CARA MEMBLOKIR APLIKASI NONWINDOWS STORE DI WINDOWS 10

Ada beberapa pelaksanaan rupawan yg tersedia pada Windows Store. Nama-nama akbar misalnya Facebook, Twitter, serta Netflix semuanya mempunyai pelaksanaan UWP yg dapat Anda unduh berdasarkan Windows Store. Aplikasi pada Windows Store sepenuhnya belum aman. Banyak aplikasi yang bebas beredar tanpa melawati keamanan windows store, tapi anda nir perlu kuatir lantaran pada pembaruan Windows 10 Creator update, microsoft memperkenalkan batasan baru yang memungkinkan pengguna memblokir aplikasi non-Windows Store.

Smart screen Windows telah berfungsi buat melindungi pengguna dari menginstal pelaksanaan yang tidak diverifikasi. Dengan fitur ini, pengguna bisa memblokir aplikasi Win32 atau desktop. Fitur ini tersedia di Windows 10 Insider build 15046 ke atas. Berikut tutorial cara memblokir aplikasi non-Windows Store:
Cara Memblokir Aplikasi Non-Windows Store Di Windows 10

Windows 10 menambahkan grup pengaturan baru menggunakan Creator’s Update yg disebut 'Apps'. Sebelumnya, ‘Apps’ hanyalah sebuah tab pada pada gerombolan pengaturan ‘Sistem’. Untuk memblokir aplikasi non-Windows Store, anda cari pengaturan aplikasi, Pilih gerombolan 'Apps Settings' dan masuk ke tab ‘Apps & features'. Ada bagian baru pada tab ini yang disebut ‘Installing apps'. Buka tarik-turun di bawah bagian ini. Anda tersaji tiga opsi buat dipilih yaitu:(1) Allow apps from anywhere, (dua) warn me before installing apps from outside the Store, serta (tiga) Allow apps from the Store only.
Opsi ‘Allow apps from anywhere' memungkinkan pengguna buat memasang aplikasi menurut Windows Store serta pelaksanaan desktop serta Win32. Aplikasi dapat asal menurut Github, repositori aplikasi online, atau situs web eksklusif pengembang. Di bawah opsi ini, pelaksanaan bisa dipasang berdasarkan mana pun asalnya. Ini tidak akan berdampak pada filter smart screen. Ini akan tetap memperingatkan serta memblokir pelaksanaan yg tidak diverifikasi.
Opsi 'warn me before installing apps from outside the Store' akan memperingatkan pengguna ketika mereka mencoba memasang pelaksanaan dari luar Windows Store. Pengguna kemudian bisa tetapkan apakah mereka ingin melanjutkan menginstal aplikasi atau tidak.
Opsi ‘Allow apps from the Store only' akan memblokir pelaksanaan selain Windows Store. Saat pengguna mencoba menjalankan penginstal buat aplikasi desktop, mis. Chrome, fitur ini akan memblokirnya.
Jadi, bila anda ingin memblokir semua aplikasi non windows store silahkan pilih opsi (dua) warn me before installing apps from outside the Store'.

Fitur ini dikendalikan oleh administrator sistem. Kemungkinan akan mendorong poly pengembang menuju Windows Store. Tentu saja, tidak semua pengembang akan bergabung. Hal ini terbukti mengingat macOS telah mempunyai relatif lama toko aplikasi khusus tetapi pengembang masih menciptakan aplikasi di luar macOS store. MacOS memiliki fitur serupa yang diklaim Gatekeeper.

Comments