BAHAN ALAT PENANGKAP IKAN DARI SERAT ALAMI HEWANI

Bahan Alat Penangkap Ikan Dari Serat Alami Hewani - Serat hewani (Animalfiber) umumnya sebagian akbar  terdiri  menurut  protein, yang  secara   eksklusif dapat digunakan merupakan sutra (silk), bulu (hair/fur) atau dikenal dengan nama wool. Serat hewani yg umum diggunakan merupakan yang berasal menurut bulu.

BAHAN ALAT PENANGKAP IKAN DARI SERAT ALAMI HEWANI

SERAT ALAMI HEWANI

1. Serat sutra

Serat Sutra merupakan sarat alami hewani yang pada dapatkan menurut hewan ulat. Dan lantaran asal menurut ulat bernama sutra maka benang atau seratnya pada namakan serat sutra. 

Jenis Serat sutra merupakan galat satu bahanb alat penangkap ikan dari serat alami hewani yg mungkin jarang di pakai buat kepentingan menangkap ikan. Mengingat mahalnya harga menurut serat alami berdasarkan serat sutra.

Untuk karakteristik jenis serat sutra merupakan galat satu serat alami hewani yg terkuat pada global, bahkan kekuatannnya melebih baja dan besi jika menggunakan tebal yg sama. Untuk kadar kekuatannya, 

Serat sutra jika Dalam keadaan kemarau kekuatan serat sutera 4 – 4.5 g/denier menggunakan mulur 20 – 25 % serta sedangkan serat sutra pada keadaan basah kekuatannya 3.lima – 4.0 g/denier dengan mulur 25 – 30 %. 


Serat sutera bisa balik kepanjang semula sehabis mulur 4%, tetapi jikalau mulurnya lebih berdasarkan 4 % pemulihannya lambat dan tidak pulang kepanjang semula.

kandungan Moiture regain pada serat sutera mentah 11%, namun selesainya dihilangkan atau di kurangi serisinnya sebagai 10%. 

Sifat spesifik dari sutera merupakan bunyi gemerisik (scroop) yang timbul bila serat saling bergeseran. Berat jenis sutera mentah 1.33 dan sutera yang sudah dihilangkan serisinnya 1.25 g/mL

2. Serat wol.


Serat alami hewani yg lkain adalah serat wol. Serat wol ini cukup murah pada banding kan menggunakan serat sutra. Karena jenis serat alami hewani ini pada dapat dari rambut fauna terutama domba dan kambing. 

Untuk jenis serat alami hewani Serat wol, serat ini tumbuh dari kulit domba serta adalah serat yang relatif kasar serta berkerut dengan sisik dalam permukaannya. Kelebihannya murah dan Serat wol terdiri dari protein. 

Tampilan serat bervariasi tergantung dalam jenis domba. Serat yg lebih halus, lebih lembut dan lebih hangat cenderung mempunyai lebih poly sisik serta lebih halus. Serat yang lebih tebal dan kurang hangat memiliki lebih sedikit sisik serta kasar. 


Pada umumnya kualitas dari serat wol yg lebih baik dimana  mempunyai karakteristik menggunakan sisik yang lebih halus dan tampak kusam daripada kualitas serat wol yg berkualitas jelek dimana nampak cerah yang mempunyai lebih sedikit sisik.`

Karakteristik Serat alami hewani


Tampak berkerut

Elastis

Higroskopis, gampang menyerap kelembaban

Menyatu pada suhu lebih tinggi daripada kapas

Tingkat penyebaran api, divestasi panas dan panas pembakaran lebih rendah

Tahan terhadap listrik statis

Berbeda dengan serat Buatan


Sumber : Materi Bahan Alat Tangkap Ikan, Yusrizal

 Artikel terkait Bahan Alat Penangkap Ikan Dari Serat Alami Mineral

Semoga Bermanfaat...

Comments