BLOG PEMPROSES WARNA


CARA FLEXI - Dalam sebuah perangkat pesawat Televisi memiliki beberapa blog dengan aneka macam macam fungsi dan tugasnya. Seperti halnya sepeda motor. Dalam sebuah sepeda motor masih ada beberapa blog mesin sebagai mana manfaatnya misalnya karburator berfungsi menjadi pengatur bahan bakar menuju pembakaran dsb. Begitu juga dalam sebuah televisi. Dalam sebuah perangkat televisi masih ada beberapa blog yaitu;

Blog Diagram Pemproses Warna (IC croma).

Yang menyusun blog pemprosesan rona atau  jikalau kini sudah pada ringkes sebagai satu IC yg di sebut IC croma. Dan penyusun IC  croma merupakan sbb;

A. B.P.F (Band Pass Filter)
Blog ini berfungsi untuk meloloskan lebar bidang signal sub pembawa warna yg frekwensinya 4,43 MC. 

B.chroMA (chrominace=signal rona)
Croma signal rona waktu ini telah berbentuk ic yang pada padukan jadi satu dengan IC acara.  Blog ini berfungsi menjadi pemisah   signal warna orisinil yang pada pancarkan oleh pemancar berupa signal U (signal rona biru)dan signal  V (signal warna merah) bila sekarang bisa pada sebut tiga rona yaitu  red,green,blue. Yg akan di umpan ke bagian Natrik.

C. BURST AMP.(penguat signal burst)
Blog ini berfungsi menguatkan amplitudo /level signal burst.

D. 4,43 merupakan frekwensi osilator lokal yang berfungsi menjadi signal penyama sincronisasi signal pembawa baku 4,43mc.

E. A.C .C (automatic chrom control)
Berfungsi menjadi pengntrol signal chorinance,signal pembawa warna standar secara otomatis serta yang pada kontrol adalah amplitudo signal burst rona.

F. COLOR KILLER (pemati rona)
Berfungsi menjadi mendeteksi ada /tidak adanya signal warna.  sehingga apabila televisi rona nir mendapat gelombang  televisi akan hitam putih.

G. Matrix (demodulator warna: detektor rona)
Berfungsi sebagai pemproses signal warna merah serta biru. Lalu digabungkan kedua signal warna tadi buat menerima signal warna hijau. Keluar menurut matrix ini pada umpan ke penguat vidio.
Dengan melihat diagram blog pemproses rona adalah dari signal video yg sudah di deteksi kemudian pada filter oleh bagian blog B.P.F pada mana pada blog ini pula memperkuat signal /amplitudonya. Signal burst yang adalah sub pembawa rona baku pada tunda selama 1h(64us),serta ada yg langsung pada umpan ke blog penambah/adder yaitu menjumlah signal,Dan akan disalurkan ke output IC croma berbentuk signal RGB menuju katoda tabung.

Begitulah kiranya blog pemprosesan rona yang terdapat dalam IC Croma.
Semoga menaruh fakta yang berguna bagi anda semuanya.

Comments