ASAL USUL INTERNET

Internet telah merevolusi komputer serta komunikasi dunia. Penemuan telegraf, telepon, radio, serta personal komputer mengatur kemampuan anjung buat integrasi belum pernah terjadi sebelumnya. Internet sekaligus kemampuan semua dunia penyiaran, mekanisme diseminasi fakta, dan media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dan personal komputer mereka tanpa memperhatikan lokasi geografis. Internet adalah galat satu contoh paling sukses dari manfaat investasi berkelanjutan dan komitmen untuk penelitian dan pengembangan infrastruktur kabar. Dimulai dengan penelitian awal di packet switching, pemerintah, industri dan akademisi telah menjadi mitra pada mengembangkan dan menerapkan teknologi baru yang menarik ini.  Hal ini dimaksudkan buat menjadi sejarah singkat, tentu sepintas dan tidak lengkap. Banyak bahan saat ini ada sekitar Internet, meliputi sejarah, teknologi, dan penggunaan. Hampir pada seluruh toko buku anda akan menemukan buku tertulis mengenai Internet.
Dalam goresan pena ini, poly pengembangan serta evolusi menurut pandangan pangsa Internet tentang dari-usul serta sejarah. Sejarah ini berkisar empat aspek yg tidak sama. Ada evolusi teknologi yang dimulai dengan penelitian awal pada packet switching dan ARPANET (dan teknologi yang terkait), dan pada mana penelitian ketika ini terus memperluas cakrawala infrastruktur sepanjang beberapa dimensi, seperti skala, kinerja, dan fungsionalitas taraf yg lebih tinggi. Ada operasi dan manajemen aspek infrastruktur operasional global dan kompleks. Ada aspek sosial, yg menyebabkan masyarakat luas internet bekerja sama buat membentuk serta menyebarkan teknologi. Dan ada aspek komersialisasi, sebagai akibatnya transisi sangat efektif dari output penelitian ke dalam infrastruktur fakta secara luas digunakan dan tersedia.

Internet saat ini merupakan infrastruktur informasi luas, prototipe awal apa yg seringkali diklaim Nasional (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure. Sejarahnya sangat kompleks dan melibatkan poly aspek - teknologi, organisasi, dan rakyat. Dan pengaruhnya mencapai tidak hanya buat bidang teknis komunikasi komputer tetapi seluruh masyarakat seperti yang kita beranjak ke arah peningkatan penggunaan indera-alat online buat mencapai perdagangan elektro, akuisisi fakta, dan operasi masyarakat.

Asal-usul Internet


Deskripsi mencatat pertama menurut hubungan sosial yang dapat diaktifkan melalui jaringan adalah serangkaian memo yang ditulis oleh JCR Licklider dari MIT dalam Agustus 1962 membahasnya tentang konsep "Galactic Network". Dia membayangkan sebuah set saling berhubungan secara global dari komputer mana setiap orang bisa menggunakan cepat mengakses data serta acara menurut situs manapun. Semangat konsep tadi sangat seperti dengan Internet hari ini. Licklider merupakan pimpinan pertama berdasarkan acara penelitian komputer pada DARPA, yg dimulai bulan Oktober 1962. Sementara pada DARPA dia meyakinkan para penggantinya pada DARPA, Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan seseorang peneliti MIT Lawrence G. Roberts, tentang pentingnya konsep jaringan ini.

Leonard Kleinrock di MIT menerbitkan makalah pertama pada teori packet switching dalam bulan Juli 1961 serta yg buku pertama tentang subjek dalam tahun 1964. Kleinrock meyakinkan Roberts dari kelayakan teoritis komunikasi memakai paket bukan sirkuit, yg merupakan langkah akbar di sepanjang jalan menuju komputer jaringan. Langkah krusial lainnya adalah buat menciptakan personal komputer berbicara beserta-sama. Untuk menjelajahi, dalam tahun 1965 bekerja sama dengan Thomas Merrill, Roberts menghubungkan komputer TX-dua di Mass. Untuk Q-32 pada California menggunakan saluran telepon dial-up berkecepatan rendah menciptakan pertama wide-area jaringan komputer (tetapi kecil) yang pernah dibangun . Hasil penelitian ini merupakan kesadaran bahwa komputer saat beserta sanggup bekerja sama dengan baik, menjalankan acara serta merogoh data yg diperlukan pada mesin remote, namun rangkaian saklar system telepon kurang mendukung tadi. Hipotesis Kleinrock tentang perlunya packet switching dikonfirmasi.

