alpukat

Begini Cara Membuat Es Putar Lezat dan Alami
  1. Masak santan beserta menggunakan garam, daun pandan serta gula pasir sampai matang. Jangan lupa sesekali aduk rata santan supaya santan tidak pecah.
  2. Campurkan maizena yg telah dicampur air tersebut kedalam santan. Aduk sampai merata, sehabis itu angkat dan dinginkan.
  3. Buang daun pandan yg masih ada pada santan, kemudian masukkan kelapa belia atau kopyor kedalam santan yg sudah dimasak tadi. Aduk hingga merata.
  4. Masukan bahan es puter tadi ke pada container pada freezer. Diamkan hingga santan membeku, kurang lebih lima jam.
  5. Setelah itu ambil dan haluskan dengan aduk-aduk atau keruk menggunakan centong sampai musnah.
  6. Simpan lagi es kedalam freezer hingga beku.
  7. Ulangi langkah no. 5 serta 6 beberapa kali sampai es puter sebagai butiran halus.
  8. Jika sudah halus, Es puter siap tersaji serta jangan lupa masukkan pelengkap untuk menambah sensasi rasa es puter buatan Anda
  9. Jika anda memiliki alat ice-cream maker maka anda tidak perlu melakukan langkah no 4 hingga no 7. Setelah melakukan langkah no. Tiga tinggal masukan bahan es puter ke dalam ice-cream maker, lalu proses sesuai petunjuknya. Setelah itu bisa eksklusif tersaji. 

Aneka Rasa Ice Cream yg Unik
Icream Putar Rasa Pisang

Bahan-bahan
    3 pisang ambon berukuran sedang
    1 sendok cocoa bubuk
Langkah Pembuatannya
    Pisang buang  kulitnya kemudian bekukan. Setelah beku, potong kecil seruas jari.
    Masukkan ke food prossecor, lalu masukkan serbuk coklat nya. Haluskan sampe relatif kasar lalu mampu  
    Langsung disajikan
   
Jika ingin mendapatkan testur yang lemubt , masukan saja ke kulkas lebih kurang 2 Jam
Untuk Topping nya jika mampu yang asam misalnya butir strowbery atau bluebery ditambah butiran kasar dark chocolate atau almond slice.
Icream Putar Rasa Buah Naga serta Green Tea

Bahan-bahan
    200 gram whipcream bubuk ice cream
    500 mililiter susu UHT plain 1/2 beku
    1 kaleng susu kental anggun,  sanggup pakai frisian flag gold
    1 buah buah naga merah, cincang halus
    dua sendok makan serbuk greentea, campur dg 3sdm air panas hingga didapat pasta greentea
    1/dua buah perasan lemon
Langkah – langkah pembuatan
    Resep dasar:
    1.campur whipcream serbuk dengan uht setengah beku
    dua. Mixer kecepatan tinggi sampai kaku
    3. Masukkan susu kental anggun sedikit" sembari terus dimixer
    4. Adonan siap dimodifikasi
   
Eskrim butir naga:
Setengah campuran dasar dicampur cincangan buah naga serta perasan lemon, mixer dengan kecepatan tinggi hingga tercampur rata lalu bekukan pada frezer.
Eskrim greentea:
Setengah adonan dimixer menggunakan bahan pasta greentea, kemudian bekukan di frezer.
Icream Putar Rasa Ubi Ungu

Bahan-bahan
    150 gr Whipe cream
    75 ml Susu cair uht
    6 sdm Susu kental manis
    200 gr Ubi ungu yang telah di kukus - lumatkan
Langkah - Langkah Membuatnya :
 Mixer whipecrem , susu cair sampai mengembang.. Lalu campurkan skm lalu masukan ubi ungu aduk rata sampai homogen. Masukkan ke pada frizer selam 4 jam atau sampai benar – benar beku. Ice cream ubi ungu siap di rasakan.
Icream Putar Rasa Jamu

Bahan-bahan
    1/2 kaleng Susu Kental Manis putih
    dua kaleng UHT full cream (kaleng takar gunakan kaleng susu kental manisnya yaa..)
    4 sendok makan gula pasir (atau sinkron selera)
    1/2 sdt garam
    2 sdm maizena
    1 sdt vanilla ekstrak
    1 sendok teh SP/ovalet/TBM
    2 sachet Tolak Angin cair
    serbuk palm sugar buat toping taburan
Langkah – langkah membuatnya
    Campurkan susu kental anggun (SKM), susu cair UHT, gula, garam dan maizena. Aduk homogen, dan masak pada atas barah kecil. Aduk terus sampai meletup-letup. Matikan barah, biarkan campuran mencapai suhu ruang. Setelah tidak panas, masukkan campuran ke pada freezer hingga beku.
Tim SP/TBM/ovalet sesaat sebelum pengocokan adonan. Ngetimnya relatif dipanaskan pada pada magic com saja
Adonan yang sudah mengeras keruk-keruk menggunakan memakai garpu, agar meringankan kerja aduk-aduk ketika pengocokan.
Masukkan SP/TBM/ovalet yg sudah pada tim ke dalam adonan, tambahkan vanilla ekstrak. Kocok menggunakan aduk-aduk hingga mekar 3x lipat, atau sampai adonan menjadi halus serta ringan.
Masukkan Tolak Angin cair, kocok sampai rata. Pindahkan campuran ke dalam wadah kedap udara, masukkan ke pada freezer hingga beku.
--> SELANJUTNYA

Comments