BIAR TAMBAH SEMANGAT DAN YAKIN INI LHO 6 HIKMAH MENGELUARKAN HEWAN QURBAN IDUL ADHA

Idul Adha atau yang biasa disebut orang Indonesi Idul Qurban adalah salah satu hari raya umat Muslim, pada mana orang beriman yang mempunyai harta lebih dimanta buat mengeluarkan hewan qurban, berupa fauna ternak berkaki empat. Dan di Indonesia, fauna yang biasa dijadikan fauna kurban merupakan kambing, domba, sapi, atau kerbau.
Pada hari H Idul Qurban, fauna-fauna tadi akan disembelih dan dibagi-bagikan pada orang yang tidak bisa. Ini jua adalah salah satu wujud pedagogi bagi kita buat saling menyebarkan.

Tak hanya itu, rupanya ada poly hikmat yg kita dapat bila kita mau mengeluarkan hewan kurban. Biar tambah semangat serta konfiden buat berkurban, simak yuk 6 hikmah qurban yang CARA FLEXI lansir menurut laman Republika Online ini dia!
1. Setiap helai bulu fauna qurban akan menerima balasan satu kebaikan
Ternyata bukan cuma apa-apa yang bisa dimakan oleh orang yang menerima pembagian output mutilasi hewan kurban. Bahkan, setiap bulu berdasarkan fauna yang telah kita kurbankan juga mendapat balasan kebaikan menurut Allah.
Bukan cuma isapan jempol, Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda, "Setiap satu helai rambut fauna qurban adalah satu kebaikan." Lantas, salah satu teman bertanya, "Kalau bulunya?" Rasulullah menjawab, "Setiap helai bulunya juga satu kebaikan." (HR Ahmad dan Ibu Majah)
Merinding nggak tuh?
2. Ibadah yang paling dicintai Allah SWT
Rasullah Muhammad SAW menyampaikan bahwa nir ada amalan dari anak cucu Adam pada Hari Idul Qurban yang lebih dicintai Allah melebihi berkurban. Sesungguhnya pada hari kiamat nanti, hewan-fauna kurban itu akan tiba lengkap menggunakan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, serta bulu-bulunya.
Sesungguhnya, lanjut dia, darah hewan yg sudah dikurbankan akan sampai pada Allah pada mana pun fauna itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah. Maka ikhlaskanlah buat menyembelihnya. (HR Ibnu Majah dan Tirmidzi)
3. Ciri keislaman seseorang
Berkurban merupakan ciri menurut keislaman seseorang muslim. Apabila kita dalam syarat lapang, maka diwajibkan buat berkurban. Pasalnya, Rasullah Muhammad SAW pernah bersabda, "Barang siapa yg mendapati dirinya pada kelapangan kemudian dia tidak mau berkurban, maka janganlah ia mendekati shalat id kami." (HR Ahmad dan Ibnu Majah)
4. Syiar Islam
Dengan berkurban, maka kita telah ikut dan mensyiarkan Islam. "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebut nama Allah terhadap fauna ternak yg telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa, karenanya berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah informasi gembira pada orang-orang yg tunduk patuh (pada Allah)." (QS Al-Hajj: 34)
5. Mengenang Nabi Ibrahim
Salah satu makna menurut Idul Qurban adalah mengenang kisah tentang ujian yg diberikan Allah kepada Nabi Ibrahim AS saat diminta buat menyembelih putranya, Ismail AS. Nabi Ibrahim serta putranya tersayang itu pun patuh. Tapi, saat perintah itu dilaksanakan, Nabi Ismail diganti seokor domba gemuk berdasarkan surga . Lihat QS Ass-Shaffat: 102-107.
6. Kepedulian pada sesama
Dengan mengeluarkan fauna qurban, kita diajarkan buat selalu memupuk kepedulian kepada sesama, terutama pada saudara kita yang kurang bisa atau pada syarat kesusahan. Rasullah Muhammad SAW bersabda, "Hari Raya Kurban merupakan hari buat makan, minum, dan zikir kepada Allah SWT." (HR Muslim)
Setelah mengetahui begitu akbar pesan tersirat dari mengeluarkan fauna kurban Idul Adha, pasti kini Anda tambah semangat dan konfiden kan?
Nah, jika Anda berencana membeli hewan kurban, ketahui tips (Kasih tahu suami, begini lho tips menentukan hewan qurban buat Idul Adha) dan niatnya jua ya. Semoga berguna serta selamat Idul Adha!

Comments