Pada tahun 1966 Roberts pergi ke DARPA buat mengembangkan konsep jaringan personal komputer serta menggunakan cepat merumuskan nya planning untuk "ARPANET" , dipublikasikan dalam tahun 1967. Pada saat konferensi dimana beliau harus mempresentasikan makalahnya, terdapat jua sebuah makalah tentang konsep jaringan paket dari Inggris sang Donald Davies dan Roger Scantlebury menurut NPL. Scantlebury mengatakan dalam Roberts tentang riset yang dilakukan NPL serta yg menurut Paul Baran dan lainnya pada RAND. Kelompok RAND sudah menulis makalah tentang jaringan packet switching buat suara aman pada militer dalam tahun 1964. Itu terjadi bahwa bekerja di MIT (1961-1967), pada RAND (1962-1965), serta pada NPL (1964-1967) mempunyai semua berjalan secara paralel tanpa galat satu peneliti mengetahui tentang pekerjaan lain. Kata "paket" diadopsi dari hasil kerja grup NPL serta diusulkan untuk digunakan dalam desain ARPANET ditingkatkan menurut 2.4 kbps sebagai 50 kbps.
Pada bulan Agustus tahun 1968, sehabis Roberts serta masyarakat yg didanai DARPA merevisi seluruh struktur serta spesifikasi ARPANET, sebuah RFQ dirilis DARPA buat pengembangan galat satu komponen kunci, switch paket yg dianggap Interface Message Processors (IMP ini). RFQ dimenangkan pada bulan Desember 1968 oleh sebuah gerombolan yg dipimpin sang Frank Hati di Bolt Beranek dan Newman (BBN). Sebagai tim BBN bekerja pada IMP dengan Bob Kahn memainkan kiprah primer dalam desain arsitektur ARPANET keseluruhan, topologi serta ekonomi jaringan dibuat serta dioptimasi sang Roberts beserta Howard Frank dan timnya dari Network Analysis Corporation, serta sistem pengukuran jaringan disusun sang tim pimpinan Kleinrock di UCLA.

Karena perkembangan awal Kleinrock teori packet switching dan fokus dalam analisis, desain serta pengukuran, maka Network Measurement Center di UCLA terpilih sebagai node pertama pada ARPANET. Semua ini tiba bersama-sama pada bulan September 1969 waktu BBN menginstal IMP pertama pada UCLA dan host komputer pertama terhubung. Proyek Doug Engelbart pada "Augmentation of Human Akal" (yg termasuk NLS, sistem hypertext awal) pada Stanford Research Institute (SRI) yg tersedia node ke 2. SRI mendukung Network Information Center, dipimpin sang Elizabeth (Jake) Feinler dan termasuk fungsi seperti memelihara tabel nama host ke pemetaan alamat serta direktori RFC ini.

Satu bulan kemudian, pada saat SRI sudah tersambung ke ARPANET, pesan host-to-host pertama dikirim berdasarkan laboratorium Kleinrock ke SRI. Dua node lainnya segera dibangun pada UC Santa Barbara dan University of Utah. Kedua node terakhir dimasukkan proyek aplikasi visualisasi, dengan Glen Culler dan Burton Fried di UCSB mempelajari metode buat menampilkan fungsi-fungsi matematika memakai display penyimpanan buat menangani masalah refresh melewati net, dan Robert Taylor dan Ivan Sutherland di Utah menyelidiki metode 3 representasi -D melewati net. Dengan demikian, pada akhir tahun 1969, empat host komputer yg terhubung beserta-sama ke ARPANET awal, serta tunas Internet adalah menurut tanah. Bahkan pada termin awal ini, perlu dicatat bahwa penelitian jaringan dimasukkan keduanya bekerja pada jaringan yg mendasari serta bekerja pada bagaimana memanfaatkan jaringan. Tradisi ini berlanjut sampai hari ini.

Komputer ditambahkan menggunakan cepat ke ARPANET dalam tahun-tahun berikutnya, dan bekerja terus pada merampungkan protokol Host-to-Host fungsional yang lengkap dan aplikasi jaringan lainnya. Pada bulan Desember tahun 1970 Kelompok Kerja Jaringan (NWG) bekerja di bawah S. Crocker menyelesaikan inisial ARPANET protokol Host-to-Host, yang dianggap Network Control Protocol (NCP).arpaNET secara lengkap mempergunakan NCP selama periode 1971-1972 serta para pengguna jaringan personal komputer akhirnya bisa mulai membuatkan aplikasi.

