CARA MEMBUAT DAFTAR DROPDOWN DI EXCEL


Daftar dropdown adalah alat entri data yang sangat berguna yang kita lihat pada mana-mana, dan Anda bisa menambahkan daftar dropdown spesifik ke lembar kerja Excel Anda sendiri. Daftar dropdown menciptakan kita lebih mudah serta lebih efisien buat memasukkan data ke dalam spreadsheet kita. Cukup klik tanda panah dan pilih galat satu opsinya. Anda dapat menambahkan daftar dropdown ke sel pada Excel yg berisi pilihan misalnya Ya dan Tidak, Laki-laki serta Perempuan, atau daftar pilihan spesifik lainnya.
Sangat mudah buat menambahkan daftar dropdown ke sel pada Excel, tetapi prosesnya tidak intuitif. Daftar dropdown dibentuk menggunakan fitur Data Validation. Dalam model kali ini saya akan membuat daftar dropdown Jenis kelamin dimana nanti pilihan atau opsinya berupa pria atau wanita.
Untuk memulai, tambahkan terlebih dahulu pilihannya yaitu laki-laki dan wanita ke pada sel yang berurutan pada satu kolom atau berturut-turut. Di contoh ini aku taruh pada sel H1 hingga H2 dalam lembar kerja yang sama, seperti yg ditunjukkan di bawah ini. Anda pula bisa menambahkan daftar pilihan Anda ke lbr kerja yang berbeda pada lembar kerja yg sama.


Sekarang, kita akan beri nama rangkaian sel tadi (sel H1 hingga H2) agar lebih mudah menambahkannya ke daftar dropdown. Untuk melakukan ini, blok / pilih semua sel yang berisi item daftar dropdown (langkah 1) serta kemudian tambahkan nama ke kotak Nama pojok kiri atas . Saya beri nama jeniskelamin, tanpa spasi (langkah no 2).


Sekarang, pilih sel pada mana Anda ingin menambahkan daftar dropdown dan klik tab "Data".
Di bagian Data Tools dalam tab Data, klik tombol "Data Validation".


Kotak dialog Validasi Data ditampilkan. Pada tab Settings, pilih "List" berdasarkan daftar dropdown.
Sekarang, kita akan menggunakan nama yg telah aku memutuskan buat kisaran sel yang berisi opsi buat daftar dropdown saya. Masukkan =jeniskelamin di kotak "Source", Pastikan kotak "In-cell dropdown" dicentang.
Kotak “Ignore blank” dicentang secara default. Ini berarti kita dapat memilih sel serta kemudian juga mampu membatalkan pilihan sel tanpa menentukan item. Apabila Anda ingin menentukan opsi menurut daftar dropdown saja tanpa ada pilihan kosong, hapus centang pada kotak Ignore blank.
Artikel pilihan buat anda:





Anda dapat menambahkan pesan popup yang ditampilkan saat sel yang berisi daftar dropdown dipilih. Untuk melakukannya, klik tab "Input Message" pada kotak obrolan Data Validation. Pastikan kotak “Show input message when the cell is selected” dicentang. Masukkan Judul dan pesan kemudian klik tombol "OK".
Bila sel yg berisi daftar dropdown dipilih, Anda akan melihat tombol panah ke kanan pada sebelah kanan sel. Apabila Anda menambahkan pesan, ini akan ditampilkan di bawah sel. Tombol panah hanya terlihat jika waktu sel dipilih. Klik tombol panah ke bawah buat menurunkan daftar pilihan dan pilih galat satu.
Jika Anda ingin menghapus daftar dropdown menurut sel, buka kotak dialog Data Validation seperti yg dijelaskan sebelumnya dan klik tombol "Clear All".

Ikuti proses ini buat menambahkan daftar dropdown ke sel lain sinkron kebutuhan. Anda dapat memakai daftar yang sama buat beberapa daftar dropdown. Anda jua dapat menyembunyikan lbr kerja yang berisi daftar dropdown agar tidak diubah sang orang yg jahil.

Comments