CARA BIKIN SENDIRI MIE TELUR BASAH UNTUK BAKMIE YANG KENYAL DAN LEZAT

MAkanan Olahan Mie adalah makanan yg paling poly variasinya di global, mulai berdasarkan mie telur, Bakmie hingga dengan mie tarik serta mie instant yg dalam dasarnya seluruh mie itu sama bahannya yaitu tepung gandum atau biasa kita kenal dengan sebutan Terigu, hanya saja tehnik pembuatan serta juga kadar protein terigu yang kita pakai itulah yg menentukan kelezatan serta kelembutan dari mie tersebut. Sejak jaman dahulu mie telah di konsumsi oleh penduduk pada semua dunia, serta yg paling generik kita kenal di indonesia makanan olahan mie yg lezat serta lezat salah satunya merupakan BakMie, penasaran menggunakan cara pembuatan Mie Telur Basah buat BakMie Yang Kenyal serta Lezat, CARA FLEXI !!! Cara Bikin Sendiri Mie Telur sendiri di dapurmu. Selain engkau mampu keahlian bikin mie sendiri engkau pula sanggup membentuk usaha jualan mie nantinya, caranya nir sesulit yg kita pikirkan kok, serta jua nir serepot yg kita bayangkan, manfaatnya bikin mie sendiri selain kebersihannya yg terjamin pula fresh, lantaran anda nir perlu menambahkan bahan - bahah pengawet makanan dalam mie yg anda buat tadi. Selain itu citra rasa mie yang anda untuk bisa disesuaikan menggunakan kesukaan famili anda. Tertarik dengan cara membuat mie sendiri, mari kita simak sejenak sebuah video tutorial langkah demi langkah cara menciptakan mie telur yg Lezat, Kenyal serta Lembut. Selamat menyimak :
Untuk Ketersediaan Bahan - Bahannya serta alat - alatnya silahkan anda lihat pada -->    SINI

Atau Bisa Anda Cek di --->  SINI



Ini Dia Rahasia Penjual mie ayam yg biasanya selalu laris cantik diserbu pembeli, Mie ayam memang enak serta bergizi. Seporsi sajian ini bisa membuat Anda kenyang serta berenergi buat melakukan kegiatan. Mie menjadi santapan enak serta praktis pada animo kemarau maupun isu terkini penghujan.banyak orang yg menerka bahwa menciptakan mie ayam sendiri sangatlah sulit. Padahal, bahan baku utama pembuat mie gampang didapatkan, termasuk tepung terigu protein tinggi. Harga tepung terigu yg terjangkau akan mempermudah Anda buat menciptakan mie dalam jumlah banyak.  Selain harga tepung gandum yg terjangkau, sekarang keterangan seputar tepung terigu pula sangat mudah diakses. Anda pun tak akan kesulitan lagi saat akan belajar membuat mie.
Mie yg bertekstur kenyal serta tidak gampang putus memang sangat lezat serta menggiurkan. Agar Anda bisa menciptakan tekstur mie yg elastis tadi, pelajari dulu tips-tipsnya ini dia.

Rahasia 1 : Garam pada Adonan Mie

Selalu tambahkan garam ke pada adonan mie buatan Anda. Selain bermanfaat buat memperkaya rasa, garam juga akan membantu pembentukan gluten dalam tepung terigu yang Anda gunakan sebagai akibatnya tekstur mie Anda akan lebih kenyal.

Rahasia 2 : Agar Adonan Lebih Elastis

Mencampurkan minyak goreng ke dalam adonan mie juga akan membantu adonan mie Anda jadi lebih kenyal serta tak gampang putus. Jadi, tidak ada salahnya menambahkan sedikit minyak goreng waktu menguleni campuran mie.
Rahasia tiga : Penyimpanan Adonan
Adonan mie segar umumnya hanya bertahan selama 6-8 jam pada ruangan terbuka. Setelah lebih berdasarkan 8 jam, mie akan mulai mengering serta sebagai lembek saat direbus. Agar hal ini dapat dihindari, simpanlah adonan mie Anda dalam wadah tertutup sehingga campuran tersebut tidak gampang mengering. Tetapi, jika Anda ingin membuat persediaan adonan mie dalam jumlah banyak, Anda dapat menyimpannya pada pada wadah tertutup serta meletakkannya di dalam freezer. Cara ini dijamin digdaya buat menjaga kualitas adonan mie Anda permanen baik sebelum dimasak. Membuat adonan mie yang kenyal serta tidak gampang putus tidak begitu sulit, Selalu gunakan tepung terigu berkualitas supaya hasil adonan mie sesuai dengan yang diinginkan. Namun, jangan tergiur menggunakan harga tepung terigu yg terlampau murah lantaran belum tentu tepung tadi mempunyai kualitas yg baik untuk dijadikan bahan baku pembuatan Mie.