Pada bulan Oktober tahun 1972, Kahn mengorganisir demonstrasi besar yang sangat sukses ARPANET pada International Computer Communication Conference (ICCC). Ini merupakan demonstrasi publik pertama berdasarkan teknologi jaringan baru kepada publik. Itu juga dalam tahun 1972 bahwa awal "panas" pelaksanaan, surat elektronik, diperkenalkan. Pada bulan Maret Ray Tomlinson di BBN menulis pesan email dasar mengirim dan membaca aplikasi, termotivasi sang kebutuhan pengembang ARPANET buat mekanisme koordinasi yg gampang. Pada bulan Juli, Roberts diperluas utilitas dengan menulis acara utilitas email pertama yang daftar, selektif membaca, arsip, forward, serta menanggapi pesan. Dari sana email melepas sebagai pelaksanaan jaringan terbesar selama lebih berdasarkan satu dasa warsa. Ini merupakan tanda berdasarkan jenis aktivitas yg kita lihat di World Wide Web saat ini, yaitu, pertumbuhan yang besar dari semua jenis  lalu lintas "orang-per-orang".

Awal Konsep Internet

ARPANET asli tumbuh menjadi Internet. Internet didasarkan dalam pandangan baru bahwa akan ada beberapa jaringan independen dari desain agak sewenang-wenang, dimulai dengan ARPANET sebagai jaringan paket switching perintis, tapi segera memasukkan jaringan satelit paket, paket jaringan radio berbasis darat dan jaringan lainnya. Internet misalnya sekarang kita tahu itu mewujudkan inspirasi teknis yang mendasari kunci, yaitu bahwa dari jaringan arsitektur terbuka. Dalam pendekatan ini, pilihan teknologi jaringan individu tidak didikte oleh arsitektur jaringan eksklusif, namun bisa dipilih secara bebas sang penyedia dan membuat interwork menggunakan jaringan lain melalui meta-level "Internetworking Architecture". Sampai saat itu hanya ada satu metoda umum buat jaringan penyatuan. Ini adalah metode switching sirkuit tradisional pada mana jaringan akan interkoneksi di tingkat sirkuit, melewati bit individual secara synchronous sepanjang bagian menurut suatu rangkaian end-to-end antara sepasang lokasi akhir. Ingat bahwa Kleinrock sudah menerangkan dalam tahun 1961 bahwa packet switching adalah metode switching yg lebih efisien. Seiring menggunakan packet switching, pengaturan tujuan interkoneksi khusus antara jaringan yang kemungkinan lain. Sementara ada cara terbatas lainnya buat menghubungkan jaringan yg tidak sinkron, mereka membutuhkan satu yang akan digunakan menjadi komponen yg lain, daripada bertindak sebagai rekan yg lain dalam memberikan layanan end-to-end.

Dalam jaringan terbuka-arsitektur, jaringan individu bisa dibuat secara terpisah serta dikembangkan dan masing-masing mungkin mempunyai antarmuka yang unik yg dapat memperlihatkan kepada pengguna dan / atau penyedia lain. Termasuk penyedia layanan Internet lainnya. Setiap jaringan bisa didesain sesuai dengan lingkungan serta pengguna persyaratan tertentu dari jaringan itu. Ada umumnya tidak terdapat hambatan dalam jenis jaringan yg dapat dimasukkan atau cakupan geografis mereka, meskipun pertimbangan pragmatis tertentu akan mendikte apa yang lumrah buat memberikan.

Ide jaringan arsitektur terbuka pertama kali diperkenalkan oleh Kahn tak lama setelah datang di DARPA dalam tahun 1972. Karya ini awalnya bagian berdasarkan program radio paket, tetapi lalu sebagai acara terpisah dalam dirinya sendiri. Pada waktu itu, acara ini dianggap "Internetting". Kunci buat membuat sistem paket radio bekerja merupakan protokol end-end yang handal yg mampu menjaga komunikasi yg efektif dalam menghadapi jamming serta interferensi radio lainnya, atau menunda pemadaman intermiten seperti yang disebabkan sang berada di terowongan atau diblokir oleh wilayah setempat. Kahn pertama merenungkan membuatkan protokol lokal hanya buat jaringan radio paket, karenanya akan menghindari harus berurusan dengan banyak sistem operasi yang tidak selaras, serta terus memakai NCP.

