CARA MEMASANG SAKLAR DUA ARAH TWO WAY SWITCH

Pagi ini aku akan menyebutkan bagaimana cara memasang switch 2 arah atau saklar tukar "2 saklar 1 lampu" dengan diagram lengkap. Memasang switch dua arah (Two way switch) misalnya ini umumnya seringkali terdapat pada switch lampu tangga serta switch kamar hotel, Tujuannya untuk memudahkan penghuni rumah mematikan/menyalakan lampu dari 2 tempat tidak sama (Two way switch).
Hotel, ruko juga tempat tinggal bertingkat sangat efesien apabila di pasangi switch lampu yg bisa pada kontrol melalui dua arah seperti ini atau 2 saklar 1 lampu. Saat penghuni tempat tinggal berada pada atas atau pada bawah beliau bisa mematikan serta menyalakan lampu tanpa harus mondar-mandir naik-turun tangga.

Sebagian elektrikal menyebut switch dua arah ini sebagai saklar hotel serta saklar tukar lantaran memang switch 2 arah ini tak jarang pada pasang di hotel. Sebagai seseorang instalatir alangkah baiknya bila kita menyarankan switch dua arah (kontrol lampu berdasarkan 2 arah) seperti ini pada konsumen.
Terkadang konsumen nir terlalu mengerti bahwa satu lampu dapat di pasang dengan 2 saklar. Maka kita lah yang memperlihatkan terlebih dahulu sekaligus memamerkan keahlian kita sebagai electrical propesional.
Bagaimana Cara Memasang Switch Dua Arah "Dua Saklar Untuk Satu Lampu"?

Mudah saja ikuti "langkah langkah cara memasang switch dua arah (Two way switch)" berikut ini. Pertama aku akan jelaskan komponen material memasang switch 2 arah, adapun material yang wajib pada sediakan merupakan:
  1. Dua unit switch silang (saklar hotel)
  2. Satu unit fitting lampu
  3. Kabel NYA hitam serta merah secukupnya
Agar lebih mudah memhami cara memasang switch dua arah /switch two way /saklar tukar /saklar hotel saya telah sedikan diagram skema rangkaian switch 2 arah (2 saklar 1 lampu). Perhatikan diagram gambar cara memasang switch 2 arah pada bawah ini. Pada instalasi listrik hotel switch (saklar) 2 arah ini umumnya pada pasang satu switch di dalam kamar hotel dan satu switch di luar kamar supaya pengunjung mudah mematikan/menyalakan lampu menurut mana saja.
Saya harap anda dapat belajar dari artikel cara memasang switch dua arah "2 saklar 1 lampu" ini. Bila anda galau, jangan sungkan buat meninggalkan pesan/komentar pada kolom yang sudah di sedikan.

Baca Juga:

Note: Untuk Blogger/webber dilarang keras mengcopy artikel Cara memasang switch dua arah 2 saklar buat 1 lampu ini. Hargailah karya orang lain supaya karya anda pula di hargai orang lain.

Comments