CARA MELEPAS DAN MEMASANG RAM PADA MOTHERBOARD KOMPUTER

Kawan, teknologi makin hari makin pesat. Jika dulu gadget semacam pager merupakan suatu indera komunikasi sangat glamor sebelum adanya handphone, kini pager sudah nir ada lagi yg kenal serta adalah indera komunikasi antik ketinggalan jaman serta bahkan ada yg menyebut katrok.. Hee.. 

Tetapi ada satu yang tidak sanggup di sebut kuno ataupun katrok yaitu personal komputer . Komputer meskipun kini gaungnya redup menggunakan bermunculannya banyak sekali macam jenis laptop,netbook atau notebook *terserahlah nyebutnya apa* baru yg terkesan simple pada tambah dengan keluarnya aneka gadget yg lebih ramping lagi makin menciptakan personal komputer jauh tertinggal. 

Namun jangan galat kawan, kepiawaian laptop serta handphone - handphone canggih tetap tidak sanggup mengungguli kemampuan komputer buat mengerjakan pekerjaan digital yg cukup bahkan sangat berat. Komputer ibarat sebuah robot yg sanggup di sesuaikan perangkat-perangkatnya dengan jenis pekerjaan yg akan pada kerjakan. Salah satunya merupakan RAM, Random Access Memory sebuah personal komputer bisa di upgrade menyesuaikan kebutuhan dengan gampang. Nah taukah anda bagaimana cara memasang RAM dalam motherboard personal komputer ?

Baca jua :

Pastinya yang jago komputer tulisan ini terbilang basi ya tapi nggak apa-apa buat mitra-kawan yang belum tau serta kebetulan nyasar pada sini, cara flexi akan berbagi tips cara gampang memasang RAM pada motherboard komputer.
  • Pertama yg wajib pada lakukan pastinya mencabut unit komputer dari stop kontak PLN. Biar kondusif.. Pastikan kabel-kabel AC PLN CPU dan monitor terlepas semua dari stop kontak.
  • Kemudian lanjut dengan membuka cover PC (Personal Computer) atau yg biasa pada sebut 'CPU' tersebut dengan melepas dua sekrup pada sisi belakang. (Biasanya cover sebelah kiri)
  • Setelah cover terbuka, yang terlihat pada sana pastinya sebuah papan yg menempel dengan poly 'ornamen' *hehee..* aneh-aneh plus kipas di atas plat terali. Bagi yang belum tau, itulah papan induk atau emaknya papan komputer alias motherboard. Lihat pada sisi dekat kipas yg menempel di kisi-kisi alumunium pendingin, pada sana ada plat tipis berdiri dalam soket serta pada jepit kanan kirinya, itulah yang di namakan RAM.
  • Cara melepas RAM berdasarkan motherboard merupakan dengan menekan penjepit RAM sebelah kanan serta kiri. Jangan takut kesetrum soalnya CPU sudah tidak terhubung menggunakan listrik PLN. Ini relatif berat, jikalau susah menggunakan jari telunjuk, bisa menggunakan memakai jempol. Apabila ke 2 pin pengunci kanan dan kiri terbuka tinggal ambil deh RAM nya.
  • Nah berdasarkan pada bongkar CPU cuma pengen tau cara melepas dan memasang RAM saja, mendingan sekalian di bersihin. Gimana caranya? Cukup gampang, buat bodi RAM sanggup memakai kuas atau sikat gigi dah kalau alasan nggak punya. Dengan catatan: Sikat giginya wajib kemarau banget nggak boleh basah sama sekali, lembab pun nggak boleh. Untuk bagian logam tembaga yg pinggir, sanggup menggunakan penghapus pensil buat membersihkannya.
  • Perhatikan dalam deretan logam tembaga, pada sana masih ada coakan. Coakan tadi adalah penanda agar pemasangan RAM dalam motherboard nir terbalik, sekaligus sebagai indikasi tipe RAM yg di pakai, misanya DDR, DDR2,DDR3 serta seterusnya.
  • Lalu bagaimana cara memasang RAM pada motherboard personal komputer lagi? Ya tinggal kebalikan cara melepas RAM tadi to ya. Pastikan dulu pin pengunci RAM kana dan kiri pada posisi terbuka.
  • Posisikan coakan RAM yg di sebut tadi dalam soket motherboard menggunakan tepat. Jangan terbalik. Perhatikan soket yg menempel dalam motherboard, pada sana jua terdapat ganjalan bukan?! *kalo ndak kelihatan pake senter* Nah jika pasang RAM nya terbalik maka RAM tadi nir sanggup masuk. Jika pada ukur gunakan penggaris akan terdapat disparitas panjang antara sisi kiri dan sisi kanan coakan.
  • Setelah itu, silakan tekan bilah RAM tersebut sampai pin pengunci RAM pada sisi kanan serta kiri berbunyi 'KLIK' adalah Ram tadi telah menempelkuat pada soket motherboard dan telah pada kunci dalam sisi kanan serta kirinya. Sehingga RAM komputer tersebut tidak akan berkecimpung lagi meskipun terkena getaran.
Gimana? Ndak sulit kan cara melepas dan memasang RAM pada motherboard personal komputer ?! Pastinya lebih gampang mengusut PC berdasarkan pada laptop *eh laptop PC jua kan ya?* Maksudnya nggak seribet laptop,netbook,notebook serta bala kurawanyalah. Wokeh sampai pada sini dulu kita,. Gambarnya nanti menyusul... Masih belum ketemu di simpan pada mana. Lupa.
Eh iya, lupa jua kan?! Artikel ini hanya cara melepas dan memasang RAM dalam motherboard saja kawan, bukan cara mengganti RAM atau cara meng- upgrade RAM komputer ya,. Sekali lagi hanya cara melepas dan memasang. Kalau cara mengubah atau cara meng- upgrade RAM personal komputer , nanti akan pada bahas dalam topik spesifik, ada hal-hal yang harus di perhatikan sebelum ganti atau upgrade RAM. Atau?! Browsing saja dulu.. Poly yang sudah bahas soal upgrade RAM.
Sampai pada sini dulu serta..... Salam!



Comments