CARA MEMASANG PANEL LISTRIK 3 PHASE KWH METER

Instalasi Panel App Kwh Listrik tiga Phase - Perkembangan dunia Electric sudah berkembang pesat pada era zaman sekarang keterikatan technology canggih menggunakan kehidupan manusia semakin sulit buat di sisihkan, sehingga kebutuhan manusia terhadap Energy Listrik terus semakin tinggi. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menyebutkan "Cara Memasang Panel Dan Kwh Listrik 3 Phase" barangkali terdapat electrical lainnya yang ingin mencoba belajar instalasi listrik tiga phase dan cara memasang panel kwh 3 phase.
Dalam system listrik 3 phase terdapat istilah rstn bagi sobat yang belum tahu pengertian rstn dalam system listrik tiga phase dapat mempelajari nya pada artikel saya yang sebelumnya RSTN Pada Meteran Listrik tiga Phase (Kwh tiga Phase) sementara saya akan melanjutkan pembahasan tentang rangkaian panel listrik 3 phase. Untuk berhemat ketika eksklusif saja lihat gambar diagram panel listrik tiga phase yang sudah aku sediakan pada bawah ini.
Komponen panel listrik 3 phase yang wajib di siapkan sebelum merakit panel listrik tiga phase merupakan menjadi berikut:
  1. Satu Unit Panel Listrik 3 Phase
  2. Satu Unit MCB tiga phase dan MCB single phase
  3. Lima Batang Plat Konduktor
  4. Satu set Modem Untuk Pembaca Kwh (Meteran Listrik)
  5. Kabel 16 mm Merah, Kuning, Hitam serta Biru secukup nya
  6. Sediakan pula sepatu kabel sinkron ukuran kebel yg di pakai.
Jika material komponen panel listrik 3 phase telah langkah selanjut nya adalah merakit panel listrik tiga phase. Apabila anda adalah Contractor listrik PLN panel listrik 3 phase sudah tersedia serta sudah tersusun rapi rapikan letak plat konduktor dan komponen panel listrik 3 phase lainnya hanya tinggal memasang kabel rangkaian panel listrik 3 phase, beberapa sepatu kabel dan baut tentunya.

Petunjuk Cara Pemasangan Panel Listrik 3 Phase

  1. Kabel SR 4x16 mm milik PLN memiliki ciri atau kode khusus sebagai penentu RST dan N. Jika di raba dengan jari kabel SR memiliki sirip atau garis halus di sepanjang kabel. Kabel SR dengan satu garis adalah R, Kabel SR dengan ciri dua sirip/garis pada kulit kabel adalah S, Kabel SR dengan ciri tiga garis adalah T dan N di tandai dengan kabel SR polos tanpa terdapat garis pada kulit kabel.
  2. Pasangkan sepatu kabel pada ke empat ujung kabel SR serta bautkan ke masing masing Plat Konduktor pada Panel Listrik 3 phase.
  3. Pasangkan juga kabel RSTN berdasarkan plat konduktor menjadi Input arus listrik tiga phase ke stand meter atau meteran listrik.
  4. Lubang nomer satu pada kwh 3 phase merupakan Input kabel R dan lubang 2 adalah Output kabel R, Lubang 3 Input kabel S dan Lubang 4 Output kabel S. Begitu seterus nya sampai kabel N (Netral) jika anda gundah saya akan gunakan bahasa lain "Lubang Ganjil adalah Input (Arus Masuk) serta Lubang Genap merupakan Output (Arus Keluar). Perhatikan contoh diagram panel listrik tiga phase diatas dan ikuti sinkron pada gambar.
  5. Kabel Output RST menurut kwh di hubungkan dalam MCB tiga Phase sebelum akhirnya di aplikasikan ke instalasi gedung/Panel Listrik pada Gedung.
  6. Output N (Netral) pada hubungkan ke Plat Konduktor sebelum di hubungkan ke panel pada gedung.
  7. Plate konduktor itu sendiri pada fungsikan sebagai penghantar arus listrik yg kondusif serta tahan terhadap panas.
  8. Terakhir Pasangkan Modem kwh 3 phase sesuai petujuk gambar yg tertera pada kotak pembungkus modem. Jenis modem yg tidak sinkron biasanya juga tidak selaras cara koneksinya. Rangkaian modem kwh pada atas hanya sebagi model saja. Modem itu sendiri di fungsikan sebagai pembaca dan pengirim data kinerja kwh ke tempat kerja PLN.
Selesai...!!! Tidak terasa telah pukul 1:30 malam semoga artikel Cara Memasang Panel Listrik 3 Phase ini bermanfaat. Aku fikir kini seluruh electrical sudah bisa merakit panel listrik tiga phase. Hal yg paling penting merupakan ke hati hatian serta ke telitian dalam proses pengerjaan instalasi panel listrik 3 phase ini.

Comments