BEDA KELAS GRAFITI BAK TRUK

Kelas identik menggunakan sekolah. Lalu bagaimana dengan kata kelas yg ada dalam Bak Truk. Ataukah masih berkaitan?

Kelas mulai digunakan buat jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Bisa serta biasa  juga dipakai buat pendidikan nonformal alias kursus.

Di sekolah (mulai Sekolah Dasar sampai SMA) kelas identik menggunakan ruang. Jadi waktu ada kalimat "Kelas aku higienis" pada sebuah sekolah, yg dimaksud dengan arti kelas adalah ruangan. Identifikasi kelas menggunakan ruangan terjadi karena ruang yang dipakai oleh gerombolan murid tetap. Tidak berubah. Kelas XA pada ruang pojok ya tetap di situ.

Lain lagi menggunakan istilah kelas yg dipakai di perguruan tinggi (pengalaman ngrikiti bangku kampus). Kelas identik dengan 'grup belajar'. Misalnya ada kalimat: Mahasiswa yang ikut kelas aku wajib baca kitab teori sastra. Apabila ucapan itu dikatakan sang dosen, maksud kata kelas adalah 'gerombolan mahasiswa yang menempuh matakuliah'

Kata kelas pula identik dengan 'acara'. Misalnya pada kalimat Lembaga kursus itu membuka kelas bahasa Asing. Kelas dalam kalimat tersebut mempunyai arti acara atau agenda.

Kata kelas pula identik dengan arti taraf dan kualitas. Kata kelas yang mempunyai arti kualitas terdapat pada kalimat: Cabai kelas A dijual dengan harga yang sangat tinggi.  Kata kelas dalam kalimat tadi mempunyai arti kualitas terbaik.

Kata kelas yang mempunyai arti tingkat masih ada pada kalimat berikut: jangan sekalu-sekali bertanding menggunakan pendekar, engkau masih belum kelasnya.

Kata kelas yang dipakai pada grafiti bak truk ini dia memiliki arti tingkat serta kualitas.Arti grafiti bak truk yang ditulis Beda Kelas bisa merujuk pada kondisi sosial juga kondisi fisik.

Kondisi sosial yg dimaksud bisa berupa keadaan sosial sopir truk. Kelas sosial rendah. Sementara arti kualitas mengacu pada kondisi fisik kendaraan. Truk tadi dipandang berdasarkan kondisi fiaiknya sudah tua, tampak dari badan truk. Laju kendaraannya pula telah tidak mampu maksimal lantaran mesin sudah uzur.

Jadi memang beda kelas.

Comments