BEBERAPA TEKNIK DAN CARA MEMPERBAIKI HANDPHONE YANG TIDAK ADA SINYAL


Cara memperbaiki handphone yg nir terdapat sinyal. Sering handphone mengalami kerusakan baik menurut yg ringan hingga berat, diantara mulai dari baterai kembung, terkena air, terjatuh, keypad handphone tidak normal, bahkan sampai dalam sinyal pada handphone sangat lemah atau nir muncul sama sekali. Seperti yang sudah dibahas dalam artikel artikel sebelumnya mengenai teknik dan cara memperbaiki handphone, kali ini akan membahas tentang cara memperbaiki frekuwensi handphone yg tidak timbul.

Sinyal timbul mengindikasikan atau menandakan bahwa handphone sudah tersambung menggunakan BTS operator berdasarkan simcard yg tertanam pada dalam handphone, tetapi bila handphone tadi tidak timbul sinyal maka dapat dipastikan masih ada perkara dengan BTS operator. Ketika handphone kehilangan sinyal masih ada beberapa tanda-tanda yang dapat dikenali secara eksklusif, yaitu sinyal ada akan namun nir lebih dari 2 (2) bar atau bahkan tidak muncul sama sekali dalam layar handphone, masih ada sinyal tetapi tidak bisa digunakan buat menelpon pihak lain, frekuwensi naik turun nir jelas.


Apabila masih ada indikasi-pertanda misalnya itu bisa dipastikan terjadi gangguan dalam sinyal handphone. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hilangnya sinyal pada handphone ditimbulkan 2 hal, yg pertama gangguan dari pihak operator simcard sebagai akibatnya frekuwensi yg dipancarkan ke handphone mengalami gangguan, yg ke 2 gangguan menurut handphone itu sendiri.

Cara memperbaiki handphone yg nir terdapat sinyal bisa dilakukan menggunakan cara pertama yaitu melakukan pengecekan settingan handphone melalui menu pengaturan sinyal.
Cara Pertama
- Pada menu pengaturan sinyal, alihkan dari otomatis sebagai manual.
- Setelah dipilih pengaturan secara manual coba buat mencari frekuwensi secara manual, lalu pisahkan untuk beberapa waktu.
- Apabila langkah tadi berhasil maka dapat dipastikan sinyal berdasarkan BTS operator lemah dan harus kita koneksikan secara manual menggunakan cara tadi.


Apabila sehabis dilakukan langkah tadi masih nir ada output maka lakukan cara kedua yaitu menggunakan melakukan pengecekan bagian transmitter penerima frekuwensi pada handphone.
Cara Kedua
- Bongkar handphone, mulai menurut melepas casing, baterai, memory card, simcard
- bersihkan bagian dalam handphone yg sudah terbongkar menggunakan hati-hati. Bersihkan jua bagian antena tips dalam handphone serta pastikan antena tips terpasang dalam tempatnya. Apabila antena tips nir terpasang kemungkinan hal tersebut yang mengakibatkan sinyal pada handphone lemah. 
- cek balik keadaan frekuwensi dalam handphone menggunakan memasang kembali baterai apabila frekuwensi sudah kembali penuh berarti kerusakan teratasi tetapi apabila posisi frekuwensi masih belum muncul lakukan pengecekan lebih lanjut.
- lepaskan PCB, LCD, serta perangkat perangkat tambahan yang nemepel pada handphone dengan hati-hati.
- sesudah terlepas cek PCB serta perhatikan bagian penerima frekuwensi, umumnya bentuk berdasarkan penerima sinyal bulan menonjol menggunakan lapisan tembaga kuning.
- Lepas bagian tersebut secara perlahan dan hati-hati.
- lakukan pengecekan pada bagian IC switch antena apakah rusak atau masih rupawan, apabila rusak maka bagian tersebut kemungkinan yg mengakibatkan hilangnya sinyal pada handphone dengan menggunakan multitester.
- lakukan pengecekan dalam IC Power Amplifier lantaran bila komponen ini rusak dapat mengakibatkan kerusakan dalam IC switch antena dengan menggunakan multitester.
-periksalah IC RF/Hangar dengan menggunakan multitester dimana komponen ini merupakan komponen primer yg mengontrol sinyal, lantaran komponen ini dilalui jalur penerima dan pengantar sinyal.
- setelah pengecekan bada bagian bagian diatas apabila masih ada komponen yg rusak ganti menggunakan menggunakan komponen yang baru.
- sehabis penggantian komponen yang rusak terselesaikan dilakukan pasang balik bagian-bagian handphone yang telah dibongkar menjadi misalnya semula dan jangan terdapat yang tertinggal.

Cara memperbaiki handphone yg nir terdapat sinyal ini sebernarnya dapat dilakukan buat semua jenis handphone. Akan tetapi jenis serta skema PCB menurut masing-masing handphone tidak sinkron maka wajib dilakukan menggunakan hati hati.

Comments