CARA BIKIN GULA BATU ATAU GULA CRISTAL SENDIRI DI RUMAH

JIka kita perhatikan harganya, Gula Batu Jauh Lebih mahal di bandingkan menggunakan Gula pasir, bahkan harganya sanggup 3 kali lipat harga gula pasir bisa, kemudian mengapa poly yang mencari gula batu sebagai pengganti gula pasir ? Ternyata Dalam setiap 5 gram gula batu mengandung sekitar 20 kalori dan 2 % manfaat karbohidrat. Gula batu tidak mengandung lemak, kolesterol, serat, protein, zat besi serta kalsium. Jadi gula batu hanya mengandung kalori dan karbohidrat saja. Konsumsi gula batu ini pula dianggap baik, mengapa demikian ? Yang sudah teruji merupakan Gula Batu Tidak Mengandung Lemak Jenuh, Gula Batu Juga Tidak Mengandung Kolesteroldan yang paling primer, Gula Batu Tidak Mengandung Sodium karena jika anda mengkonsumsi sodium yg terlalu tinggi mampu mengakibatkan tekanan darah tinggi serta mempertinggi banyak sekali resiko penyakit bawaan lain misalnya stroke, penyakit jantung, diabetes dan penyakit lain. Lalu bangaimana cara membuat Gula Batu atau Gula Cristal Sendiri Di Rumah ? Apakah sanggup ? Jawabnya Tentu saja biasa dong ! Yuk ayo kita coba ! Sebab apabila kita menciptakan Gula Batu sendiri, kehigienisannya permanen terjamin, dan pula akan lebih hemat, karena bahan - bahan yang akan anda gunakan jauh lebih murah di banding anda membeli gula batu yg telah jadi di supermarket atau di pasar !  - Berikut ini adalah salah satu Video tutorial yg dapat menambah wawasan anda tentang bahan - bahan yang pada butuhkan dan proses pembuatan Gula Batu murni, selamat menyimak.


Jika anda membutuhkan Bahan - Bahan buat menciptakan gula batu anda dapat melihat daftar harga dan jenis Bahannya, silahkan anda Klik pada  --> SINI
Atau Bisa Anda Cek pada --->  SINI

Gula batu bisa dibuat sendiri di dapur, ternyata kristal gula batu bisa dibentuk pada benang atau di tongkat kayu. Selain itu, gula batu juga bisa diberi pewarna dan perasa makanan apa pun sesuai kesukaan ! Apakah anda berniat mencobanya pada dapur anda ?
Bahan Yang pada Butuhkan adalah :
  • 500 ml air (1/2 Liter)
  • 1000 gram gula pasir ( 1 Kg )
  • Pewarna makanan ( tidak harus ada - sinkron selera )
  • Perasa makanan ( nir harus ada - sesuai selera )

Cara Membuatnya :
Tuang 480 mililiter air ke pada panci serta rebus hingga mendidih. Mintalah bantuan orang dewasa apabila Anda masih kecil dan belum diizinkan menggunakan kompor. Merebus air dapat menjadi sangat berbahaya jika tepercik ke tubuh.
  • Untuk kwalitas yg lebih baik, jika bisa, gunakan air suling, lantaran Gula dapat melekat dalam kotoran yg terkandung pada dalam air keran dan menciptakan kerak yang mencegah penguapan air serta pembentukan kristal gula batu dalam benang.
  • Jika tidak ada kompor, panggang gelombang mikro (microwave) dapat digunakan. Campur gula serta air pada dalam wadah kaca yang tahan terhadap gelombang mikro. Panaskan memakai oven gelombang mikro selama 2 mnt dengan suhu tinggi. Aduk air gula dan panaskan lagi dengan panggang gelombang mikro selama 2 mnt. Aduk lagi air gula; gula seharusnya telah hampir larut sepenuhnya.[3]
  • Gunakan sarung tangan panggang atau kain lap waktu perlu memegang panci atau wadah kaca yg panas supaya tangan nir terluka.

