BEBERAPA CONTOH PUISI PENDEK KARYA SASTRAWAN BESAR INDONESIA

Berikut tersaji contoh-model puisi karya penyair dan sastrawan populer Indonesia. Penyair-penyair tadi merupakan pelopor serta tokoh di angkatannya masing-masing.

Sebuah puisi adalah karya sastra yg singkat dan padat.singkat dan padat berarti pendek tapi berisi. Bukan sekadar singkat, dalamsetiap baris atau larik puisi yang pendek, terdapat makna yang sangat dalam danpanjang.


Meskipun sebuah puisi hanya terdiri berdasarkan beberapa baris yangsingkat dan nir panjang, tetapi kedalaman maknanya mampu diuraikan dengansangat panjang lebar. Pendeknya sebuah puisi, memberitahuakn kepiawaian penyairatau penulisnya yg sanggup mendeskripsikan puisi hanya menggunakan beberapa kata.

Bukan berarti puisi yang nir pendek justru puisi yangbertele-tele. Ada kalaya puisi penyair justru sangat panjang namun untukmenggambarkan kelengkapan pikiran. Misalnya puisi-puisi WS Rendra yang memangtidak pernah (mungkin) menulis puisi dengan syair yg pendek.

Lain halnya dengan puis Sitor Situmorang, Puisi ChairilAnwar, serta Puisi Sapardi Djoko Damono

Puisi Pendek Karya Sitor Situmorang

Malam Lebaran


Bulan di atas kuburan



Menurut saya, puisi Karya Sitor Situmorang yang berjudul MalamLebaran di atas merupakan puisi paling pendek yang lengkap. Ada beberapa puisiyang pendek, namun termasuk puisi pada masa ini yang bahkan tidak menggunakan kata.

Puisi Pendek Karya Sapardi Djoko Damono

Aku Ingin


Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

dengan kata yang tidak sempat diucapkan kayu

kepada barah yang menjadikannya abu.


Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan

kepada hujan yang menjadikannya tiada.


Puisi di atas terdiri menurut dua bait yg masing-masing baithanya terdiri menurut 3 baris. Maka puisi pada atas termasuk dalam puisi pendek.


Puisi pendek Karya Chairil Anwar


Selamat Tinggal


Aku bekaca


Ini muka penuh luka

Siapa punya


Kudengar seru menderu

Dalam hatiku

Apa hanya angin lalu


Lagu lain pula

Menggelepar tengah malam buta


Ah


Segala menebal, segalamengental

Segala tak kukenal

Selamat tinggal



Puisi di atas jua termasuk puisiyang pendek. Seperti ciri khasnya, Puisi Chairil Anwar selalu pendek-pendek.tidak terdapat yg lebih berdasarkan dua page bila dituliskan dalam buku kumpulanpuisi. Dalam puisi-puisinya yang pendek, Chairil mampu menumbuhkan semangat dizamannya.



Sekian model-model puisi pendekdari para sastrawan akbar Indonesia. Mari buat puisi pendek kita sendiri.

Comments