BAGAIMANA SIH CARA KERJA WIFI POSITIONING SYSTEM

Wi-Fi Positioning System (WPS) adalah istilah yg dipelopori oleh Skyhook Wireless buat menggambarkan sistem lokasi berbasis Wi-Fi. Namun, perusahaan lain seperti Google, Apple, serta Microsoft memakai GPS buat menentukan jaringan Wi-Fi pula, yang kemudian bisa dipakai untuk menemukan lokasi seorang yg hanya berdasarkan pada Wi-Fi.
Terkadang, aplikasi GPS meminta engkau buat mengaktifkan Wi-Fi buat menerima lokasi yang lebih akurat. Mungkin aneh cita rasanya menduga bahwa Wi-Fi engkau ada kaitannya dengan pelacakan GPS, tetapi keduanya bisa bekerja sama untuk lokasi yang lebih sempurna.
Wi-Fi GPS, jika engkau ingin menyebutnya, sangat berguna di daerah perkotaan di mana masih ada penyiaran jaringan Wi-Fi di seluruh loka. Tetapi, manfaatnya lebih besar lagi bila engkau mempertimbangkan adanya beberapa situasi pada mana GPS sulit bekerja, seperti pada bawah tanah, di gedung atau mall pada mana GPS terlalu lemah atau terputus-putus.
Yang perlu diingat merupakan WPS tidak bekerja ketika berada pada luar jangkauan frekuwensi Wi-Fi, jadi apabila tidak ada jaringan Wi-Fi, fitur WPS ini tidak akan berfungsi.
Catatan: WPS juga adalah singkatan berdasarkan Wi-Fi Protected Setup namun tidak sama dengan Wi-Fi Positioning System. Ini mampu membingungkan lantaran keduanya berkaitan menggunakan Wi-Fi tetapi yang pertama merupakan sistem jaringan nirkabel yg dimaksudkan buat membuatnya lebih cepat bagi perangkat buat terhubung ke jaringan.

Cara Kerja Layanan Lokasi Wi-Fi

Perangkat yg mempunyai GPS serta Wi-Fi bisa dipakai buat mengirim berita mengenai jaringan balik ke perusahaan GPS sebagai akibatnya mereka bisa memilih di mana jaringan berada.
Cara kerjanya merupakan menggunakan menyuruh perangkat mengirim access point BSSID (MAC address) bersama lokasi yang dipengaruhi sang GPS.
Bila GPS digunakan buat menentukan lokasi perangkat, ia pula akan memindai jaringan terdekat buat mendapatkan warta yang dapat diakses publik yg bisa digunakan untuk mengidentifikasi jaringan. Begitu lokasi serta jaringan terdekat ditemukan, informasinya dicatat secara online.
Jika seorang berada di dekat salah satu jaringan tersebut namun mereka tidak memiliki frekuwensi GPS yang cantik, layanan ini dapat digunakan buat menentukan perkiraan lokasi lantaran lokasi jaringan diketahui.
Mari kita gunakan sebuah contoh buat menciptakan ini lebih mudah dipahami.
Kamu memiliki akses GPS penuh serta Wi-Fi kamu dihidupkan di toko. Lokasi toko mudah dicermati lantaran GPS engkau berfungsi, jadi lokasi engkau dan beberapa informasi tentang jaringan Wi-Fi di dekatnya dikirim ke vendor (misalnya Google atau Apple).
Kemudian, orang lain memasuki toko menggunakan Wi-Fi akan tetapi tidak terdapat frekuwensi GPS karena ada badai di luar, atau mungkin GPS telepon nir berfungsi dengan baik. Either way, sinyal GPS terlalu lemah buat memilih lokasi. Namun, karena lokasi jaringan terdekat diketahui (karena ponsel kamu mengirimkan liputan itu), lokasi masih bisa dikumpulkan meski GPS tidak berfungsi.
Informasi ini terus disegarkan oleh vendor misalnya Microsoft, Apple, serta Google, serta semuanya dipakai buat memberikan layanan lokasi yg lebih seksama kepada pengguna mereka. Yang perlu diingat adalah bahwa berita yang mereka kumpulkan adalah pengetahuan generik; mereka tidak memerlukan istilah sandi Wi-Fi buat membuatnya bekerja.
Secara anonim memilih lokasi pengguna dengan cara ini merupakan bagian dari hampir seluruh persyaratan layanan operator seluler, meskipun kebanyakan telepon memungkinkan pengguna buat menonaktifkan layanan lokasi.
Demikian pula, jika engkau nir ingin jaringan nirkabel kamu digunakan dengan cara ini, kamu mungkin mampu menentukan buat nir ikut serta.

Menyisih berdasarkan Pelacakan Wi-Fi

Google menyertakan cara buat administrator jalur akses Wi-Fi (termasuk Anda apabila Anda memiliki Wi-Fi pada tempat tinggal atau mengendalikan Wi-Fi tempat kerja) untuk menyisih berdasarkan WPS database. Cukup tambahkan _nomap ke akhir nama jaringan (contohnya., Mynetwork_nomap) serta Google tidak akan memetakannya lagi.
Lihat page Opt-Out Skyhook bila Anda ingin Skyhook berhenti memakai jalur akses buat posisi kamu.

Comments