CARA MELEPAS TRAFO FERIT BEKAS SWICTHING TV

Salam Jumpa,
Pada artikel perdana ini aku akan mencatat eksperimen aku tentang cara melepas trafo ferit bekas switching tv. Oh iya, artikel ini bukan merupakan suatu tuntunan atau tutorial karena aku nir begitu paham menggunakan global elektro sebagai akibatnya dalam artikel ini sifatnya hanya sebagai catatan mengenai apa yang pernah saya lakukan.
Oklek, nggak usah banyak kata yg penting tunjeb pion saja tentang cara melepas trafo ferit bekas switching tv.
Awalnya aku mendapatkan, atau lebih tepatnya nemu kit PCB bekas PSU compi jadul. Pikir aku , sayang banget bila wajib di buang. Akhirnya aku bawa pulang dan aku tumpuk begitu saja pada gudang. Beberapa hari kemudian rekan kerja spesialis elektro sedang membongkar TV milik kantor yang rusak. Ngobrol-ngobrol akhirnya 1 kit TV bekas itu di kasih ke saya.
Buat apa? Pikir aku . Teman tersebut menyarankan buat mengambil trafo ferit dan flyback nya buat pada rol ulang. Kalau beli mahal ucapnya.
Nah pada saat saya mencoba merakit power OCL baru kepikiran mengenai power supply yang memiliki daya akbar. Pakai apa? Yang kentara bila ingin daya besar harus pakai trafo dangan ampere akbar dan itu merupakan saya wajib mengambil kocek relatif tebal untuk membeli trafo donat.
Muncul pertanyaan, ada nggak sih cara lain selain trafo donat? Kata rekan saya, ada. Itu saja gunakan trafo ferit bekas switching TV kemarin, pungkasnya. Trus gulungannya gimana? Ya di gulung ulang sesuai daya yang di inginkan, jawabnya.
Whuahhh.. Ini ni... Tantangan baru. Mbah gugel saya kurek - kurek izin ngasih berita mengenai bagaimana cara melepas trafo ferit bekas switching TV supaya nir rusak. Soalnya ga mungkin pada getok, jangankan di getok, di cungkil pake obeng saja dah hancur feritnya.
Akhirnya di sini aku rangkum dari banyak sekali gosip yg sudah saya dapat bagaimana cara melepas trafo ferit bekas switching tv, lanjut lah, kelamaan:
  • Pastinya syarat trafo ferit sudah terlepas dari kit PCB. (GB merupakan ferit PSU compi, gambaran saja)
 

  • Setelah trafo ferit bekas switching terlepas, silakan rebus air pada dalam panci. Buat apa? (bikin kopi dulu... Heee) bukannn... Pokoknya rebus air dulu sampe mendidih.
  • Setelah air mendidih, masukkan trafo ferit bekas switching itu pada dalamnya. Kayak ngrebus ubi lah pokoknya.

Tunggu sekitar lima mnt. Stelah itu selangi masih panas, ambil trafo memakai tang buaya. Jepit badan ferit dan cungkil ferit permukaan menggunakan obeng min tipis. Lebih rupawan obengnya bagian ujung relatif lebar. Pelan- pelan saja, jangan pada paksa. Soalnya dalam kondisi panas, ferit sangat gampang patah. 
  • Jika masih sulit, tambahkan pulang ferit tadi ke pada air mendidih alias rebuh lebih usang lagi. Jika sudah relatif panas, sirlak akan rontok menggunakan sendirinya dan trafo akan mudah untuk di lepas.
Nah udah tau kan cara melepas trafo ferit bekas switching tv ?! Satu lagi. Sampeyan mampu pakai tinner B (tinner yg biasa pada jual pada toko material. Rendem aja trafo feritnya ke dalam tinner beberapa mnt, makin lama makin gampang copot. Caranya sama, selesainya pada rendem cungkil menggunakan obeng. Sekali lagi jangan pada paksa bro.
wis relatif sekian.

Comments