CARA INSTAL/PASANG APLIKASI DAPODIK VERSI 2018

Instal Aplikasi Dapodik V 2017

Untuk Aplikasi Dapodik Versi 2017 ini kita nir ada versi Update nya, maka terpaksa wajib uninstal/copot dulu aplikasi Dapodik versi sebelumnya. Sebenarnya bila terdapat versi update nya, kita tinggal Update kan saja versi sebelumnya.

Bagi teman - teman yg sedikit kesulitan tentang uninstal/copot Aplikasi Dapodik Versi sebelumnya, bisa dipandang pada panduan Cara Uninstal Aplikasi Dapodik

Pada proses instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2017, bahan - bahan yg dibutuhkan antara lain :
1. Prefill dapodik
2. Aplikasi instaler dapodik
Prefill serta Aplikasi Dapodik tersebut terdapat disitus resmi Pendidikan Dasar dan Menengan di Kementrian Pendidikan serta Kebudayaan. Atau buat mendownload prefill serta Aplikasi Dapodiknya bisa pada lihat pada Download Aplikasi Dapodik Versi 2017

Setelah perlengkapan telah didownload, pertama kali yg harus dilakukan adalah menciptakan folder spesifik buat prefill dapodiknya. Buat folder menggunakan nama prefill_dapodik dalam drive C kemudian paste prefill dapodik yg sudah pada download tadi dalam folder prefill_dapodik.


Setelah memiliki prefill dapodiknya, eksklusif saja ekstrax Aplikasi Instaler Dapodik yg telah didownload tersebut. 

Pada kotak obrolan scurity warning, klik saja tombol "Run" dan diteruskan dengan klik "Yes"

Pada kotak dialog selamat datang klik tombol "lanjut" hingga muncul kotak dialog "perjanjian persetujuan" Pada kotak obrolan perjanjian persetujuan tersebut, plih "aku sepakat" lalu klik tombol "lanjut"


Pada kotak dialog penyimpanan dan penamaan aplikasinya klik saja tombol "lanjut" hingga timbul tombol "pasang". Apabila telah timbul kotak dialog siap pemasangan, maka kita tinggal klik tombol "pasang", tunggu proses pemasangan terselesaikan.


Jika telah muncul kotak dialog terselesaikan klik saja tombol "terselesaikan"


Dengan setelah instalasi, maka akan timbul kotak dialog "Regristasi Dapodik".  Isikan form yg tertera pada pada kotak dialog tadi.


1. Jenis regristasi; pilih saja Offline
2. Kode regristasi; bila belum punya, minta saja ke Dinas Pendidikan Kab/Kota. Setempat.
3. Jenjang; pilih sinkron jenjang sekolah
4. Username; isi menggunakan email
5. Pasword dan konfirmasi pasword ; isi sesuai selera
6. Klik tombol "Submit"

Jika regristasi berhasil, maka secara otomatis akan masuk ke Login Aplikasi Dapodik, tinggal isikan saja username dan pasword yg sudah diregristasikan.

Demikian, pedoman tentang cara menginstal/memasang Aplikasi Dapodik Versi 2017, semoga berguna. Selamat bekerja serta sukses selalu, terima kasih.

Comments