CARA INI LEBIH SIMPEL TRIK MEMBUAT MASAKAN TETAP SEDAP & LEZAT TANPA MSG PART 2

Yang akan dibahas berikut ini merupakan bagian kedua dari trik menciptakan kuliner permanen lezat serta sedap tanpa menggunakan MSG (monosodium glutamate).
Pada bagian ini, proses pengolahan bahan yang dipakai sebagai trik menciptakan masakan tetap sedap serta sehat, lebih praktis (sederhana).
Proses pengolahannya nir begitu rumit. Dan, yang paling krusial merupakan bahan yang dipakai nisbi kondusif bagi kesehatan ketimbang permanen memilih gunakan MSG menjadi penguat rasa legit pada pilihan menu kuliner.
Pastinya setiap orang pernah memakan pilihan menu berbahan daging. Bahan ini memiliki cita rasa yg begitu legit.
Apalagi, dalam bagian tertentu, seperti iga serta buntut (lembu atau kambing). Cita rasa legit semakin pekat tersembunyi pada bagian sunsum dalam tulang lembu atau kambing bahkan ayam sekalipun.

Nah, sejumlah bahan tadi sebenarnya bisa dimanfaatkan buat menggantikan peranan MSG dalam memberikan cita rasa legit yg kuat pada pada suatu menu kuliner.
Tapi, bagaimana cara mengolah bahan-bahan tersebut agar bisa dimanfaatkan menjadi penguat cita rasa legit dalam setiap pilihan menu kuliner?
Berikut ini caranya:
  1. Siapkan 1 kilogram tulang lembu (sebaiknya pakai bagian dengkul), cuci higienis. Anda jua boleh merubahnya menggunakan daging kambing atau tulang kambing, daging ayam atau pula daging lembu. Tapi menurut sejumlah bahan tersebut, bagian tulang lembu atau kambing yg paling pekat mengandung cita rasa gurih. Bila Anda memakai daging, balur daging dengan air jeruk nipis terlebih dahulu sebelum diproses lebih lanjut supaya bau amis berkurang, pisahkan selama beberapa mnt.
  2. 3 batang wortel.
  3. 6 helai daun bawang, potong-potong dengan ukuran relatif besar .
  4. 4 helai daun selederi, gunakan juga bagian batangnya, dirajang kasar.
  5. 4 siung bawang putih, dimemarkan, dirajang kasar.
  6. 2 liter air.
  7. Garam dan gula pasir secukupnya. Fungsi ke 2 bahan tersebut buat mempertajam cita rasa legit. Jadi gunakan sedikit saja.
  8. Masukkan air ke dalam panci rebus beserta semua bahan. Rebus hingga airnya menyusut kira-kira sebagai setengahnya (1 liter).
  9. Matikan barah kompornya. Saring output rebusan. Air hasil saringan simpan ke dalam wadah tertutup (botol).
  10. Sekarang Anda sudah punya bahan penguat rasa gurih pengganti MSG tanpa harus khawatir akan informasi negatif soal kesehatan.
  11. Bahan ini dapat dibubuhi dalam setiap makanan, baik itu resep masakan yang diolah dengan cara ditumis, direbus maupun digoreng. Anda tinggal menambahkan bahan itu menggunakan dosis sesuai selera dalam setiap masakan yang Anda buat.

Sebenarnya, tak hanya daging hewan yg hidup pada darat saja yg sanggup diolah sebagai akibatnya dapat menggantikan peranan MSG dalam memperkuat cita rasa legit pada setiap kuliner.
Ikan pun bisa. Tapi, bukan semua jenis ikan bisa diolah menjadi bahan aman pengganti MSG. Hanya saja, yang terpenting merupakan bahan berupa galat satu jenis ikan ini jauh lebih murah daripada daging atau dengkul lembu.
Perlu diketahui, ada segudang masakan yg dapat dimasak dengan menerapkan trik ini. Misalnya, resep mie pangsit kuah ala chinese food, resep tumis brokoli saus tiram, resep mie ayam bangka lezat menggoda selera, resep bistik daging sapi khas dan praktis, dan resep kering teri kacang spesial.
Intinya merupakan semua kuliner yg menggunakan air. Jadi, trik ini dapat diaplikasikan ke hampir seluruh kuliner.

Comments