BEBERAPA JENIS VIRUS YANG MENYERANG KOMPUTER

Jenis virus personal komputer - Menurut wikipedia.org Virus komputer merupakan program komputer yg dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri serta menyebar menggunakan cara menyisipkan salinan dirinya ke pada acara atau dokumen lain di pada acara personal komputer . Secara umum virus komputer sanggup mengakibatkan perseteruan yang mungkin ada atau kerusakan pada personal komputer .
Virus komputer berdasarkan wikipedia juga mampu dipersepsikan atau bisa dianalogikan dengan virus biologis yg menyebar menggunakan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hayati. Virus komputer dapat menghambat (misalnya dengan Mengganggu data dalam dokumen), menciptakan pengguna komputer merasa terganggu, menghapus beberapa arsip, dokumen, softaware maupun nir mengakibatkan dampak sama sekali sehingga tidak bisa dideteksi.
Virus komputer umumnya dapat merusak aplikasi personal komputer dan tidak bisa secara eksklusif merusak perangkat keras personal komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat eksklusif. Sehingga secara kentara disebutkan bahwa virus sebenarnya tidak bisa Mengganggu hardware atau perangkat keras suatu komputer tetapi mampu menyebabkan pengaruh yang bisa menimbulkan kerusakan hardware seperti overheating atau panas pada personal komputer , program berjalan sangat lemot atau berat sehingga bisa menyebabkan kerusakan hardware seperti hard disk.
Dan yg paling merugikan serta kadang bisa membuat kita semakin repot dan pusing dampak virus ini merupakan pengaruh negatif virus personal komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yg membuat asal daya pada personal komputer (misalnya penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan.
Menurut beberapa penelitian mengenai virus komputer ini menerangkan hampir 95% virus personal komputer berbasis sistem operasi Windows dan sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, serta Sun Operating System. Dikategorikan menurut cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:
Worm
jenis virus ini merupakan sering menduplikatkan dirinya sendiri pada hard disk serta sanggup menyebabkan kasus dalam hard drive tersebut. Jika duplikat berdasarkan jenis virus ini berjumlah sangat banyak akan menciptakan sumber daya personal komputer (Hard disk) sebagai penuh akan worm itu serta berakibat kinerja personal komputer sebagai sangat berat serta lambat, nah apabila anda mengalami keluhan kinerja personal komputer anda menjadi melambat, berat atau lemot maka kemungkinan komputer anda terjangkit jenis virus ini.
Trojan
Trojan umumnya dibuat sang penghasil virus itu sendiri buat mengambil laba dari personal komputer kita. Umumnya virus jenis ini akan merogoh data dalam personal komputer yg sudah terinfeksi serta mengirimkannya dalam pembuat trojan itu sendiri sehingga virus jenis ini bersifat transporter atau pembawa.
   
Backdoor
Nah virus ini umumnya sporadis sanggup dideteksi lantaran virus jenis ini mempunyai tipe yg tersembunyi serta sporadis dikenalai. Hampir sama dengan trojan. Tetapi, Backdoor bisanya menyerupai arsip yg baik-baik saja. Misalnya exe pada game atau software tertentu.
   
Spyware
Virus yang paling umum dipakai buat menyadap suatu personal komputer . Virus ini akan memantau komputer yg terinfeksi.
   
Rogue
Rogue merupakan virus yg sekarang ini paling umum menyerang komputer. Rogue merupakan program yg meniru program antivirus serta menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, serta menaruh peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus misalnya layaknya antivirus yg umum digunakan. Untuk itu disarankan anda memakai antivirus terbaik dan terpercaya dengan kredibilitas terbukti.
Tujuannya adalah agar pengguna komputer atau user membeli serta mengaktivasi program antivirus palsu itu serta mendatangkan uang bagi penghasil virus rogue tersebut. Juga rogue bisa membuka celah keamanan dalam personal komputer guna mendatangkan virus lain.
   
Rootkit
Virus yg bekerja menyerupai kerja sistem personal komputer yang biasa saja. Sebagai akibatnya umumnya jenis virus ini tidak mudah buat dideteksi.
   
Polymorphic virus
Jenis virus ini seringkali berubah pada bentuk file, exe atau folder kosong. Virus yang gemar beubah-ubah supaya nir dapat terdeteksi.
   
Metamorphic virus
Virus yang mengganti pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
   
Virus ponsel
Virus yang berjalan di telepon seluler, serta dapat menyebabkan aneka macam macam impak, mulai dari menghambat telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, hingga menciptakan panggilan-panggilan membisu-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi menggunakan memakai antivirus adapun cara mencegahnya masuk dalam komputer anda. Jenis perangkat lunak ini bisa jua mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus personal komputer ini dapat dihapus menggunakan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik, atau peringkat berdasarkan program itu sendiri (Quantum).
Referensi : wikipedia.org

Comments