Bagi sebagian besar pencinta Mie, atau yg hobby makan mie, salah satu kenikmatan berdasarkan mie yg mereka cari adalah taraf kekenyalan mie tersebut serta pula kelembutan mie tersebut, orang italy menyebutnya dalam spagety dia bilang al dante, klo pak bondan bilangnya Mak Nyus. Mari kita Membuat sendiri Mie Telur Basah buat BakMie Yang Kenyal serta Lezat, Mie yg kita buat ini akan memiliki rasa yg lebih enak serta lezat saat dimasak, lantaran proses pembuatannya sangat hati-hati tanpa memakai bahan kimia atau bahan pengawet sehingga mie telur protesis sendiri lebih layak buat dikonsumsi lantaran memang berkualitas serta lebih fresh serta sehat buat dimakan. Membuat mie telur ternyata sangat mudah serta sederhana, untuk itu kita nir harus lagi membeli mie telur diluar tempat tinggal . Yuk Lansung aja kita bongkar resepnya pada bawah ini :
Bahan - Bahan Yang Di Butuhkan :
  • 1/4 Kilo Gram tepung terigu kadar protein Tinggi 12 % - 14 %
  • 35 gram tepung Tapioka atau tepung kanji
  • 1 sdt garam halus
  • 3 sendok makan minyak bawang
  • 3 buah telur ayam
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 40 ml air besih
Cara Membuat Mie Telur :
  1. Campurkan tepung gandum serta tepung tapioka dalam satu wadah, campurkan serta kocok rata
  2. Buat lubang ditengah-tengah adonan tepung kemudian tambahkan minyak bawang serta telur ayam
  3. uleni campuran menggunakan tangan hingga tercampur rata
  4. campurkan air, garam serta kaldu ayam bubuk, mixer menjadi satu
  5. tuang air tadi kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sembari diuleni hingga kalis serta nir lengket ditangan
  6. diamkan campuran selama 20 mnt pada wadah yg tertutup dengan plastik
  7. pipihkan adonan lalu digiling dengan menggunakan penggiling mie atau dilakukan secara manual dipipihkan menggunakan botol atau kayu serta ingat taburi dengan tepung gandum supaya nir lengket
  8. cetak adonan yang sudah dipipihkan menjadi bentuk mie
  9. setelah terbentuk mie, taburi dengan tepung secukupnya agar nir menempel satu sama lain
  10. mie siap diolah sebagai banyak sekali kuliner yg sangat enak 
Setelah Mie Yang anda Buat Jadi, maka anda bisa mengolahnya menjadi Bakmie Ayam Yang Lezat, mari kita simak cara mengolahnya pada bawah ini untuk anda yang menyukai bakmi ayam, anda bisa mencoba buat membuatnya sendiri di rumah sebagai akibatnya anda bisa memastikan resep kuliner yang and abuat merupakan kuliner yg higienis serta juga sehat buat anda.

Bahan buat resep Bakmi Ayam Yang Kenyal serta Lezat

  • Mie telur Basah Buatan Anda
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sendok makan minyak goreng
Bahan Untuk Kuah Bakmi:
  • 2 butir bawang putih, cincang halus serta tumis, lalu angkat
  • 150 mili liter air
  • 1 butir duan bawang iris
  • 1/2 sdt garam
  • Merica secukupnya
  • 1/2 blok kaldu ayam, merek Knorr
Bahan Taburan bakmi :
  • Ayam jamur special (lihat cara buat Ayam fungi special)
  • Pangsit goreng isi Udang (lihat cara buat Pangsit goreng isi Udang)
  • Daun bawang iris
  • Bawang goreng
  • Bokcoy lima buah mampu pada ganti daun sawi hijau

Cara membuat Resep Bakmi Ayam Spesial:

Membuat Kuah mie :
Untuk menciptakan kuah bakmie, anda bisa mencampurkan bahan bahan yang telah di siapakn buat kuahnya. Campurkan serta tambahakan air secukupnya lalu didihkan. Anda dapat menyiapkannya menggunakan menggunakan mangkuk khusus buat kuah bakmie.

