CARA BUAT FORMULIR LOWONGAN KERJA ONLINE

Cara Buar Formulir Lowongan Kerja Online Via Google Forms - Apa itu google forms? Google forms merupakan adalah sebuah produk (platform google) yang pada gunakan buat membuat formulir, menciptakan berita umum, kuis atau bisa jua untuk membuat perencanaan program dan formulir lowongan kerja online. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan menunjukkan tutorial cara membuat form lowongan kerja (Formulir Lowongan Kerja Online) via Google Forms atau Google Docs.
Bagaimana cara menciptakan formulir lowongan kerja online menggunakan google forms? Perusahaan yg mempunyai situs website umum nya akan menciptakan form registrasi yang dapat di akses melalui internet (besbasis online) bagi para pencari kerja di situs mereka. Salah satu cara yang paling gampang buat membuat formulir lowongan kerja online adalah menggunakan memakai google forms "google docs". Ikuti langkah langkah cara membuat form lowongan kerja online (loker online) berikut ini.

Cara Membuat Formulir Lowongan Kerja Online Via Google Forms

  1. Login ke Gmail Anda
  2. Buka Google Docs atau Google Forms
  3. Pilih Template Formulir Loker Online "Party Invite".
  4. Isi Pertanyan-pertanyaan yang akan di ajukan kepada pelamar
  5. Lihat contoh formulir lowongan kerja "Klick" Lihat Detail

Mengenal Fitur fitur Google Forms

Untuk membuat atau mengedit formulir lowongan kerja online via google forms anda wajib mengenal terlebih dahulu fasilitas (fitur) yg terdapat pada google forms. Pastikan anda telah menentukan template "Party Invite" sebagai layout yg digunakan untuk formulir loker online anda. Buat header formulir terlebih dahulu misal "Nama Perusahaan Anda" misalnya model di bawah ini
Kemudian tambahkan pertanyaan pertanyaan umum seputar lamaran kerja, seperti Nama, Almata, Ijazah Terakhir, Posisi yang akan pada lamar dan lain-lain dengan bantuan fitur fitur google forms.
  1. Tanda  untuk menambahkan pertanyaan baru
  2. Tanda Tt atau Text buat menambahkan text atau paragraf misalnya terlihat dalam contoh gambar diatas.
  3. Tanda  untuk menambahkan gambar pada formulir
  4. Tanda   untuk menambahkan video pada formulir, dan
  5. Symbol = untuk menambahkan section baru atau lembar baru dengan tombol next
Ketika Anda menambahkan pertanyaan pada formulir lowongan kerja online menggunakan meng klick tanda + maka akan timbul kolom pertanyaan serta jenis pertanyaan misalnya Multiple choice, Chekboxes, Dropdown, Short Answer, Tanggal serta ketika. Seperti terlihat dalam contoh ini dia lalu silahkan pilih type pertanyaan dan isi kolom menggunakan pertanyaan yg sesuai buat pelamar kerja.
Keterangan:
  • Short answer serta mode Paragraf adalah buat membuat pertanyaan pada form pendaftaran yg jawaban nya pada ketik sendiri oleh pelamar.
  • Multiple choice merupakan fitur untuk membuat pertanyaan pilihan yang jawaban nya telah pada sediakan dengan dan akan dipilih oleh pelamar kerja.
  • Chekboxes sama hal nya dengan Multiple choice, pelamar relatif mencentang kotak pilihan buat menjawab.
  • Dropdown, Gunakan fitur dropdown buat menayakan "lulusan sekolah" atau "jenis kelamin".
  • File Upload, fitur arsip upload di pakai buat meminta pas photo atau scan ktp pelamar.
  • Date, Fitur date dapat digunakan untuk menanyakan lepas/bulan dan tahun lahir pelamar.
Agar formulir lowongan kerja yang anda untuk lebih propesional, silahkan lihat model formulir lowongan kerja online yang sudah aku untuk sebagi model buat memandu anda pada menciptakan form loker online dengan google forms. Lihat Detail

Demikian lah tutorial cara menciptakan formulir lowongan kerja online via google froms. Selain bisa dipakai untuk menciptakan form loker online, Google forms juga dapat di pakai buat kepentingan situs website atau blogger seperti, menciptakan berita umum, undangan acara serta formulir-formulir lainya. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk anda yang sedang mengunjungi situs ini.

Oh iya, sehabis belajar cara menciptakan formulir lowongan kerja online kenapa tidak sekalian saja pelajari jua cara mempublikasikan/mengirim formulir lowongan online serta cara embed formulir berdasarkan google forms ke website atau blog anda. Lanjut dikit lagi ya...!

Cara Mengirim atau Embed Google Forms

Bagaimana cara mengirim formulir dari google forms? Selesainya formulir terselesaikan di buat maka tekan tombol SEND untuk mengirim nya via email atau menggunakan link saja. Sedangkan buat embed atau cara memasuk kan formulir menurut google forms ke situs blog atau website tekan tombol send serta klick pertanda embed "< >" untuk mengambil kode embed kemudian masuk kan ke halaman website anda menggunakan mode html, sesuaikan tinggi serta lebar formulir sinkron menggunakan berukuran situs anda. Lihat contoh gambar di bawah ini.
Untuk formulir loker online menggunakan File Upload tidak mampu pada embed atau di masuk kan ke situs website, hilangkan arsip upload supaya formulir yg sudah dibentuk bisa di embed ke laman web / blog kamu. Baiklah, kini kita sudah sahih benar selesai membuat formulir lowongan kerja online dengan google docs atau google forms. Bahkan hingga ke metode "cara embed google forms ke situs blog/website", saya kita ini sudah cukup dan good luck for you!

Comments