CARA KIRIM DATA DAN CARA MELIHAT PROGRES PENGIRIMAN DATA DI APLIKASI PMP

Cara Kirim Data dan Cara Melihat Progres Pengiriman PMP

Aplikasi PMP ini adalah sebuah pelaksanaan yang bersipfat komponen opsional (add ons/pengaya) berdasarkan aplikasi dapodik. Maka aplikasi PMP akan bisa bekerja atau berjalan apabila dikomputer kita telah di instal aplikasi Dapodik. Makanya kita seringkali menerima masalah apabila kita update dapodik,sedangkan pelaksanaan PMP nya belum pada update, secara otomatis pelaksanaan PMP nir mampu berjalan lantaran berbeda versi dengan Aplikasi Dapodiknya. Saya sarankan apabila akan meng update pelaksanaan PMP lebih baik dilakukan backup data dulu, sanggup di lihat pada  Cara Backup Data Pada Aplikasi PMP

Dengan demikian data pada Aplikasi PMP merupakan data yang terdapat pada Aplikasi Dapodik. Jadi jumlah PTK ataupun jumlah Peserta didik merupakan sejumlah berdasarkan hasil input data pada Aplikasi Dapodik. Semua data berdasarkan Aplikasi Dapodik itu akan disinkronkan dengan pertanyaan yg terdapat pada Aplikasi PMP.

Itu mungkin sepintas mengenai cara kerja aplikasi PMP, buat selanjutnya poly sahabat - teman operator yg bertanya tentang cara kirim data ke server. Nah, pada kesempatan ini aku akan mencoba cara flEXI dari pengalaman yang pernah saya alami sebelumnya.

Jika memang data kita telah terselesaikan pada isi kuisionernya, baik itu buat PTK, PD, Pengawas, Maupun buat komite, serta sinkron menggunakan batas minimal pengisian, maka kita telah bisa buat mengirimkan data tersebut ke server PMP.


Yang pertama kita masuk dulu ke pelaksanaan PMP sebagai operator, serta masukan username serta paswordnya jua menjadi operator. Masuk ke pilihan menu "Verifikasi serta Kirim Data", selanjutnya pilih pilihan menu "Kirim Data". 

Untuk kirim data ini pastikan dulu komputer kita telah terkoneksi ke internet, bila sudak terkoneksi langsung saja klik tombol "Kirim Data".
Tinggu sampai proses kirim data terselesaikan, ini bisa memakan beberapa menit. Jika ternyata telah beberapa mnt masih belum terselesaikan, refres/reload (F5) saja aplikasi PMP nya karena menurut pengalaman saya itu sudah terkirim ke server data nya.



Tinggal kita lihat pada progres pengiriman yaitu di alamat pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau DISINI. Untuk selanjutnya pilih Provinsi, pilih kabupaten yang sinkron, pilih kecamatan serta lihat hasilnya, telah terkirim atau belum ditandai dengan adanya ketika pengiriman serta telah muncul tulisan "sudah mulai". Selanjutnya nantinya status data tersebut akan berubah menjadi "Diterima Server" dan bila telah diproses sang server maka status datanya akan berubah sebagai "Selesai Diproses"


Demikian cara mengirim data dalam pelaksanaan PMP serta pula cara melihat progres pengiriman data PMP tersebut. Semoga bermanfaat dan aku ucapkan terima kasih.

Comments