Cara Membuat Mie Bakmie Ayam :
  • Anda bisa memulai menggunakan merebus mie yang telah di siapkan hingga sahih benar matang, angkat kemudian tiriskan.
  • Masukanlah mie yg sudah di masak dalam mangkuk yang lebih akbar dari pad auntuk kuahnya.
  • Tamahkan minyak goreng sedikit saja, serta juga masukkan kecap asin pada mie tadi. Aduk sampai merata, serta tambahkanlah bockoy yang sudah di panaskan sampai matang yang kemudian pada letakan pada permukaan mie tadi.
  • Taburkan bawang goreng, ayam jamur special, bawang goreng serta pangsitnya kemudian sajikan bersama kuah yg sudah pada buat sebelumnya.

Seputar Jenis serta Rahasia Tepung Terigu
Makanan berbasis terigu atau tepung gandum sudah menjadi makanan utama poly negara. Ketersediaannya yg melimpah di pasaran dunia, proteinnya yang tinggi, harganya yang relatif tidak mahal serta pengolahannya yang praktis mudah telah membuahkan kuliner berbasis tepung gandum merambah cepat ke banyak sekali negara. Negara-negara pengekspor terigu jua relatif banyak diantaranya, Australia, Kanada, Amerika, Rusia, Cina, serta masih banyak lagi.

Sejarah berasal-muasal flora gandum sendiri mempunyai referensi yang amat beragam. Satu pemahaman yg kiranya sama adalah bahwa flora ini diperkirakan pertama kali tumbuh di kawasan Asia. Adalah seseorang arkeolog menurut Universitas Chicago yang menemukan 2 jenis gandum diantara puing-puing reruntuhan sebuah desa antik di Irak pada tahun 1948. Desa tadi diperkirakan dibangun 6.700 tahun SM.
Sebagian sejarawan masih berpegang pada anggapan bahwa tanaman ini mula-mula tumbuh di sekitar tempat Mediterania, sekitar Turki, Syria, India, bahkan Eropa. Catatan sejarah purba menemukan bahwa 4.000 tahun SM relief di pemakaman antik Mesir mengindikasikan bahwa gandum digunakan sebagai makanan insan, serta terigu dikenal sebagai kuliner di China pada tahun 2.700 SM. Sejalan menggunakan penyebaran hunian manusia, demikian jua gandum menjadi kuliner utama lalu menyebar ke Eropa Timur, Amerika Selatan, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Canada serta Australia. Hal ini mengakibatkan varietas serta jenis terigu pun semakin beragam bergantung lokasi serta masa tumbuhnya.
Dalam perjalanannya, tepung terigu yg diolah menurut biji gandum melalui proses penggilingan lalu berhasil dikembangkan menjadi beragam kuliner. Yang paling poly dikenal serta dikonsumsi berbagai negara termasuk Indonesia adalah roti serta mie. Produk jadi lainnya kudapan manis, biskuit, pastry, serta masih banyak lagi.
Ini Dia Proses Pengolahan Gandum Jadi Terigu