Namun, NCP tidak mempunyai kemampuan buat mengatasi jaringan (dan mesin) hilir berdasarkan tujuan IMP pada ARPANET dan menggunakan demikian beberapa perubahan NCP jua akan diharapkan. (Asumsinya adalah bahwa ARPANET tidak berubah pada hal ini). NCP mengandalkan ARPANET buat menyediakan keandalan end-to-end. Apabila ada paket yang hilang, protokol (serta mungkin pelaksanaan itu didukung) akan datang ke berhenti grinding. Dalam contoh ini NCP nir mempunyai akhir-akhir kontrol kesalahan tuan rumah, lantaran ARPANET adalah untuk sebagai satu-satunya jaringan yang terdapat dan itu akan sangat handal yang terdapat kontrol kesalahan akan diperlukan dalam bagian menurut host. Dengan demikian, Kahn menetapkan untuk menyebarkan sebuah versi baru protokol yg bisa memenuhi kebutuhan lingkungan jaringan terbuka-arsitektur. Protokol ini lalu diklaim Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP). Sementara NCP cenderung bertindak misalnya device driver, protokol baru akan lebih misalnya sebuah protokol komunikasi.

Empat aturan dasar yg penting buat berpikir awal Kahn:

Setiap jaringan yang tidak selaras harus berdiri sendiri serta tidak terdapat perubahan, internal bisa diminta ke jaringan tersebut buat terhubung ke Internet.

Komunikasi akan berada dalam upaya dasar terbaik. Jika paket tidak sampai ke tujuan akhir, akan segera ditransmisikan ulang dari sumber.

kotak hitam akan dipakai buat menghubungkan jaringan; ini lalu akan diklaim gateway dan router. Tidak akan terdapat informasi disimpan sang gateway mengenai arus individu paket melewati mereka, dengan demikian menjaga mereka sederhana serta menghindari adaptasi yang rumit serta pemulihan dari banyak sekali mode kegagalan.

Tidak akan terdapat kontrol dunia dalam taraf operasi.

masalah utama yg perlu ditangani adalah:
Algoritma buat mencegah paket hilang berdasarkan permanen menonaktifkan komunikasi serta memungkinkan mereka buat berhasil dipancarkan dari asal.

Menyediakan buat host-to-host "pipelining" sebagai akibatnya beberapa paket mampu enroute dari asal ke tujuan dalam kebijaksanaan berdasarkan host yg berpartisipasi, bila jaringan menengah mengijinkannya.

fungsi gerbang buat memungkinkan buat meneruskan paket tepat. Ini termasuk menafsirkan header IP untuk routing, penanganan interface, melanggar paket menjadi rabat-potongan kecil jika perlu, dll

·Kebutuhan checksum akhir-akhir, reassembly paket berdasarkan fragmen dan deteksi duplikasi, apabila ada.
·Kebutuhan global yang menangani
·Teknik untuk host-to-host kontrol genre.
·Berinteraksi menggunakan aneka macam sistem operasi
·Ada jua kekhawatiran lainnya, misalnya efisiensi pelaksanaan, kinerja internetwork, namun ini adalah pertimbangan sekunder dalam awalnya.

Kahn mulai bekerja pada sebuah set komunikasi berorientasi prinsip sistem operasi sementara pada BBN serta didokumentasikan beberapa pikiran awal pada sebuah memorandum BBN internal yg berjudul " Prinsip Komunikasi buat Sistem Operasi ". Pada titik ini ia menyadari hal itu akan dibutuhkan buat memeriksa rincian aplikasi setiap sistem operasi buat memiliki kesempatan buat menanamkan setiap protokol baru secara efisien. Dengan demikian, pada demam isu semi tahun 1973, setelah memulai bisnis Internetting, dia bertanya Vint Cerf (kemudian di Stanford) buat bekerja menggunakan dia dalam desain rinci protokol. Cerf telah erat terlibat dalam desain NCP asli dan pengembangan dan sudah mempunyai pengetahuan mengenai interfacing ke sistem operasi yang terdapat. Jadi bersenjata dengan pendekatan arsitektur Kahn ke sisi komunikasi dan menggunakan pengalaman NCP Cerf, mereka bekerja sama buat menguraikan rincian berdasarkan apa yg sebagai TCP / IP.

memberi dan mengambil sangat produktif dan menulis versi pertama 7 berdasarkan pendekatan yg didapatkan didistribusikan dalam rendezvous spesifik menurut Kelompok Jaringan Internasional Kerja (INWG) yg sudah dibentuk pada sebuah konferensi pada Sussex University pada September 1973. Cerf telah diundang buat kursi kelompok ini serta menggunakan kesempatan itu buat mengadakan kedap anggota INWG yg berat diwakili dalam Konferensi Sussex.

