CARA INSTAL DAPODIK VERSI VERSI 4.1.0/4.1.1

Dalam rangka pemutakhiran data sekolah  semester genap tahun ajaran 2015/2016, versi dapodik 4.1.0 untuk SD,Sekolah Menengah pertama serta SLB sudah dirilis secara resmi pada web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id  serta dapo.dikmen.kemdikbud.go.id. 

Dengan dirilisnya Dapodik Versi 4.1.0  ini diperlukan operator sekolah bisa memutakhirkan data periode semester 2 sesegera mungkin dan paling lambat data dikirimkan ke sentra untuk periode semester dua ini pada tanggal 29 februari 2016. Seluruh sekolah tanpa kecuali yang dibawah naungan KEMDIKBUD harus melakukan pemutakhiran data dapodik melalui aplikasi yg telah disiapkan.

Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0 dirilis dalam bentuk Installer dikarenakan adanya perubahan serta penambahan struktur database. Sebelum melakukan installasi pengguna disyaratkan buat melakukan uninstall Aplikasi Dapodikdas versi sebelumnya.

Adapun tatacara instal dapodik versi 4.1.0 adalah menjadi berikut:
  1. Download Instaler Dapodik versi 4.1.0  serta Prefill Dapodik pada //dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/cms/lebih jelasnya/3 .
  2. Uninstal Dapodik versi sebelumnya (V 4.0.tiga) yg ada di komputer/laptop (Cara uninstal pada Windows 7 ; Klik start, klik control panel, klik program, klik program and features, pilih Dapodik 4.0.3, klik uninstal).
  3. Simpan Preffil Dapodik yang sudah download tadi di Local Disk C. Masukan ke dalam folder dengan nama prefill_dapodik. Sedangkan installer dapodiknya sanggup disimpan pada mana saja, bisa permanen pada folder Download, bisa pada local Disk C, D, E atau sanggup pada pada flashdisk.
  4. 4. Buka Instaler Dapodik yg tersebut di download. Instal Dapodik Versi 4.1.0 hingga terselesaikan(sebaiknya instal Dapodik 4.1.0 pada keadaan ofline/tidak terhubung ke internet) Setelah Dapodik terinstal, lakukan pendaftaran ulang. Instalasi terselesaikan serta kini Dapodik Versi 4.1.0 telah terpasang pada personal komputer /laptop, silahkan login ke Dapodik 4.1.0. Apabila login berhasil pada laman awal dapodik lakukan dulu reload dengan cara tekan ctrl serta F5 bersamaan.
Ketika pertama kali beranda dapodik terbuka dalam penjelasan `Menerima BOS` tertulis nir (Menerima BOS:Tidak). Untuk mengganti menjadi `Ya` buka tab Sekolah dan isi `Data Rinci Sekolah` seperti ;Sumber Listrik, daya listrik........dan seterusnya. Pada isian mendapat BOS biasaya sudah terisi Bersedia serta itu nir wajib diisi lagi lantaran memang terkunci. Setelah seluruh terisi klik simpan. Tekan CTRL serta F5 Bersamaan. Lihat pada beranda, maka akan tertulis ya pada poin `Menerima BOS`.

Satu lagi kasus yg mungkin saja timbul adalah pada `Tabel jumlah Siswa per Rombel` seringkali kosong. Solusi agar rombel terisi dapat di lihat pada tautan ini : Solusi Mengatasi Rombel Kosong

Kini Dapodik siap digunakan. Silahkan cek serta lengkapi seluruh data  yg belum lengkap. Dapodik Versi 4.1.0 memiliki beberapa disparitas  dibanding versi sebelumnya. Contohnya saja pada pilihan menu penugasan PTK masih ada Fitur Tambah/Ubah akun PTK (username/password) buat akses layanan
kementerian.
Update : Bagi rekan yg sampai saat ini  belum instal dapodik V.4.1.0, waktu ini installer dapodik V.4.1.0 sudah tidak tersedia pada http//;dapo.dikdas.kemdikbud.go.oid. Yang tersedia sekarang merupakan versi terkini yaitu V.4.1.1. Jadi eksklusif saja instal dapodik yang V.4.1.1 


Comments