BAGAIMANAKAH CARA MEMPERBAIKI MEMORY CARD HANDPHONE YANG RUSAK


Cara memperbaiki memory card handphone - Memory card adalah kartu mikro yg mempunyai banyak manfaat bagi pengguna handphone. Dengan adanya memory card ini seluruh pesan, aplikasi, video, gambar bisa disimpan menggunakan baik. Kartu memori ini sangat rentan menggunakan kerusakan yg secara umum dialami sang pengguna memory card adalah memory card nir terbaca oleh handphone atau personal komputer .
Kerusakan memory card yang tak jarang kita jumpai sering disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
- Rentan Terserang Virus
Memory card nir memiliki sistem antivirus misalnya pada perangkat komputer, sehingga waktu memory card terhubung dengan perangkat yang terinfeksi virus maka secara otomatis memory card tersebut akan terjangkit virus tadi.

- Sering dipindahkan dari satu perangkat ke perangkat lain
Seringnya memindahkan memory card berdasarkan satu perangkat ke perangkat lain secara nir sadar acapkali kita lakukan. Ternyata hal ini memberikan efek negatif pada memory card yaitu menurunkan kinerja memory karena dengan berpindahnya dari saru perangkat ke perangkat lain akan memaksa memory card tadi buat bekerja esktra menyesuaikan dengan sistem perangkat tadi.

- Tersentuh Magnet pada saat lama
sebisa mungkin hindarkan magnet dalam bentuk apapun berdasarkan memory card, karena magnet ini dapat menghambat partikel-partikel yang masih ada pada pada lempengan memory card.
Cara memperbaiki memory card handphone yang rusak bisa kita lakukan menggunakan beberapa cara sebagai berikut:
- Bersihkan Memory Card secara manual
Membersihkan memory card secara manual disarankan jika memory tidak terbaca pada komputer ataupun handphone karena kotor karena karat pada tembaga atau kuningan di memory. Cara membersihkannya dengan menggunakan penghapus pensil. Gunakan penghapus pensil untuk membersihkan bagian karat pada tembaga atau kuningan. Setelah itu coba pasang ke handphone atau personal komputer . Jika langkah ini nir berhasil maka lakukan langkah berikutnya

- Tindakan Format menggunakan menggunakan windows explorer
1. Cabut kartu memori dari handphone, kemudian pasang ke komputer menggunakan card reader atau kabel data
2. Buka Explorer kemudian pilih drive sinkron loka memory card, lalu klik kanan
3. Pada saat klik kanan maka akan timbul pilihan (FAT, FAT32, NTSC, dan lainnya). Pastikan buat pilihan tadi adalah FAT.
4. Terakhir klik "format now" dan tunggu sampai selesai.

Apabila langkah ini berhasil maka selamat anda sudah bisa memakai memory card anda balik . Namun apabila masih nir dapat terbaca maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut.

- Tindakan Format dengan memakai Format Command Line
1. Buka menu start, pilih atau ketik RUN maka akan muncul tampilan baru
2. Pada tampilan tadi ketik CMD dan enter maka akan muncul format MSDOS Command Promp
3. Ketik FORMAT (letak memory card) : /FS:FAT tekan enter

- Back up isi memory card
Merupakan cara yg telah dilupakan sebagian akbar orang. Membackup data yg masih ada pada pada memory card merupakan sebuah langkah kecil untuk mencegah hilangnya data yg masih ada di pada memory card meskipun hanya sebagian data yang kita backup tidak terdapat salahnya daripada kita kehilangan seluruh data yg kita punya.

Cara memperbaiki memory card handphone diatas hanya dipakai buat memperbaiki kerusakan yang sifatnya bukan bad sector, jika kerusakan sifatnya bad sector alangkah baiknya buat memakai garansi pada memory card tersebut.

Comments