CARA BERKENALAN DENGAN ORANG ORANG BARU DI SEKITAR ANDA

Memiliki lingkungan baru seperti pada sekolah baru, lingkungan kerja baru atau baru pindah tempat tinggal atau kos pasti kebanyakan orang akan sedikit kesulitan menyesuaikan diri dengan orang orang baru disekitar. Padahal adaptasi dengan orang orang baru disekitar anda sangat dibutuhkan supaya anda gampang bersosialisasi, betah dilingkungan baru dan menerima donasi ketika anda mengalami atau menemukan kesulitan ditempat baru.
Komunikasi adalah hal yang penting buat berinteraksi dengan masyarakat disekitar anda. Dengan berkomunikasi anda dapat membicarakan pendapat anda, mengatakan apa inspirasi inspirasi anda, mengekspresikan segala perasaaan anda pada orang yang anda ajak berkomunikasi. Ketika anda sanggup berkomunikasi dengan banyak orang anda akan lebih banyak mempunyai sahabat. Nah berikut adalah beberapa cara sederhana buat memulai pembicaraan menggunakan orang orang baru disekitar anda misalnya dikutip dari pakar komunikasi Dave Macmohan dalam situs Family.com:

Cara Berkenalan Dengan Orang - Orang Baru
Mulai dari sapaan sederhana atau pertanyaan sederhana
Tidak mungkin kan baru kenal menggunakan orang baru pribadi mengungkapkan hal hal berat atau perkara langsung, bukannya mendapat perhatian justru orang tadi akan meninggalkan anda. Ketika anda ingin mengenal orang orang baru disekitar anda maka sapalah mereka dan bertanyalah mengenai hal-hal yang sederhana. Jangan terlalu serius, contohnya seperti: "Tadi berangkat jam berapa", "Jam berapa mas sekarang?", "Hai dah menurut tersebut ya", serta sebagainya. Cara ini cukup efektif untuk memulai suatu dialog setelah menerima respon menurut lawan bicara, baru lanjutkan percakapannya.
Berikan pertanyaan yang memicu minat orang tersebut
Buatlah pertanyaan yg mengarah dalam minat mereka untuk berkomunikasi, seperti: "Saya punya kos-kosan pada daerah Dieng dengan 10 kamar standar dan tiga kamar VIP." Segera beri tanggapan mengenai hal tersebut seperti: "Di manakah Dieng itu? Apakah berdasarkan sini masih jauh buat ke kosan Anda? Siapa saja yg menyewa kos-kosan Anda? Apakah bapak punya pekerjaan lain selain punya kos-kosan?" Dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan menciptakan orang baru tadi semakin tertarik buat berbicara dengan Anda. Pada dasarnya, manusia cenderung ingin membanggakan diri mereka sendiri. Oleh karenanya, pertanyaan dengan topik diri mereka sendiri adalah topik yang tepat untuk dibahas. Sebagai insan kita pasti pula ingin membanggakan dan menyampaikan tentang diri kita sendiri, akan namun untuk situasi misalnya ini lebih baik tahan ego Anda dulu.
Perhatikan mereka menggunakan hubungan mata yg lama
Berikan hubungan mata kepada mereka ketika mereka berbicara pada Anda. Hal tadi manandakan bahwa Anda memperhatikan serta menyimak apa yang mereka bicarakan, namun jangan lupa jangan terlalu hiperbola ketika memandang mereka, karenanya justru dapat mengakibatkan mereka merasa tidak nyaman menggunakan Anda.
Menceritakan mengenai diri Anda ketika diminta
Saat ini adalah ketika yg paling tepat bagi Anda buat menceritakan tentang diri Anda. Ceritakan mengenai diri Anda, namun jangan terlalu hiperbola membuka jati diri Anda. Beri kesempatan dalam orang tersebut bertanya tentang kehidupan Anda.
Cari topik yang menarik atau yg sedang tren
Saat keadaan mulai diam lantaran nir adanya topik yang dibahas, coba Anda seaktif mungkin mencari bahan pembicaraan, mulai menurut topik yang sedang hangat dibicarakan ketika ini atau hal-hal lain yg berhubungan dengan pekerjaan atau studi yg dia jalani. Jangan menyampaikan topik yg serius yang susah dimengerti sang Anda dan orang tadi.
Hindari kata-kata yg menyinggung perasaan atau candaan yg tidak tepat
Bercanda boleh saja, namun alangkah baiknya buat situasi seperti ini kita tidak menyisipkan candaan sampai kita sahih-benar mengetahui siapa orang itu. Dikhawatirkan candaan yg kurang tepat bisa menyinggung perasaan orang tersebut sehingga dapat Mengganggu proses komunikasi yang efektif.
Pancing mereka buat membahas tentang dirinya
Seseorang akan menyukai waktu ada orang lain memperhatikan serta peduli menggunakan mereka. Carilah topik yang sangat mereka kuasai, yaitu mengenai diri mereka sendiri. Bertanyalah dengan pertanyaan seperti: "Rumah Anda di mana?", "Apa pekerjaan Anda?", "Anda berasal dari mana?", "Anda kuliah pada mana?" Pertanyaan-pertanyaan misalnya ini sangat tepat sekali digunakan sebagai pembukaan dialog yang baik. Dengan pertanyaan seperti itu akan membuat mereka tertarik buat berbicara dengan Anda serta selesainya itu jangan lupa buat berkenalan menggunakan orang baru tersebut.
Mengajak ke hubungan pertemanan
Dalam termin ini kita dapat mengajak mereka ke hubungan lebih berdasarkan seseorang yang baru kenal, namun sebagai sahabat menggunakan cara mengajak mereka bertemu lagi, contohnya coba ajak mereka buat futsal, ke kedai kopi beserta-sama, mengajak ke konser musik, ke pameran baju dan lain-lain. Walaupun mungkin dia tidak mau menerimanya namun Anda sudah berani serta serius buat membina interaksi pertemanan yg baik dengannya. Hal itu akan menciptakan orang tadi terkesan serta menghargai Anda.

Comments