CARA MEMASANG STOP KONTAK SWITCH SAKLAR DAN FITTING LAMPU

Panduan Dasar Tekhnik Instalasi Listrik Memasang Stop Kontak Switch (saklar) Dan Fitting Lampu-Pada dasar nya kabel listrik (Kabel PLN) dari tiang listrik ke Kwh (kilo watt-hour) hanya terdapat dua yaitu fase (arus listrik positif) L serta Netral (arus listrik negatif) N. Lalu berdasarkan manakah tiba nya kabel ground? Kabel Grounding (pembumian) merupakan kebel safty atau kemanan yang di pasang sang seorang instalatir lisrik. Dengan menancapkan batang rod (btg tembaga) kedalam tanah dengan kedalaman 1.lima sampai 2 meter, kemudian pada hubungkan menggunakan kabel tembaga dan di salurkan ke kwh dan semua stop hubungan yang ada di seluruh ruangan pada dalam tempat tinggal . Apakah fungsi gruond itu? Groung berfungsi menjadi penangkap Induksi Listrik (loncatan arus listrik) pada suatu instalasi listrik lalu menyalurkan nya ke dalam tanah (bumi). Itu merupakan garis akbar pengertian Grounding. Aku nir akan menyebutkan lebih tentang grounding pada artikel ini. Karena artikel Panduan Dasar Tekhnik Instalasi Listrik ini akan membahas mengenai:
  • Cara memasang stop kontak
  • Cara memasang sakelar dan fitting lampu
Setelah membaca penjelasan pada atas maka aku akan rincikan dasar dasar instalasi listrik Cara memasang stop kontak, Switch (Saklar) dan lampu.

Cara memasang stop kontak-Tekhnik Instalasi Listrik

Perhatikan gambar pada atas L merupakan fase arus listrik positif dan N adalah netral arus listrik negatif dan ground pada tandai sang symbol misalnya terlihat pada gambar. Titik bullet hitam symbol penyambungan kabel instalasi. Dalam bagian belakang stop kontak terdapat symbol electrik L N serta Symbol Grounding. Sebelum nya buat ke amanan matikan breaker dalam meteran kemudian pasang ketiga kabel yaitu fhase, netral serta kabel grounding sesuai menggunakan symbol yang terdapat dalam bagian belakang stop hubungan pasang serta kencang kan baut memakai obeng gampang bukan???

Cara memasang saklar dan fitting lampu-Tekhnik Instalasi Listrik

Bagi pemula kebanyakan masih galau cara memasang Switch (Saklar) mereka beranggapan bahwa dalam Switch (Saklar) terdapat 2 kabel yaitu L serta N. Padahal sebenarnya tidak!!! Pada Switch (Saklar) hanya masih ada satu kabel yaitu fhase (arus listrik positif) L. Switch (Saklar) hanya berfungsi sebagi pemutus arus listrik positif (L) dan penghubung saja. Sedangkan pada fitting lampu terdapat 2 kabel yaitu netaral serta fhase misalnya terlihat pada gambar.
Hubungkan kabel menurut asal arus lisrtik posotif (fhase) pada Switch (Saklar) kemudian hubungkan ke fitting lampu. Setelah kabel (L) terpasang ke fitting lampu hubungkan pula arus listrik negatif (N) Juga ke fitting lampu.
Sebenar nya terdapat aturan tambahan buat memasang fitting lampu. Tetapi apabila penerangan pada bawah ini membingungkan biarkan saja nir kasus pasang kabel L serta N sembarang dalam fitting lampu.
Perhatikan gambar di bawah ini. Lidah yg masih ada dalam bagian pada fitting lampu buat kabel L arus listrik positif. Pengecap tersebut tersambung pada bagian belakang. Tempat mengikat kabel. Perhatikan lidah tadi menunjuk ke sebelah mana. Apabila lidah tersebut mengarah ke sebelah kiri, maka lubang baut sebelah kiri tadi loka memasang/ mengikat kabel L arus listrik positif serta selah kanan buat N.

Hal ini perlu di perhatikan agar saat mengubah bola lampu anda nir tersetrum atau tersengat listrik. Karena arus positif berada pada bagian pada fitting. Demikian penjelasan saya mengenai Panduan Dasar Tekhnik Instalasi Listrik-Cara memasang stop hubungan serta Cara memasang sakelar dan fitting lampu. Tinggal kan komentar pada bawah ini pada kotak blogger koment bila ada pertanyaan.

Comments