AUNI NAQQASY OGLU KALIGRAFER OTODIDAK YANG SUKSES


Auni Naqqaasy Oglu kaligrafer berdasarkan Kirkuk Irak.

Nama lengkapnya merupakan Auni Adil Abbas An-Naqqasy. Ia lahir pada Kirkuk Iraq pada tahun 1961 M. Pada umur 11 tahun beliau mulai menghafal Al Qur'an, hingga umur 18 tahun. Dibandingkan teman temannya, beliau terhitung lambat menghafal Al Qur'an karena fokus mengusut huruf huruf naskhi Mushaf Al Qur'an tulisan Muhammad Amin Rusydi. Tulisan Amin Rusydi ini dia dalami rahasianya serta cara cara menggoreskannya. 

Kesibukannya mengamati goresan pena mushaf ini juga yang sebagai sebab utama dia menekuni kaligrafi. Ia belajar kaligrafi secara otodidak melalui buku kitab Hasyim Muhammad Baghdadi.

Pada tahun 1990 ia mulai mengusut karya karya kaligrafer Turki misalnya Muhammad Amin Yaziji, Muhammad Syauqi, Sami Afandi, Hamid Al Amidi dan Abdul Azis Rifa'i. Juga secara otodidak melalui karya karya mereka. Hasil latihannya disodorkan pada kaligrafer Fuad Basyar buat pada koreksi.

Dari tokoh tokoh kaligrafer Turki itu, beliau paling terpukau dengan karya Muhammad Amin Yaziji, sang kaligrafer sekaligus peniup seruling itu. Ia sering memandanginya usang lama . Selain Muhammad Amin, ia juga mengagumi Muhammad Izzat. Karena sejak umur 9 tahun beliau sudah memiliki karya karya Muhammad Izzat berdasarkan pamannya yang berprofesi menjadi kaligrafer.

Tahun 1991 dia telah menciptakan sekolah kaligrafi, serta segera menarik para pemuda berbakat untuk belajar padanya. Ia telah menanamkan kecintaan dalam kaligrafi di hati anak anak belia.


Dengan kemampuan otodidaknya, ternyata Auni Naqqasy berhasil sebagai kaligrafer sukses. Ia mengadakan poly pameran dan meraih poly penghargaan pada ajang lomba kaligrafi internasional. Antara lain kampiun I dalam festival kaligrafi pada Arbil (tahun 2000), serta berkali kali meraih juara harapan (jaizah taqdiriyah) pada lomba yang diselenggarakan IRCICA.

Auni menguasai hampir seluruh jenis kaligrafi (kecuali kaligrafi Farisi). Terutama, ia sangat menguasai Tsukuts dan Naskh. Saat ini Auni sedang menuntaskan mushaf Al Qur'an berukuran 70 x 50 cm.

Berikut ini karya karyanya :













Comments