CARA MEMASANG KWH METER 1 PHASE TERBARU

Kwh meter 1 phase memiliki poly merek dan type adapun tutorial "Cara Memasang Kwh Meter 1 Phase" kali ini merupakan kwh meter 1 phase modern keluaran tahun 2017 menggunakan brand smart meter (Kwh Pintar). Pengawatan kwh 1 phase umum nya serupa dengan kwh meter 1 phase lainnya seperti kwh meter 1 phase digital dan kwh meter 1 phase analog hanya sedikit berbeda sedikit saja pada tata letak. Saya jelaskan sedikit mengenai pengertian kwh meter 1 phase dalam bahasa inggris kwh 1 phase pada sebut dengan 1 phase dua wire static kwh meter artinya kwh yang memakai 1 line arus listrik positif (Phase) serta satu kabel Netral. Apabila masih galau kwh satu phase itu yg ada di tempat tinggal . Tapi perlu pada ingat tidak semua tempat tinggal menggunakan Kwh 1 phase ada pula yg memakai kwh tiga phase buat rumah, Biasanya tempat tinggal mewah sih orang kaya punya.
Baik kita pulang ke pembahasan Cara Memasang Kwh Meter 1 Phase, saya telah mendeskripsikan tekhnik pemasangan kwh 1 phase ini ke pada sebuah gambar di sertai dengan tekhnik pengawatan kwh meter 1 phase tadi. Wiring diagram kwh meter 1 phase  pada bawah ini juga mengungkapkan system grounding kwh satu phase. Harap perhatikan menggunakan baik serta perlahan agar tidak galat memahami rangkaian kwh meter 1 phase ini, karena saya bukanlah pakar menggambar yg baik.
Kabel SR (Kabel PLN) berdasarkan tiang listrik yang masuk ke kwh 1 phase hanya ada 2 yaitu Phase dan Netral. Berbeda menggunakan kwh tiga phase yang input nya terdiri menurut empat kabel yaitu RSTN. Kabel SR hitam memiliki ciri berupa sirip/garis halus di sepanjang kabel adalah Phase (Arus Listrik Positif) serta kabel SR polos adalah Netral (Arus Listrik Negatif). Kedua kabel tersebut adalah Input kwh meter 1 phase.
Pada wiring diagram kwh meter 1 phase diatas input kwh 1 phase pada tandai dengan huruf (L) dan di sebelah nya merupakan Output jua pada tandai menggunakan huruf (L). Output kwh 1 phase di hubungkan ke Input MCB (Miniature Circuit Breaker) serta di keluarkan ke melalui Output MCB sebagai line jaringan instalasi listrik. Sedangkan Netral yg pada hubungkan ke jaringan instalasi listrik berdasarkan kwh 1 phase tidak melalui mcb.
Umumnya pada jaringan instalasi lisrik tempat tinggal terdapat panel / box breaker, ketiga kabel output misalnya terlihat dalam gambar diagram kwh meter 1 phase pada atas yaitu kabel Phase, Netral dan Ground pada hubungkan ke box breaker terlebih dahulu sebelum akhirnya pada hubungkan ke rangkaian instalasi listrik rumah. Sobat bisa menyelidiki nya disini Cara Merakit Kabel MCB (Mini Circuit Breaker)

System Ground Kwh 1 Phase

Pembumian atau Grounding kwh 1 phase tidak begitu sulit, dalam gambar wiring diagram kwh meter 1 phase pada atasa ground di tandai menggunakan alfabet (G) dan di tandai menggunakan kabel berwarna hijau.
Kabel Earth (Grounding) berdasarkan tanah / bumi di hubungkan atau pada bautkan ke papan kwh satu phase. Kemudian berdasarkan papan kwh 1 phase yang terbuat dari besi pipih tersebut di baut kan satu lagi kabel ground serta pada hubungkan ke kwh meter 1 phase serta buat ground jaringan instalasi listrik rumah perhatikan gambar diagram Cara Memasang Kwh Meter 1 Phase pada atas.
Jangan lupa buat mengupas kulit kabel ground sebelum membautkan nya ke papan kwh 1 phase. Di batam, Papan kwh 1 phase tersebebut di namai dengan OKA (OK). Jangan heran melihat kedua kabel ground pada gambar diagram pada atas. Pada wiring diagram kwh meter 1 phase diatas kedua kabel ground nir terhubung. Tetapi sebenarnya itu sudah terhubung, Papan kwh 1 phase yg terbuat dari besi pipih menjadi konduktor (Penghantar Arus Listrik) Grounding. Jadi meski terlihat terhubung sebenarnya OK tadi telah menghubungkannya. Demikian Cara Memasang Kwh Meter 1 Phase

Comments