BERBAGAI PENYEBAB KERUSAKAN SPEAKER AKTIF

CARA FLEXI - Mungkin sebagian berdasarkan anda datang ke blog ini mencari solusimengenai perseteruan speaker aktif rumahan. Oleh sebab itu di sisni admin akanmemaparkan beberapa kerusakan speaker aktif yaitu speaker aktif matot, suaraserak, berdengung, ini merupakan konflik yg seringkali menghampiri kerusakanspeaker aktif. Sehingga anda tiba ke blog ini berharap menemukan satu solusi.tetapi disini saya hanya akan memaparkan beberapa penyebab kerusakan. Karenasebenarnya yang anda cari merupakan komponen yang bermasalah. Berikut permasalahanbeserta penyebabnya;

Berbagai penyebab Kerusakan speaker aktif

      1.  Speaker aktif serak

Pertama aku akan membahasmengenai hal ini karen ini sangat kompleks permasalahanya serta sering menghampirisetiap speaker aktif. Dampak penggunaan speaker aktif dengna full powe dapatmenyebabkan bunyi menjadi hancur. Komponen yang tak jarang terkena pengaruh dari penggunaanfull power merupakan speaker serta power amplifier. Serak berarti bunyi berada dinada mid midle hingga hight trible.
 
Speaker merupakan komponen yangsangat rawan terhadap kerusakan, terlebih speaker berkualitas rendah. Tentu iniakan berdampak pada suara yang didapatkan. Apabila speaker yg digunakan bagusmaka kerusakan speaker tidak gampang, namun jika kualitasnya rendah inikemungkinan besar sanggup terjadi biasanya akan terbakar pada coil dampak panasyang ditibulkan sang penggunaan powerfull terutama pada nada mid high.akibatnya terjadi penurunan impedansi coil. Mengakibatkan bunyi pecah karenapower ampli bertambah energi tetapi speaker tidak mampu menampung energi powerterjadilah kerusakan dalam transistor power amplifier, yaitu tip 41 dan 42c yangsering digunakan dalam speaker aktif dalam umumnya kecuali yang menggunakan icsebagai power amplifier.

Setelah mengetahui latar belakangspeaker aktif serak sekarang kita membahas tentang penangnanya. Pertama jikamenemui kerusakan seperti ini coba cek kabel yg menuju speaker, apabila serakterjadi kadang kala. Lantaran hal ini acapkali terjadi terutama pada speaker aktifmurahan, kabel yg dipakai berserabut sedikit sehingga mudah putus. Makasegera ganti kabel menggunakan yg bagus. Kedua cek speaker menggunakan amplifierlain, buat memastikan bahwa speaker pada keadaan masih baik. Baru Kemudianmenginjak pada blog amplifier. Blog amplifier rusak umumnya ditandai dengansuara serak parah suara lirih. Namun tidak pasti mengenai tanda tadi. Lebihbaik jika kita mengecek komponen yang ada pada blog amplifier yaitu; transistorfinal, transistor driver, diode bias. Jika maslahanya serak pasti masalahnyaberada dalam komponen yang sudah saya sebutkan tadi
.
Kerusakan masih berkaitan denganserak yaitu bunyi pecah dalam nada mid, artikulasi nada tidak kentara. Biasanyahal ini disebabakan oleh sumber input bermasalah. Gain yg begitu tinggimengakibatkan bunyi sebagai pecah. Tentu pada hal ini harus diperhatikanketika kita menemui kerusakan. AtaU bisa juga disebabakan lantaran elco padapower suplay kering sebagai akibatnya saat digeber mengalami penurunan dalam tegangan.akibatnya suara sebagai pecah. Itu nalar secara teoritis serta Menurutpengalaman eksklusif mengenai speaker aktif serak dan pecah.

Speaker aktif berdengung

Permasalahan ini sebenarnya samadengan masalah serak tetapi disini penangnan lebih komplek lagi karena dengungada yang parah serta terdapat dengung ringan. Dengung parah mengindikasikan kerusakanpada amplifier, sedangkan dengung ringan terjadi akibat kerusakan padaaksesoris input.