Beberapa pendekatan dasar ada menurut kerja sama antara Kahn dan Cerf:
Komunikasi antara dua proses secara logis akan terdiri menurut genre yang sangat panjang byte (mereka menyebutnya oktet). Posisi setiap oktet di sungai akan digunakan untuk mengidentifikasi itu.
kontrol aliran akan dilakukan dengan menggunakan jendela geser serta pengakuan (ACK). Tujuan mampu memilih kapan wajib mengakui serta setiap ACK balik akan kumulatif buat seluruh paket yg diterima ke titik itu.
Itu dibiarkan terbuka buat persis bagaimana sumber dan tujuan akan sepakat dalam parameter windowing yang akan digunakan. Default digunakan awalnya.
Meskipun Ethernet berada pada bawah pembangunan pada Xerox PARC dalam saat itu, proliferasi LAN tidak membayangkan pada waktu, PC jauh lebih sedikit dan workstation. Model orisinil adalah jaringan tingkat nasional misalnya ARPANET yg hanya sejumlah nisbi kecil diperkirakan ada. Jadi alamat IP 32 bit dipakai dimana 8 bit pertama mengindikasikan jaringan dan sisanya 24 bit yg ditunjuk host pada jaringan itu. Asumsi ini, bahwa 256 jaringan akan relatif buat masa mendatang, kentara membutuhkan pertimbangan ulang waktu LAN mulai timbul di akhir 1970-an.

Asli kertas Cerf / Kahn pada Internet yg dijelaskan satu protokol, yg disebut TCP, yang menyediakan seluruh transportasi dan forwarding layanan pada Internet. Kahn sudah dimaksudkan bahwa dukungan protokol TCP banyak sekali layanan transportasi, dari pengiriman sahih-benar dapat diandalkan sequencing data (model virtual circuit) ke layanan datagram pada mana pelaksanaan menciptakan penggunaan eksklusif dari layanan jaringan yg mendasarinya, yg mungkin menyiratkan sekali waktu hilang, rusak atau paket mengatur kembali. Tetapi, upaya awal buat menerapkan TCP mengakibatkan versi yang hanya diperbolehkan buat sirkuit impian. 

Model ini bekerja menggunakan baik buat transfer arsip serta pelaksanaan remote login, tapi beberapa pekerjaan awal dalam aplikasi jaringan sophisticated, suara paket eksklusif pada tahun 1970, menjelaskan bahwa pada beberapa kasus kerugian packet nir harus diperbaiki sang TCP, namun harus dibiarkan buat pelaksanaan buat menangani. Hal ini mengakibatkan reorganisasi TCP orisinil ke 2 protokol, IP sederhana yg tersedia hanya buat menangani dan forwarding paket individu, dan TCP terpisah, yang prihatin dengan fitur layanan misalnya kontrol aliran serta pemulihan menurut paket yang hilang. Untuk aplikasi yang nir ingin jasa TCP, cara lain disebut User Datagram Protocol (UDP) dibubuhi buat menaruh akses pribadi ke layanan dasar IP.

Sebuah motivasi awal utama buat kedua ARPANET dan Internet adalah menyebarkan asal daya - misalnya memungkinkan pengguna pada jaringan packet radio buat mengakses sistem pembagian saat yg melekat pada ARPANET. Menghubungkan dua bersama-sama jauh lebih hemat yg duplikasi ini komputer sangat mahal. Namun, ad interim transfer file dan remote login (Telnet) yg pelaksanaan yg sangat krusial, surat elektronika mungkin telah memiliki impak yg paling signifikan berdasarkan inovasi menurut masa itu. Email yg tersedia contoh baru mengenai bagaimana orang bisa berkomunikasi satu sama lain, dan mengganti sifat kerja sama, pertama pada gedung internet itu sendiri (seperti yg dibahas pada bawah) dan kemudian buat banyak rakyat.

Ada aplikasi lain yang diusulkan pada hari-hari awal Internet, termasuk komunikasi suara berbasis paket (prekursor telepon Internet), banyak sekali model berbagi file serta disk, serta awal "worm" program yang menunjukkan konsep agen (dan, tentu saja, virus). Sebuah konsep kunci menurut Internet merupakan bahwa itu tidak dibuat untuk hanya satu aplikasi, tetapi menjadi infrastruktur umum yg aplikasi baru sanggup dipahami, seperti yang digambarkan lalu sang keluarnya World Wide Web. Ini merupakan sifat tujuan umum layanan yg disediakan sang TCP dan IP yg membuat ini.

Comments