CARA MEMBERSIHKAN FILE SISA UNINSTALL PC / LAPTOP MENGHAPUS FILE SISA UNINSTALL CARA MEMBERSIHKAN FILE SISA UNINSTALL LAPTOP TANPA SOFTWARE

Hai kawan, kali ini saya sedikit share pengalaman soal cara membersihkan arsip residu uninstall pada PC atau laptop ala CARA FLEXI. Cara menghapus arsip residu unistall ini buat mengembalikan performa personal computer atau laptop bin netbook abangnya notebook. Terlebih lagi untuk anda yg tak jarang bongkar pasang perangkat lunak serta pengen coba-coba software yg belum pernah anda pakai.

Semakin seringkali anda bongkar pasang ( install uninstall ) perangkat lunak maka pada directory C: juga akan semakin menumpuk file - file sisa yg telah nir terpakai lagi. Memang seluruh sudah di uninstall, tetapi setiap software akan meninggalkan file residu pada personal komputer anda. Meskipun kapasitasnya mini namun kalau banyak aplikasi kan jua numpuk banyak.

Efeknya, personal komputer / laptop sebagai lemot, loading lama dan tentunya bikin pening ketua bila mengerjakan tugas wajib dengan cepat. Nah di siini CARA FLEXI akan membuatkan tips cara menghapus file sisa uninstall tanpa perangkat lunak. Yuk pribadi saja:

Buka Menu Registry Editor dengan cara tekan tombol Windows + R atau via start -> run (for XP)

Kemudian ketik REGEDIT

Klik kotak kombo dalam HKEY_CURRENT_USERSoftware

Kemudian cari nama file sisa software yang sudah pada uninstall di folder - folder bawahnya. Setelah ketemu, pilih, lalu klik kanan -> delete.

Setelah file sisa uninstall tidak ada lagi di registry HKEY_CURRENT_USERSoftware selesai, lanjutkan pada direktory HKEY_LOCAL_MACHINE. Caranya sama menggunakan di atas.

Klik kotak kombo yg bertanda + di samping kiri HKEY_LOCAL_MACHINE cari tulisan SOFTWARE

Kemudian cari lagi nama arsip, folder, aplikasi yang di uninstall. Setelah ketemu, pilih, lalu klik kanan -> delete.
Jika mengalami kesulitan mencari nama file, folder, perangkat lunak satu persatu menggunakan cara pada atas. Ada cara membersihkan arsip sisa uninstall tanpa software yg lebih mudah. Anda sanggup memanfaatkan menu search caranya:
Tekan tombol Windows + R buat menjalankan perintah RUN

Ketik REGEDIT

Setelah tab Registry Editor muncul seperti gambar pada bawah ini. Lalu klik dalam My Computer

Tekan Ctrl + F. Kombinasi keyboard ini buat memeunculkan tab SEARCH

Ketikkan nama software yg pada uninstall. Di sini aku akan menghapus file residu uninstall aplikasi browser mozilla sebagai model.

Centang semua kotak kombo pada list Look at dan Match whole string only

Kemudian klik Find Next

Tunggu hingga proses pencarian terselesaikan.

Setelah CPU menemukan arsip Mozilla maka folder tadi akan terpilih menggunakan rona tidak selaras seperti ini

Tinggal delete deh.

Lakukan cara ini ( menggunakan Tab Find ) berulang-ulang sampai CPU tidak lagi menemukan nama perangkat lunak yang anda uninstall.

CATATAN:
  • Layar Registry Editor, ( aku bilang layar biar mudah di pahami bro ) merupakan tempat di mana file - arsip terkecil dari otak personal komputer tersimpan.
  • Harap hati - hati waktu bekerja dengan tab Registry Editor, jangan sampai anda galat menghapus file. Nggak bakal meledak sih akan tetapi apabila anda keliru menghapus maka salah satu atau beberapa bagian komputer anda tidak berfungsi.
  • Jangan mengutak - atik file fungtion yang yg terdapat dalam tab kanan. Tab ini berisi file bahasa komputer yang berupa bilangan biner, oktal dan hexadesimal. Contohnya seperti ini


  • Jika anda secara nir sengaja menghapus, menambah atau merubah angka 0 atau 1 maka arsip tersebut nir dapat berjalan pada komputer / laptop anda alias crash
  • Jika ragu - ragu waktu akan menghapus, terdapat baiknya anda urungkan saja. Dari pada laptop nya error.
Sebenarnya masih banyak cara menghapus dan membersihkan file residu uninstall pada laptop atau komputer tanpa software. Namun kali ini cukup ini dulu yg sanggup aku share. Cara ini merupakan cara manual alias satu persatu, kelebihannya kita bisa sedikit belajar seluk beluk komputer dan nir selalu bergantung pada perangkat lunak.
Artikel lain lihat di Daftar Isi

Sekian saja, terimakasih sudah mampir..

Comments