Speaker aktif berdengung parahtidak ada respon ketika diberi input hanya dengungan keras saja. Hal inibiasanya disebabakan sang bocornya arus dc ke speaker. Akbiatnya speaker hanyaberdengug. Apabila tidak segera dimatikan ini akan sangat berbahaya bagi speaker.lantaran arus dc bisa menyebabkan spoel terbakar. Kerusakan seringkali terjadi disebabakanoleh komponen amplifier terutama dalam penguat akhirpada transistor final. Biasanya colektor emitor mengalami short sehingga arusdc masuk ke output amplifier misalnya kerusakan pada spaker aktif serak tadi.

Dengung ringan terjadi kerusakanterjadi dalam speaker aktif tetapi perhatikan sumber input yang digunakan.pertama kabel input buat memasatikanya coba jangan hubungkan speaker aktifdengan apapun dalam bagian input audio termasuk kabel rca. Apabila terjadi dengungberarti kasus terjadi pada speaker aktif tetapi jika nir terjadi dengungberarti terjadi kerusakan pada asal input terutama kabel rca. Karena kabelrca bawaan [erangkat contohnya dv sangatburuk kualitasnya. Sehingga dapatmengakibatkan gangguan dengung serta nois. 

Speaker aktif tewas total


Gejalanya nir terdapat respon apapundari speaker aktif saat dinyalakan. Bahkan lampu indicator tidak menyala sedikitpun. 

Kerusakan speaker aktif dengangejala meninggal total lebih mudah diperbaiki daripada kerusakan berdengung danserak. Lantaran komponen yang dicek lebih simple yaitu pada bagian power suplay.

Diantaranya; kabel in220, saklartrafo, diode, elco. Pengukuran pada dc dan ac meter sangat diharapkan. Jikatidak mempunyai tester mampu pribadi menuju penggantian terutama dalam kabel dansakalar. Apabila permasalahan menuju ke bagian komponen harusnya menggunakanmultitester lantaran nir akan bisa bila mengandalkan main ganti.

Ketiga kerusakan speaker aktifdiatas adalah output menurut pengalaman eksklusif. Dan kerusakan pada jenisspeaker aktif yg memakai sistem ac matic seperti polytron serta yg lain mungkinpenanganan dan penyebab kerusakanya berbeda. Misalnya polytron mengalamikerusakan bunyi serak. Ini seringkali terjadi dampak berdasarkan beberapa hal diantaranyaadalah power suplay mengalami kerusakan. Padahal transistor final sudah digantidengan yang baru. Ternyata penyebabnya ptc mengalami kerusakan. Kan itu diluardugaan serta jauh berdasarkan blog yg kita kira.

Penyebab kerusakan terkadangmemang aneh, yang terbaru aku mengalami keanehan pada speaker aktif terkenadampak berdasarkan kerusakan sebuah perangkat dvd. Awalnya ada seseorang user membawaspeaker aktif ke tempat aku . Keluhanya berdengung serta timbul nois. NamunTernyata sehabis saya cek gejalanya tidak demikian. Ternyata normal. Usertersebut aku suruh buat mengambil dvd yang dipakai. Kemudian saya coba, apayang terjadi input kabel rca belum aku hubungkan pada speaker aktif namunspeaker aktif berdengung ketika dvd tadi aku nyalakan. Tetapi saat dvdsaya matikan dengung nir terdapat lagi, Kemudian aku mencoba ke perangkat lainspeaker aktif bunyi normal. Aneh bin konkret. Kok sanggup ya padahal kabel rca dvdtidak saya hubungkan ke speaker aktif. Apa hubunganya lantaran waktu dvdtersebut diaplikasikan ke prangkat lain normal saja. Awalnya saya berfikir inimerupakan kerusakan pada bagian tone control dalam speaker aktif. Tetapi sayamemutuskan iseng buat membuka perangkat dvd. Terlihat elco pada bagian powersuplay ada yg mengembung. Yaitu pada bagian filter 400volt primerregulator/smps. Keajaiban terjadi, selesainya penggantian elco tadi dvd tidakngefek ke speaker atau tidak mengakibatkan dengung pada speaker aktif saat dihidupkan.


Terkadang kerusakan memang nir sanggup diprediksi secarapasti. Untuk itulah kita wajib menggali pengalaman lebih banyaka lagi.

Speaker aktif rusak sudah niscaya sanggup diperbaki daripadaperangkat lain. Bisa dibilang memperbaiki speaker aktif 90% sanggup dislesaikandan niscaya ada solusi. Berbeda menggunakan perangkat lain yang kadang komponen sulitdidapat dan mahal.
Demikian Semoga berguna,,,,,
baca jua: panduan cara memperbaiki speaker aktif

Comments