CARA MEMASANG ELCB EARTH LEAKAQUE CIRCUIT BREAKER

Cara Memasang ELCB - ELCB merupakan singkatan dari (Earth Leakaque Circuit Breaker), ELCB pada sebut juga dengan istilah RCD (Residual Current Device). Adapun kegunaan ELCB itu sendiri adalah sebagai pengaman pada suatu rangkaian instalasi listrik. Maka penting buat memasang ELCB serta pada instalasi listrik. ELCB akan secara otomatis mendeteksi kebocoran arus listrik dan kontak body. Di indonesia sendiri pemasangan ELCB dalam instalasi listrik rumah masih sangat jarang pada pakai, kemungkinan akbar lantaran harga elcb yg relatif mahal.
Saya paling senang bicara cara pasang memasang komponen listrik misalnya elcb ini. Cara memasng elcb sebenarnya sangat gampang, apabila anda telah lama menjadi electrikal penerangan cara memasang elcb bisa di simpulkan menggunakan sederhana "Hubungkan Konduktor Phase dan Netral ke Input ELCB terlebih dahulu serta keluarkan Phase serta Netral melalui Output ELCB lalu hubungkan konduktor (kabel) ke kabel instalasi" tetapi apabila anda merupakan electrical pemula anda dapat mengikuti gambar panduan cara memasang ELCB pada bawah ini.
Keterangan Gambar Skema Rangkaian pemasangan ELCB Dan MCB 
  1. Saya memakai MCB 2 Pole menjadi switch primer Rangkaian ELCB dan MCB
  2. Phase dan Netral dari Kwh meter pada hubungkan ke Input MCB 2 Pole serta Output Phase serta netral dari MCB dua Pole pada hubungkan ke Input ELCB (Earth Leakaque Circuit Breaker)
  3. Kabel Netral berdasarkan Output ELCB di hubungkan langsung keterminal Netral
  4. Sedangkan Kabel Phase (Arus Listrik Positif) menurut Output ELCB di hubungkan ke MCB single pole kemudian pada jumper ke masing masing Input MCB single pole
  5. Keluarkan kabel phase berdasarkan masing masing output MCB single pole sebagai link arus listrik positif yang siap di pasangkan ke jaringan instalasi listrik misalnya stop kontak switch serta lainya
  6. Begitu juga menggunakan Link Netral dan Link Grounding.
Seperti yg telah di jelaskan di atas ELCB merupakan Perangkat Instalasi Listrik yg berfungsi buat mendeteksi arus listrik yg tidak seimbang antara penghantar phasa serta netral yg disebabkan oleh arus lebih atau arus bocor/ melalui hubungan badan. Maka dari itu Cara Pasang ELCB /  RCD (Residual Current Device) wajib dilakukan dengan baik dan benar dan rangkaian instalasi listrik jua harus benar sahih baik/bagus.
Memasang ELCB sanggup di mana saja tidak wajib dalam Box / Panel MCB, Sebagai contoh cara memasang elcb pada water heater, ELCB buat water heater bisa di pasang di kamar mandi atau bagian luar kamar mandi akan tetapi tentu nya pakai box sendiri izin rapi. Dengan demikian bila kabel konduktor melalui ELCB terlebih dahulu sebelum pada pasangkan dalam saklar waterheater tentu lebih aman. Karena kamar mandi merupakan area yg sangat sensitif buat pada pasangi listrik. Demikian saja penjelasan mengenai "Cara Memasang ELCB" semoga berguna.
Selain ELCB terdapat pengaman instalasi listrik jenis lainnya seperti RCD (Residual Current Device) atau RCCB yang pada dasarnya mempunyai kesamaan fungsi serta cara kerja. Semua itu adalah perkembangan global electrical yang terus di perbaharui oleh orisinil pabrik, Tetapi apabila kita tidak mau mengikuti perkembangan tadi maka mampu di katakan kita sudah gagal sebagi Electrical.

Comments