CARA CEPAT MENCARI SINYAL TELKOM 3S HANYA 5 MENIT

Pada kesempatan kali ini aku ingin shere kebiasaan yg saya lakukan ketika tracking mencari satelit telkom 3s yg mana disini cukup hanya dengan saat lima mnt, telah dapat menangkap frekuwensi trans tv, trans 7 ,antv.

Sebelumnya aku pernah shere juga mengenai topik cara mudah  memogram parabola mencari satelit telkom 3s, namun cara tersebut kurang cepat. Kemudian setelah sekian lama aku tracking parabola kesana kemari, barulah saya menemukan cara paling cepat setting parabola dengan 2lnb bahkan kadang kurang pada 5menit, tergantung letak parabola.

Namun cara ini nir berlaku pada 4 lnb lantaran memakai 4 lnb akan kesulitan bila tanpa merubah tata letak lnb.

Cara cepat mencari satelit Telkom 3s dalam 5 menit

Pertama yang muski dilakukan merupakan setting receiver menggunakan cara umumnya yaitu merubah rapikan letak dseg di receiver, apabila biasanya lnb 1 ditempati palapa maka sekarang rubah satelit telkom di posisi lnb 1 dseg 1. Begitupun kebalikannya yaitu satelit palapa diposisikan lnb 2 dseg 2.

" apabila memakai 22k biasanya agak sulit dikarenakan posisi 22k berada pada titik berbeda-beda, contohnya lnb 1, 22k on berati telkom posisi lnb 1 22k on dan palapa pada keadaan off pada lnb 2 . Terkadang terdapat yang sebaliknya 22k on terletak pada posisi lnb 2. Hal ini pada tandai dengan meski lnb telah ditukar tetapi chanel pada palapa masih hayati ini mengindikasikan bahwa 22k belum ditukar." untuk itu wajib pada perhatikan benar sebelum menginjak ke termin tracking.

Setelah dipastikan sudah membalik posisi lnb di receiver, kini rubahlah frekuensi chanel trans tv dengan transponder yg baru.

Ganti semuanya mulai dari transponder symbol rate, video pid, audio pid .

Baru kemudian menginjak ke tahap pencarian.

Jika umumnya memakai receiver dibawa ke atas dekat parabola, tetapi cara tersebut cukup lama karena wajib mengulur kabel.

Kali ini berbeda, lantaran disini yang digunakan buat memonitor frekuwensi adalah bunyi yang di keluarkan dari tv. Bisanya aku menggunakan audio TV buat memonitor sinyal. Caranya menggunakan menyetting volume dalam TV ke level tertinggi sehingga terdengar sampai ke parabola.

Pertama buat lock frekuwensi, gunakan trans TV yang telah di rubah ke transponder terbaru trans tv.

Kemudian baru naik ke parabola.

Ketika tracking baut yg dikendurkan hanya tiang penyangga dish/payung arah timur dan barat. Setelah dikendurkan geser dish ke arah timur pelan-pelan sampai anda mendengar bunyi dari tv.

Jika sudah terdengar suara chanel trans tv berdasarkan tv dengan jelas serta nir putus-putus ,,maka segera kunci/kencangkan baut penyangga dish tersebut.

Kemudian anda turun buat melihat frekuwensi palapa misalnya mnc tv, sctv dan metrotv. Jika anda beruntung frekuwensi telah nyantol seluruh.

Scan otomatis pada satelit telkom 3s maka chanel trans 7 antv, sudah ikut nyantol.

Baca pula: catatan penting dalam mencari satelit telkom 3s

Demikian shere tentang cara cepat mencari satelit telkom 3s hanya lima mnt.Tidak terdapat cara instan, lantaran segala cara pasti terdapat ilmu serta pengalaman berdasarkan masing-masing orang. Apabila anda memperhatikan tahap demi tahap diatas saya pastikan anda tracking  99% berhasil mencari frekuwensi telkom hanya 5 mnt bahkan kurang.

Baca juga : beberapa penyebab parabola nir terdapat sinyal

Comments