Proses pengolahan gandum sebagai tepung gandum dibagi pada 2 proses, yakni proses pembersihan (cleaning) serta penggilingan (milling). Pada proses cleaning, gandum dibersihkan menurut impurities seperti debu, biji-biji lain selain gandum (misalnya biji jagung, kedelai), kulit gandum, batang gandum, batu-batuan, kerikil, serta lain-lain
Setelah gandum dibersihkan menurut impurities, proses penambahan air (dampening) agar terigu mempunyai kadar air yg diinginkan. Proses dampening tergantung pada beberapa faktor. Antara lain kandungan air di awal biji terigu, jenis terigu, serta jenis serta mutu tepung yang diperlukan. Selanjutnya terigu yang sudah diberi air didiamkan selama ketika eksklusif agar air meresap ke pada biji terigu. Tahap ini bertujuan buat membuat kulit gandum menjadi liat sehingga nir mudah hancur saat digiling serta memudahkan endosperma terpisah menurut kulit serta melunakkan endosperm yg mengandung tepung.
Proses ke 2 adalah penggilingan (milling) yg mencakup proses breaking, reduction, sizing, serta tailing. Prinsip proses penggilingan adalah memisahkan endosperm berdasarkan lapisan kulit. Diawali dengan proses breaking yaitu pemisahan biji gandum buat memisahkan kulit terigu menggunakan endosperm. Tahap berikutnya adalah reduction, yaitu endosperma yang sudah dipisahkan diperkecil lagi menjadi tepung terigu. Kulit terigu yg terpisah diproses balik sebagai bran serta pollard.
Selama proses penggilingan dihasilkan produk-produk samping seperti pollard, bran, serta tepung industri. Tujuan dari tahap penggilingan ini untuk memperoleh hasil ekstraksi yang tinggi dengan kualitas tepung yang baik.
Kandungan Protein Terigu
Umumnya penggolongan tepung terigu berdasarkan kandungan proteinnya. Biasanya jenis yang tersedia di pasar memiliki kandungan protein berkisar antara 8% - 9%, 10.5% - 11.5 % serta 12 % - 14 %.
Ternyata di dalam tepung terigu terdapat Gluten , yang secara khas membedakan tepung terigu dengan tepung tepung lainnya. Gluten adalah suatu senyawa pada tepung terigu yang bersifat kenyal serta elastis, yang diperlukan dalam pembuatan roti agar dapat mengembang dengan baik, yang dapat menentukan kekenyalan mie serta berperan dalam pembuatan kulit martabak telur supaya tidak mudah robek.
Umumnya kandungan gluten memilih kadar protein tepung terigu, meningkat kadar gluten, meningkat kadar protein tepung gandum tersebut. Kadar gluten dalam tepung gandum, yang memilih kualitas pembuatan suatu kuliner, sangat tergantung menurut jenis gandumnya.
Dalam pembuatan makanan, hal yang harus diperhatikan ialah ketepatan penggunaan jenis tepung terigu. Tepung terigu berprotein 12 %-14 % ideal untuk pembuatan roti serta mie, 10.5 %-11.5 % untuk biskuit, pastry/pie serta donat. Sedangkan untuk gorengan, cake serta wafer pakai yg berprotein 8%-9%. Jadi suatu tepung gandum belum tentu sinkron dengan semua kuliner.
Kualitas tepung terigu ditentukan jua oleh moisture (kadar air), ash (kadar abu), serta beberapa parameter fisik lainnya, seperti water absorption, development time, stability, serta lain-lain.
Moisture merupakan jumlah kadar air pada tepung terigu yg mempengaruhi kualitas tepung. Jika jumlah moisture melebihi standar maksimum maka memungkinkan terjadinya penurunan daya simpan tepung terigu karena akan semakin cepat rusak, berjamur serta bau apek.
Ash adalah kadar abu yang ada pada tepung terigu yang mempengaruhi proses serta hasil akhir produk antara lain warna produk (warna crumb pada roti, warna mie) serta tingkat kestabilan adonan. Semakin tinggi kadar ash semakin buruk kualitas tepung. Sebaliknya semakin rendah kadar ash semakin baik kualitas tepung. Hal ini tidak berhubungan dengan jumlah serta kualitas protein. Kemampuan tepung terigu menyerap air dianggap Water Absorption. Kemampuan daya serap air pada tepung gandum berkurang apabila kadar air pada tepung (moisture) terlalu tinggi atau tempat penyimpanan yang lembab. Water Absorption sangat bergantung berdasarkan produk yang akan didapatkan. Dalam pembuatan roti umumnya diharapkan water absorption yang lebih tinggi dari pada pembuatan mie serta biskuit.
Kecepatan tepung gandum dalam pencapaian keadaan develop (kalis) diklaim developing time. Bila saat pengadukan kurang disebut under mixing yang berakibat volume tidak maksimal, serat/remah roti kasar, roti terlalu kenyal, aroma roti asam, roti cepat keras, permukaan kulit roti pecah serta tebal. Sedangkan bila kelebihan pengadukan disebut over mixing yang berakibat volume roti melebar/datar, roti kurang mengembang, serat/remah roti kasar, warna kulit roti pucat, permukaan roti mengecil, permukaan kulit roti banyak gelembung serta roti tidak kenyal.
Proses terakhir adalah stability yaitu kemampuan tepung terigu buat menunda stabilitas adonan agar permanen paripurna meskipun telah melewati saat develop (kalis). Stabilitas tepung pada adonan dipengaruhi beberapa hal antara lain jumlah protein, kualitas protein serta zat additive/tambahan.
--> SELANJUTNYA

Comments