CARA BERMAIN MINECRAFT MULTIPLAYER DENGAN LAN

Minecraft merupakan game yang bergenre sanbox serta dikembangkan oleh Mojang. Game ini pertama kali dirilis untuk Android pada lepas 7 Oktober 2011, kemudian disusul PC, XBox, Playstation tiga, serta Playstation 4. Meskipun game ini berbayar, ternyata poly orang yg membelinya berdasarkan Mojang dan memainkannya. Game ini mampu dimainkan pada mode single player maupun multi player.

Kebanyakan orang hanya memahami bahwa jika ingin memainkan Minecraft secara multiplayer, mereka wajib masuk ke server yang ada pada internet. Namun sebenarnya masih ada alternatif buat memainkan Minecraft secara multiplayer yaitu dengan menggunakan LAN. Dengan menggunakan LAN, kita nir perlu terhubung ke internet buat memainkannya, dan lag pada server tidak akan terasa lagi jika memainkan dengan LAN.
Berikut ini merupakan cara untuk bermain Minecraft multiplayer menggunakan LAN.
INFORMASI: Sebelum memulai cara-cara di bawah ini, jangan lupa bahwa versi Minecraft pada personal komputer yang ingin bermain multiplayer wajib sama, contohnya dalam personal komputer host versi Minecraftnya 1.8.9, maka pada komputer yg ingin bergabung harus sama versi Minecraftnya menggunakan host (1.8.9).

Cara 1
1. Hubungkan komputer-komputer yg ingin bermain Minecraft multiplayer ke jaringan LAN yg sama.
2. Pada galat satu komputer yg ingin menjadi server, buka Minecraft serta klik dalam Singleplayer, lalu mainkan world yg telah ada atau buat world baru.

3. Apabila sudah masuk ke game, tekan tombol Esc kemudian klik pada Open to LAN.

4. Kemudian pilih mode buat pemain yg akan masuk nanti serta atur juga Allow Cheats on atau off. Jika seluruh sudah diatur, klik pada Start LAN World.

5. Setelah mengklik Start LAN World biasannya akan muncul tulisan Local game hosted on port ...., catat port tadi lantaran akan digunakan pada langkah berikutnya.

6. Lalu minimize Minecraft menggunakan cara menekan tombol ALT + TAB, serta buka Command Prompt. Ketikan ipconfig pada window cmd lalu tekan Enter, lihat serta catat IP address komputer server yg pada bagian IPv4 Address.

7. Pada personal komputer yg ingin bergabung, buka Minecraft serta klik dalam Multiplayer. Kemudian klik dalam Add server, kemudian Anda akan diminta buat memasukkan Server Name dan Server Address. Pada kolom Server Name masukkan nama server sesuka hati Anda, serta dalam kolom Server Adress masukkan IP address yang sudah dicatat pada langkah ke-6 serta port yg telah dicatat dalam langkah ke-5, menggunakan format IPHOST:PORT, contoh 192.168.43.40:20512. Jika sudah, klik pada Done.

8. Lalu server akan tampil, serta buat bergabung ke server, pilih pada servernya dan klik Join Server.

Kemudian Anda bisa langsung bermain menggunakan teman-sahabat Anda, namun terdapat beberapa orang yg tidak mampu join dengan cara pertama ini (seringnya Invalid session). Maka aku sediakan cara kedua apabila cara pertama gagal.
Cara 2
Sebelum melakukan cara ke-2 ini ada baiknya buat mendownload software-software yang diperlukan terlebih dahulu, diantaranya misalnya:

Minecraft server
Setelah Anda membuka link di atas, cari dan download server jar yg sinkron menggunakan versi Minecraft Anda, misalkan versi Minecraft Anda 1.8.9 maka harus cari Minecraft server menggunakan versi 1.8.9.

Minecraft server sebenarnya mempunyai dua versi yaitu jar dan exe, Anda jua boleh menggunakan yang exe.

Java runtime

Untuk bisa menjalankan Minecraft server, kita harus mendownload Java runtime terlebih dahulu. Ini dikarenakan Minecraft server yang dibuat oleh Mojang berbasis Java. Anda mampu mendownloadnya dengan link di bawah ini.

Jika telah didownload, lalu buka serta install Java misalnya biasa.
INFORMASI: Seperti cara yang lainnya, komputer yg ingin bermain harus terhubung ke jaringan LAN yg sama.

1. Buat folder baru dan letakkan file Minecraft server pada pada folder tersebut.
2. Kemudian buka Minecraft server dengan mengklik 2 kali (umumnya Minecraft server hanya akan terbuka sekejap lalu menutup lagi, ini dikarenakan kita belum menyetujui EULA nya). Setelah itu akan timbul arsip eula.txt, buka file tadi dan ganti dari false sebagai true, dan save arsip tersebut.

3. Buka lagi Minecraft server dan tutup lagi (ini bertujuan supaya arsip server.properties muncul). Lalu buka arsip server.properties, dan ganti online-mode dari true menjadi false, lalu save file tadi. Catat juga angka port yang ada dalam bagian server-port.

4. Buka Command Prompt, lalu ketikan ipconfig pada window cmd tersebut serta tekan Enter. Lihat dan catat IP address personal komputer Anda yang terdapat dalam bagian IPv4 address.

5. Buka Minecraft server.


6. Pada personal komputer yg ingin bergabung, buka Minecraft serta klik pada Multiplayer. Kemudian klik pada Add server, kemudian Anda akan diminta buat memasukkan Server Name serta Server Address. Pada kolom Server Name masukkan nama server sesuka hati Anda, serta pada kolom Server Adress masukkan IP address yang telah dicatat pada langkah ke-4 serta port yang telah dicatat pada langkah ke-tiga, dengan format IPHOST:PORT, contoh 192.168.43.40:25565. Jika telah, klik pada Done.

7. Lalu server akan tampil, dan buat bergabung ke server, pilih dalam servernya dan klik Join Server.

Dengan cara ke-2 ini Anda sanggup memasukkan player lebih banyak, pengelolaan server juga sebagai lebih gampang. Apabila Anda mengalami kasus dalam saat menjalankan tutorial ini, sanggup dituliskan pada kotak komentar pada bawah artikel ini, terimakasih.

Update 11 Maret 2016

Tutorial ini sekarang sudah ada versi videonya, dan mampu ditinjau pribadi di YouTube atau di bawah ini.

Comments