CARA MEMBEDAKAN CIRI CIRI LELE JANTAN & BETINA

Mengetahui ciri lele jantan dan betina - Budidaya ikan lele masih mempunyai peluang pasar yang terbuka lebar. Kesuksesan budidaya atau pemeliharaan lele tergantung banyak faktor seperti pemilihan indukan (bagi peternak lele yg ingin memijahkan sendiri), pemilihan bibit yg baik dan berkualitas, pemeliharaan, kesehatan kolam serta pemasaran output panen adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan peternak lele.
Nah bagi anda pemula yang ingin merintis bisnis pembibitan ikan lele tentu diharapkan pemahaman tentang bagaimana cara membedakan lele jantan dan betina buat indukan. Sebenarnya pada membedakan jantan betina pada induk lele bukanlah hal yang sulit. Lantaran sebenarnya kita bisa membedakan menggunakan cara melihat indera kelamin lele yang mempunyai perbedaan yg sangat mencolok.
Kebanyakan para pemula merasa kesulitan buat membedakan induk lele jantan dan betina karena mereka nir eksklusif terjun kelapangan dan melihat pribadi bentuk fisik dan alat reproduksi dalam lele. Nah kali ini tim Tips & cara akan menyebarkan sedikit tips tentang bagaimana cara membedakan lele jantan dan betina menggunakan mudah dan berikut penjelasannya.

Ciri lele jantan & betina berdasarkan bentuk tubuhnya
Ikan lele jantan cenderung memiliki bentuk tubuh yang lebih langsing dibandingkan dengan bentuk tubuh ikan lele betina yg lebih pendek serta kelihatan gemuk. Biasanya bagi para pemula merupakan suatu hal yang sulit untuk membedakan melalui bentuk tubuhnya bila nir hanya memakai satu ekor saja. Untuk itu sebaiknya sine qua non beberapa ekor ikan lele, supaya sanggup sanggup sebagai perbandingan.

Apabila dibandingkan dengan lele betina, ikan lele jantan mempunyai ketua yang lebih mini memanjang menurut ikan lele betina. Lele betina cenderung memiliki bentuk kepala yg lebih akbar dan pendek.
Juga bila diperhatikan, ikan lele jantan memilikai rona kulit dada yang lebih gelap dibanding dengan lele betina. Kulit Pada induk lele jantan lebih Kasar sedangkan pada induk betina berkulit halus.
Ciri lele jantan & betina berdasarkan bentuk kelaminnya

Ikan lele jantan memiliki bentuk kelamin (Urogenital papilla) yg cenderung memanjang atau menonjol kearah belakang, terletak pada bagian bawah anus dan memiliki warna yang agak kemerahan. Sedangkan dalam ikan lele betina memiliki bentuk kelamin (Urogenital papilla) serupa lonjong atau menyerupai daun serta terdapat lubang yang agak lebar dan berwarna relatif kemerahan atau merah pucat gelap.
Ciri lele jantan & betina berdasarkan gerakannya
Apabila dilihat berdasarkan gerakannya lele jantan cenderung lebih lincah berdasarkan lele betina, itu ditimbulkan karena bentuk tubuh ikan lele jantan lebih langsing serta jua bersifat lebih agresif menurut ikan lele betina.
Nah itulah sedikit penerangan bagaimana cara membedakan lele jantan dan betina buat pemula. Semoga berguna serta terima kasih sudah berkunjung ke web blog ini.

Comments