Campurkan 950 gr gula pasir ke pada air gula secara sedikit demi sedikit, yaitu sebesar 120 gram setiap kali. Aduk dengan sendok setiap kali menuangkan 120 gr gula hingga seluruh gula larut. Semakin pekat larutan, semakin lama ketika yg diharapkan gula buat larut; bahkan bisa hingga dua mnt.
  • Aduk larutan sampai jernih. Jika larutan keruh atau gula tidak bisa larut, besarkan api kompor atau tingkatkan suhu panggang gelombang mikro agar air lebih mendidih. Air panas memiliki batas kepekatan yang lebih tinggi daripada air yang lebih dingin. Jadi, mempertinggi suhu air memungkinkan Anda melarutkan seluruh gula.
Angkatlah panci menurut atas kompor serta sisihkan selama 15-20 mnt. Jangan hingga terdapat sisa gula yang belum larut di dasar panci. Apabila terdapat gula yang belum larut selesainya larutan dituang ke gelas/botol kaca, kristal gula batu akan terbentuk pada gula tersebut serta tidak pada benang atau tongkat.
  • Jika terdapat gula yang belum larut, saringlah buat mendapatkan cairannya saja.
  • Larutan ini super pekat lantaran air pada larutan telah melarutkan lebih banyak gula berdasarkan pada apabila hanya dalam suhu ruangan. Saat larutan semakin dingin, batas kepekatan air pada larutan berkurang sebagai akibatnya air nir lagi bisa menampung seluruh gula. Gula yang telah dilarutkan tidak lagi bisa permanen berbentuk cairan dan akan mengkristal dalam benang atau tongkat yg Anda pasang.
Jika anda ingin menciptakan gula batu menggunakan rona - warna yang menarik serta rasa buah - buahan anda bisa ikuti langkah berikut di bawah ini, tetapi bila anda ingin Gula batu yang di hasilkan original tanpa modifiaksi warna serta rasa anda mampu biarkan langkah di bawah ini dan melanjutkan ke langkah berikutnya !
Tambahkan pewarna atau perasa kuliner apabila tidak ingin membuat gula batu biasa. Sesuaikan pewarna menggunakan perasa, misalnya biru buat rasa blueberry, merah buat rasa stroberi, ungu buat rasa anggur, untuk memudahkan. Aduk larutan sampai seluruh bahan tercampur rata.
  • Gunakan perasa makanan beberapa tetes saja. Tetapi, pada hal pewarna, untuk larutan berwarna sejelas mungkin buat mendapatkan output terbaik.
  • Minuman misalnya Kool-Aid juga dapat dicampurkan ke pada larutan gula sebagai pewarna dan perasa.
  • Tambahkan sedikit sari butir buat membuat gula batu rasa lemon, jeruk nipis, jeruk, atau buah yg lain.
  • Cobalah menambahkan banyak sekali ekstrak, misalnya pepermin, stroberi, vanili, atau bahkan pisang.

Langkah selanjutnya Tuang larutan ke dalam gelas/botol kaca buat membangun kristal gula batu.Gelas atau botol yang dipakai wajib terbuat berdasarkan kaca dan berbentuk silinder bertepi tinggi. Gelas/botol plastik bisa meleleh jika dituangi larutan gula yg panas. Isi gelas/botol kaca hingga hampir penuh.
  • Pastikan gelas/botol kaca yang digunakan bersih dan sama sekali tidak berdebu. Setitik debu sekalipun bisa membuat kristal gula batu terbentuk dalam debu tersebut, alih-alih pada benang atau tongkat yg Anda pasang.
  • Tutup gelas/botol kaca menggunakan selembar kertas lilin atau perkamen supaya permukaan larutan tidak terkena debu.

Ikat satu ujung benang di tengah sebatang pensil dan ikat ujung satunya pada klip kertas. Klip kertas berperan menjadi beban supaya benang menggantung lurus ke bawah serta nir menyentuh dinding gelas/botol. Benang yg digunakan seharusnya sepanjang 2/tiga tinggi gelas/botol atau tidak cukup panjang buat menciptakan klip kertas menyentuh dasar gelas/botol. Cara ini menyediakan relatif ruang buat pembentukan kristal gula batu. Jika benang tergantung terlalu dekat atau bahkan menyentuh dasar atau dinding gelas/botol, kristal gula batu yg didapatkan kemungkinan lebih mini atau mempunyai bentuk yang tidak cantik.
  • Gunakan benang yg terbuat dari bahan alami, misalnya twine atau katun. Benang pancing atau nilon terlalu halus sehingga nir dapat ditempeli sang kristal gula batu.
  • Ring (cincin logam pipih) atau sekrup juga bisa dipakai menjadi beban benang. Alternatif beban benang yg lain yaitu sepotong gula batu, yg juga dapat membantu mempercepat pembentukan kristal gula batu.
  • Gunakan pensil yg relatif panjang supaya dapat diletakkan melintang di ekspresi gelas/botol tanpa terjatuh. Apabila nir ada pensil yg sesuai, pisau mentega, tusuk kayu, atau tongkat es lilin jua dapat dipakai. Pisau mentega atau tongkat es lilin bahkan lebih stabil karena berbentuk pipih sehingga nir akan menggelinding jatuh

