CARA INSTAL APLIKASI DAPODIK VERSI 2018

Setelah sekian lama di tunggu, akhirnya Dapodik Versi tahun 2016 resmi dirilis dalam lepas 30 Juli 2016. Aplikasi Dapodik versi 2016 mengalami perubahan yang signifikan menurut segi tampilan. Perubahan yang sangat terasa merupakan posisi pilihan menu-pilihan menu primer yg umumnya berada di sebelah atas sekarang diletakan pada sebelah kiri tampilan pelaksanaan.
Tampilan Baru Dapodik Versi 2016
Dari segi isi, Dapodik 2016 hampir sama saja dengan dapodik versi 4.1.1. Hanya terdapat beberapa pembaharuan dan pemugaran berdasarkan versi sebelumnya. Beberapa sub pilihan menu juga mengalami perubahan posisi. Jadi bagi yg sudah terbiasa mengisi Dapodik V 4.1.1 tidak akan mengalami kesulitan yang berarti.

Dapodik Versi tahun 2016 diperuntukan bagi sekolah mulai dari tingkat dasar (SD) hingga taraf lanjutan atas (SLTA). Jadi berbeda menurut tahun 2015 buat tahun 2016 nir terdapat disparitas versi dapodik antara tingkat SD/SLTP menggunakan sekolah taraf SLTA. Semua memakai Dapodik versi 2016.

Proses Instalasi Dapodik Versi 2016 tidak jauh tidak sama menggunakan instalasi Dapodik versi sebelumnya. Bagi operator yg telah berpengalaman tentu tidak akan mengalami kesulitan. Namun, selalu saja ada perubahan operator di sebagian sekolah. Untuk itu, bagi yg memerlukan panduan cara penginstalan Dapodik 2016 dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Uninstal Dapodik versi sebelumnya yg ada di laptop/komputer. Carananya (Windows 7) : Klik star, klik kontrol panel, klik program, klik acara serta feature. Cari aplikasi dapodik serta klik uninstal.
  2. Download installer Dapodik 2016 beserta prefillnya di : //dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
  3. Pindahkan prefill dapodik output unduhan ke dalam folder  yg diberi nama prefill_dapodik (cara penulisannya menggunakan alfabet mini seluruh) pada Local Disk C. Simpan installer dapodik 2016 pada mana saja. Bisa di Local Disk D atau E atau tetap pada folder unduhan/download pula nir apa-apa.
  4. Buka folder loka menyimpan istaller dapodik 2016 yg tersebut pada download. Klik 2 kali file aplikasi tersebut/atau sanggup juga klik kanan serta pilih open. Ikuti proses instalasi sampai terselesaikan.
  5. Setelah instalasi terselesaikan, maka kita akan pada bawa ke proses selanjutnya yaitu pendaftaran . Lakukan reistrasi sesuai dengan data yg benar serta bila sudah terselesaikan klik submit (Jika anda nir mendownload prefill dapodik, pilih registrasi secara online). Jika registrasi berhasil maka akan ada konfirmasi seperti berikut:
  6. Bila registrasi berhasil maka selanjutnya kita akan masuk ke jendela login dapodik 2016. Silahkan login menggunakan username serta password yang tadi sudah dimasukan di registrasi. Klik masuk serta pekerjaan telah menanti anda pada Dapodik 2016.

Demikian cara instalasi dapodik 2016 mudah-mudahan membantu.
Catatan : Pada Dapodik Versi 2016 ini masih ada dua pilihan registrasi yang berpengaruh dalam perlu tidaknya download prefill dapodik. Jika anda akan menentukan registrasi secara online, maka nir perlu mendownload serta menyimpan prefill dapodik pada local disk C. Sebaliknya, bila anda akan melakukan pendaftaran secara offline, maka wajib mendownload dan menyimpan prefill di local disk sebagaimana biasa

Comments