CARA MEMASANG AC RUMAHAN AC SPLIT

CARA PASANG AC SPLIT DENGAN MUDAH


Pada postingan kali ini akan saya jelaskan cara memasang AC Split atau AC rumahan.

Mengapa AC Split disebut menggunakan AC rumahan ?
AC model satu ini sangat mudah dan cocok buat pemakaian dirumah, lantaran disamping mudah cara memasangnya juga memakai daya listrik relatif kecil sebagai akibatnya cocok buat dipasang pada tempat tinggal khususnya kamar Anda.

Untuk cara memasang AC split ini akan aku jelaskan disini, namun sebelumnya siapkan alat-indera kerja buat memasang AC Split.

Alat kerja memasang AC Split
  1. Obeng
  2. Tang
  3. Kunci pas
  4. Kunci inggris
  5. Kunci L
  6. Pukul besi
  7. Meteran
  8. Water pas
  9. Bor listrik dan mata bor beton
  10. Manifol bersama selang
  11. Cutter pipa / pemotong pipa gas
  12. Flarring
  13. Gas freon

Untuk memasang AC baru, sebaiknya Anda menyuruh pihak toko AC buat memasang agar bila terjadi sesuatu gampang buat mengurus garansi AC tadi.

Membeli AC baru belum tentu kondisinya cantik, bisa saja kita menerima produk yg stigma atau rusak, agar gampang buat menukar AC apabila nir sinkron / rusak, usahakan pakai jasa layanan pasang dalam toko yang Anda beli.

Untuk Anda yg mau pasang AC split sendiri sanggup coba caranya sebagai berikut :

Buka kardus yg berisi AC split tersebut, periksa apasaja yg ada didalam perangkat AC tersebut, biasanya didalamnya selain AC bagian INDOOR serta OUTDOOR Terdapat brecket buat menempelkan AC didinding bersama remote, kabel power bersama batu batrey dan kitab garansi. Ada sebagian AC yang telah dilengkapi pipa AC buat menghubungkan gas freon menurut indoor ke outdoor beserta baut nut yang menempel pada AC tersebut.

Tentukan loka pemasangan unit AC Split

Menentukan tempat buat memasang AC, Sebaiknya memasang antara INDOOR serta OUTDOOR jangan terlalu jauh. Untuk AC Split ukuran 1/dua hingga 1 pk usahakan jangan lebid dari 7 meter, karena akan mengurangi tingkat kedinginan AC tadi.

Tempat ideal memasang AC split merupakan Indoor berada pada kamar sedangkan letak outdoor di loka kembali dinding sebelah luar dan memiliki letak ketinggian yg sama.

Langkah-langkah memasang AC Split

Sesudah menentukan tempat, kemudian copot brecket indoor yg melekat pada belakang unit Indoor lalu pasang dan tempel dengan kuat pada dinding.

Sesudah brecket menempel dalam dinding, kemudian siapkan unit indoor buat menempatkan pipa dan selang pembuangan air beserta kabel buat power serta kabel untuk menuju outdoor. Untuk memasang kabel mampu anda lihat pada kitab pedoman.

Langkah selanjutnya selesainya pipa gas, selang air dan kabel menuju unit outdoor dibungkus jadi satu, selanjutnya mengukur besarnya lubang dinding sesuai menggunakan besarnya pipa yg dibungkus, umumnya lubang dinding menggunakan diameter 5-6 centimeter.


Lalu tambahkan pipa kelubang serta pasang unit inddor AC menempet pada brecketnya.

Pasang brecket outdoor bersama unit outdoor AC, kemudian siapkan pipa penghubung gas freon menurut unit indoor ke outdoor.

Masukkan baut nut pada ujung pipa dan flerring

Jangan sampai pecah buat flerring pipa, lantaran mampu mengakibatkan gas freon bocor

Hubungkan serta kencangkan baut nut pada ke 2 pipa outdoor dan indoor, hubungkan kabel outdoor. Pasang kabel power pada listrik.

Pasang selang dan manifol pada pipa pengisian dan buka kran manifol.

Bila buat pemasangan unit AC bekas usahakan vakum sebelum gas freon dibuka, buat unit baru cukup buka kran pipa discharge ( pipa kran yang kecil, sehabis gas dibuka maka kran manifo pribadi pada tutup selesainya gas keluar pada ujung selang yg lainnya.

Buka kran pipa suction atau pipa yang lebih besar , hidupkan unit AC.

Untuk tekanan gas dilihat menurut jarum manifol, tekanan normal pada waktu unit AC di hidupkan serta sudah dingin lebih kurang 60-65 psi, jadi kurangi / buang gas freonnya bila melebihi ukurannya, serta jika gas kurang dari 60-65 psi, tambah gas freonnya.

Sesudah unit beroperasi serta syarat sudah dingin, tekanannya gas freon sudah normal, segera lepas selang manifol lalu tutup pipa pengisian.

Ingat....!!! Untuk melepas selang manifol dalam pipa pengisian AC wajib keadaan hayati, jika keadaan AC meninggal maka tekanan gas akan sangat besar dan berbahaya jika menyemprot mengenai anda.

Demikian cara memasang Unit AC Split, semoga bisa membantu anda dalam memasang unit AC Split.

Comments