CARA INSTALASI/MEMASANG PREFILL NILAI RAPOR PADA APLIKASI DAPODIK V.2018.C

Instalasi Prefill Nilai Rapor

Prefill Nilai Rapor ini tidak sama dengan Prefill Dapodik, jadi dalam Aplikasi Dapodik Versi 2017c akan masih ada 2 Prefill. Prefill Nilai Rapor ini diperuntukan hanya untuk mengisi Nilai Rapor dan US/USBN saja. Tempat menyimpan Prefill Nilai Rapor ini sama menggunakan tempat menyimpan Prefill Dapodik yaitu pada folder "prefill_dapodik". Sehingga kita tidak perlu lagi membuat folder baru buat prefill Nilai Rapor, lantaran telah ada "prefill dapodik". 

Jadi, buat prefill Nilai Rapor ini, akan bisa terinstal apabila Aplikasi Dapodiknya telah pada Update ke versi 2017c.

Untuk langkah - langkah instalasi Prefill Nilai Rapor ini dimulai menurut mendownload dulu Prefill Nilai Rapor nya pada alamat dapo.didasmen.kemdikbud.go.id atau DISINI.

Setelah masuk ke pilihan menu unduhan pada alamat Dapodikdasmen tersebut, langsung saja pilih menu Data Prefill Nilai Rapor pada link unduhanya.
Setelah menerima prefill Nilai Rapor tersebut, maka simpanlah prefill Nilai Rapor tersebut dalam Folder "prefill_dapodik". Setelah itu buka/login ke Aplikasi Dapodiknya seperti biasa.

Untuk langkah selanjutnya kita masuk ke pilihan menu Pengaturan pada Aplikasi Dapodik yaitu buat memasukan data prefill dapodik terdahulu.
Selanjutnya pilih pilihan menu Prefill Rapor yaitu agar pada Input Nilai Rapor mampu ada serta mengisi Nilai Rapor semester terdahulu. Kalau contohnya kini semester genap, maka pada menu Nilai Rapor akan muncul pula form buat semester ganjil .
Baca Juga : Cara Mengatasi Eror/Tidak Bisa Download Prefill Nilai Rapor

Selanjutnya akan ada form Konfirmasi Data Prefill Rapor dan isilah form tadi sesuai perintahnya.
Isikan Kode Regristasi masing - masing yg pernah diberikan menurut Dinas Pendidikan setempat, begitu pula username atau email buat login dapodik harus di isikan beserta dengan paswordnya. Jika sudah terselesaikan mengisi form, tinggal klik tombol "Masukan Data".

Refresh kembali Aplikasi Dapodiknya dengan cara menekan tombol keyboard F5 atau muat ulang Aplikasi Dapodiknya.

Demikian cara Instalasi Prefill Nilai Rapord pada Aplikasi Dapodik V.2017.c, semoga bermanfaat.

Comments