CARA MEMBUAT ATAU MENAMBAH MENU ITEM DI KALI LINUX DENGAN ALACARTE TERBARU

Cara Membuat atau Menambah Menu Item di kali linux menggunakan Alacarte Terbaru

Pada kesempatan kali ini, aku ingin memberikan sebuah tutorial mengenai bagaimana  Cara Membuat atau Menambah Menu Item di kali linux menggunakan Alacarte Terbaru. mungkin tidak seluruh orang tau cara buat membuat atau menambah menu item baru pada kali linux ini.

Apa sih Alacarte ini?

bagi kalian yang belum tau apa itu alacarte, jadi alacarte merupakan sebuah tools yg bermanfaat buat melakukan penambahan pilihan menu dengan gampang pada linux. Sebenarnya terdapat cara yang lain buat menambah menu yaitu dengan melakukan penambahan script bash serta memanggilnya di terminal. Namun kali ini kita hanya membahas mengenai cara menggunakan alacarte dan cara menambah menu menggunakan alacarte ini.

Bagaimana cara menggunakan  alacarte?

Sebelum kita menuju bagaimana cara menggunakan alacarte nya, kalian harus menginstalnya terlebih dahulu menggunakan menggunakan perintah ini dia melalui terminal kalian:
sudo apt-get install alacarte
pastikan kalian terkoneksi internet saat melakukan proses penginstallan alacarte nya. Buat size nya sangat mini serta tidak poly memakan kuota internet kita.

Setelah terselesaikan melakukan proses penginstallan, kalian bisa mengikuti langkah-langkah ini dia buat menambah menu baru pada linux kalian.
  1. buka terminal kalian dan ketikan perintah "alacarte " lalu enter. Jangan lupa tanpa pertanda kutip ya. Lihat gambar dibawah ini :
Selanjutnya akan ada form Main Menu seperti gambar dibawah ini
Kemudian pada Pojok kanan atas ada Tulisan New Menu dan New Item,kalian klik new item tersebut buat membuat menu item baru.lalu isi seperti dibawah ini.
Sesuaikan menggunakan apa yang ingin kalian buat, dalam contoh diatas aku membuat pilihan menu item berdasarkan linset. Dalam gambar tersebut kalian bisa menggantinya dengan icon sesuka kalian akan tetapi disesuaikan ukuran gambarnya. Sesudah selesai di isi kalian klik ok. Dan ingat di close
jika teman-teman merasa bingung menggunakan penjelasan saya, kalian bisa menonton video di bawah ini buat melihat tutorialnya secara detail.





Bagaimana cara melakukan penghapusan atau proses unistall pada alacarte ?

untuk menghapus atau uninstall terhadap alacarte, kalian dapat melakukan atau memakai perintah berikut adalah melalui terminal kalian:

  • sudo apt-get remove alacarte
  • sudo apt-get remove --auto-remove alacarte

Sekian tutorial ini saya untuk atas pengalaman yg sudah saya dapatkan. Semoga tutorial tentang bagaimana Cara Membuat atau Menambah Menu Item di kali linux menggunakan Alacarte Terbaru ini bisa bermanfaat dan bermanfaat buat sahabat belajar semuanya. Terima kasih atas kunjungannya. 



Comments