Celupkan benang pada dalam larutan gula, angkat, letakkan di atas kertas lilin, serta pisahkan hingga kemarau. Letakkan benang dalam posisi lurus lantaran benang sebagai kaku selesainya kering. Seiring air menguap serta benang sebagai kemarau, kristal gula batu akan mulai terbentuk dalam benang. Kristal tadi akan berperan menjadi benih serta membantu meningkatkan kecepatan proses pengkristalan gula pada larutan.
  • Benang wajib sepenuhnya kering sebelum melakukan langkah selanjutnya. Hati-hati, jangan hingga benih kristal rontok saat mengatur posisi benang pada pada larutan gula.
  • Langkah ini bisa diabaikan atau dipercepat dengan membasahi benang dan menggulirkannya di gula pasir (pastikan saja benang benar-benar kemarau sebelum dimasukkan ke dalam larutan gula serta kristal gula nir rontok menurut benang). Namun, menciptakan benih kristal meningkatkan kecepatan proses serta menaikkan kemungkinan pembentukan gula batu.
Masukkan benang ke dalam larutan gula yang sudah dituang ke gelas/botol kaca. Letakkan pensil secara melintang dalam ekspresi gelas/botol. Benang wajib menggantung lurus ke bawah dan sama sekali tidak pernah menyentuh dinding ataupun dasar gelas/botol. Tutupi gelas/botol menggunakan kertas tisu. Jangan menutupi gelas/botol dengan benda yg menghalangi aliran udara, contohnya plastik, karena penguapan merupakan kunci primer proses pembentukan gula batu.
  • Seiring air menguap, larutan gula sebagai semakin pekat sebagai akibatnya gula terpisah dari air. Molekul gula kemudian akan terkumpul di benang dan membangun kristal gula batu.
  • Gunakan selotip buat merekatkan pensil dalam gelas/botol agar pensil nir tergeser atau menggelinding jatuh waktu kristal gula batu terbentuk.

Untuk membentuk gula batu terbesar, letakkan gelas/botol di loka yg sejuk serta gelap agar air menguap secara perlahan dan abaikan kristal gula batu terbentuk buat waktu yang lama .[22]
  • Jika perlu membuat gula batu dengan cepat serta nir keberatan memperoleh gula batu ukuran akbar, letakkan gelas/botol pada loka yang terkena sinar mentari agar air menguap dengan cepat.[23]
  • Vibrasi mengganggu pembentukan kristal gula batu. Jangan meletakkan gelas/botol di lantai supaya terhindar dari vibrasi akibat orang berjalan dan jauhkan menurut indera pemutar lagu atau pembuat suara, misalnya stereo atau TV
Biarkan kristal gula batu terbentuk selama 1 minggu. Jangan mengetuk ataupun menyentuh gelas/botol supaya pembentukan kristal nir terganggu atau bahkan mengakibatkan kristal tanggal menurut benang. Setelah 1 minggu, akan terdapat gula batu akbar serta halus pada benang. Apabila mau, tunggulah beberapa hari atau bahkan 1 minggu lagi buat melihat seberapa besar gula batu bisa terbentuk
Angkat benang menggunakan hati-hati. Lalu, letakkan pada atas kertas lilin serta pisahkan hingga kering. Gunakan gunting buat memotong benang yang mengikat klip kertas.apabila gula batu inheren di gelas/botol, alirkan air panas pada dasar gelas/botol. Cara ini bisa membuat gula batu terlepas dari gelas/botol dan diangkat keluar tanpa rusak.
Berikut ini Cara Alternatif Membuat Gula Batu Sendiri - Caranya Lebih Tradisional Namum Sedikit Lebih ribet !
CARA MEMBUAT GULA BATU 
Bahan:
Gula pasir Air kapur Putih telur Air
Alat:
Panci atau ember benang
Cara membuatnya :
1.  Larutkan  gula  pasir  dalam  air  (setiap  1  kg
gula  pasir  dalam  air  400  ml)  dipanaskan
dalam panel.
2.   Setelah  seluruh  gula  larut,  untuk
menghilangkan  kotoran  bisa  disaring
tetapi  bila  poly  dibubuhi  putih  telur
yang  sudah  dikocok  (1  buah  putih  telur
cukup  buat  30  kg  gula  pasir) 
3.  Setelah  bersih  dari  kotoran,  ditambahkan
air  kapur  yang  jemih  (setiap  kg  gula  pasir
kira-kira 40 ml air kapur)
4.  Panaskan terus larutan gula tersebut hingga
suhu mencapai 113-115°C
5.  Siapkan  Wadah atau toples kaca  yg  telah  higienis  dan  di
dalamnya  beri  benang  yang  digantungkan
(agar  benang  dapat  terbenam  diberi  pemberat di bawahnya )  baru  dituangkan  larutan  gula  yang
mencapai suhu di atas.
e.  Diamkan  /  disimpan  toples kaca  pada  isolator
selama  kira-kira  satu  minggu  maka  akan dihasilkan gula batu
Catatan:
Isolator  yang  biasa  digunakan  adalah  jerami,
merang  dll-nya,  maksudnya  pendinginan  tidak
terlalu  cepat  agar  kristalnya  akbar-akbar.
Untuk  mempermudah  penggumpalan  gula  batu wadah usahakan dilapisi menggunakan kertas.
--> SELANJUTNYA

Comments